Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Ultimate Guide: 20 Coffee Shop Paling Favorit di Jakarta

Happy FerdianHappy Ferdian
Dalam 10 tahun terakhir, popularitas kopi tengah naik daun sebagai bagian dari gaya hidup modern, khususnya bagi masyarakat perkotaan seperti Jakarta. Kopi nggak lagi sebatas minuman, namun juga merupakan bagian dari gaya hidup terutama di kalangan anak muda. Hal inilah yang kemudian memunculkan begitu banyak kafe dan kedai kopi di seantero ibukota. Cek aja nih, 20 coffee shop paling favoritnya anak Jakarta.
Agar selalu update dengan beragam info kuliner menarik lainnya, jangan lupa download aplikasi Qraved ya.

JAKARTA PUSAT

Sama-sama mengunggulkan Kopi Susu sebagai menu andalannya. Namun Wooloomooloo memiliki kekhasan khusus pada biji kopinya yang cita rasanya mirip kacang tanah, perpaduan manis dan gurih. Selain Kopi Susu, aneka olahan kopi lainnya yang ditawarkan adalah Piccolo, Mocha, hingga Latte.
Di sini, kamu tidak hanya berkesempatan menikmati seduhan kopi enak, namun juga dapat membeli langsung biji-biji kopi terbaik yang proses roasting-nya dilakukan secara mandiri oleh para baristanya. Selain itu, kedai kopi ini juga menyediakan hampir dari seluruh jenis biji kopi terbaik Nusantara.
Bisa jadi, Common Grounds merupakan satu-satunya kedai kopi profesional yang berlokasi di kawasan padat perkantoran Sudirman. Beragam biji kopi terbaik dari dalam maupun luar negeri tersedia di sini, termasuk biji kopi Brasil Santos yang terkenal langka.
Ultimate Guide: 15 Coffee Shop Terbaik di Jakarta yang Wajib Kamu Coba Sekali Seumur Hidup - FebriView All Photos
Photo Source: Febri
Coffee shop yang satu ini juga bisa kamu jadikan tempat ngopi yang tepat nih. Meski pilihan biji kopinya tidak banyak, namun racikannya sangat juara, terutama pilihan Single Pour Origin-nya. Selain itu, coffee shop ini juga mengusung desain interior homey yang bikin betah banget buat nongkrong berlama-lama di sini.
One Fifteenth Coffee mempunyai desain interior minimalis yang juga Instagrammable. Pilihan kopi di sini memiliki aroma yang bisa bikin kamu merasa bahagia nih saat menyeruputnya. Nggak cuma kopinya aja lho, ice chocolate-nya juga nggak kalah enak.

JAKARTA SELATAN

Hal yang menarik dari coffee shop ini adalah kekhususannya menjual ragam biji kopi asal Sumatera, yang juga disajikan otentik. Biji asal Danau Toba adalah salah satu biji kopi yang wajib kamu coba karena konon sangat cocok diracik menjadi espresso.
Suasana tempat yang modern dengan ragam desain dan bentuk furnitur kekinian, membuat kita betah berlama-lama di sini. Salah satu menu andalan yang wajib kamu coba adalah Spresso, yaitu berupa campuran soda Sprite dengan espresso, dan juga jeruk nipis. Yang bisa kamu dapatkan dengan merogoh kocek sebesar Rp 32 ribu aja kok!
Kedai kopi yang satu ini cukup eksis karena film-nya di bioskop nih. Sesuai dengan film-nya, kopi yang harus kamu cicipi di sini yaitu Kopi Tiwus atau Perfecto. Kopi Tiwus-nya yang menggunakan metode manual brewing dan alat siphon ini menimbulkan harum kopi dan rasa asam yang khas. Harga minumannya pun terjangkau, berkisar dari Rp 18 ribu hingga Rp 32 ribu per cangkirnya.
Kedai kopi ini merupakan pelopor tren Kopi Susu di ibukota, bahkan hingga membuat Presiden Joko Widodo penasaran untyk mencobanya. Terletak di kawasan Cipete, kedai kopi ini hanya memiliki segelintir kecil menu kopi, namun diolah dengan profesionalitas tinggi. Kamu wajib coba menu andalannya, Kopi Susu Tetangga yang bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 18 ribu.
Terdapat 9 jenis biji kopi yang ditawarkan oleh coffee shop ini, beberapa di antaranya adalah Colombia Las Brisas, Aceh Gayo, Ethiopia Chelelektu, dan masih banyak lainnya. Selain disajikan per cangkir sesuai pesanan, di sini juga menawarkan paket combo untuk menyeruput kopi, yakni Barista Breakfast (Espresso & Cappuccino) seharga Rp 70 ribu dan St. Ali Adventure seharga Rp 120 ribu yang terdiri dari 5 sajian kopi berbeda.
Kafe yang berdiri sejak 2004 ini terkenal sebagai salah satu yang mempionirkan konsep coffee culture, yakni menikmati kopi dengan suasana santai layaknya di rumah. Lupakan sejenak aneka olahan kopi tradisional, karena Brew & Co popular sebagai tempat terbaik untuk menikmati alcohol coffee atau kopi yang diolah bersama dengan alkohol, seperti Tiramisu Exotic with Rum, Gin Affogato, Baileys Coffee, dan masih banyak lainnya.
Meskipun berlokasi agak tersembunyi di sekitar Jalan Ciragil, namun coffee shop ini mampu hadirkan paket pengalaman lengkap dalam menikmati kopi. Bagaimana tidak, interiornya yang bergaya industrial ini membuat siapapun merasa cozy dan betah berlama-lama nongkrong di sini. Kamu juga bisa menikmati 3D Latte Art yang keren serta aneka pilihan menu makanan lezat.

JAKARTA TIMUR

Bukan hanya Jakarta Selatan saja yang identik dengan kedai kopi kekinian, di Jakarta Timur juga ada kedai serupa, yakni Kultur Jaringan Kopi. Di sini, kamu bisa mendapatkan beragam olahan kopi Nusantara yang digiling langsung ditempat, seperti Robusta Bali, Robusta Papua, Arabika Temanggung, Arabika Flores Bajawa, dan masih banyak lainnya. Kamu dapat membelinya dalam bentuk olahan kopi panas dan es, atau membawa pulang hasil gilingannya untuk diseduh sendiri di rumah.
Ngopi di Kopi Kecil bisa jadi pilihan yang tepat nih. Terutama untuk kamu yang ingin nongkrong sambil ngopi tapi bermodalkan pas-pasan. Pasalnya, kopi di sini ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau yaitu berkisar Rp 12 ribu hingga Rp 27 ribu. Eits, jangan salah! Meski kopinya murah tapi soal rasa nggak kalah enak kok.
Ultimate Guide: 15 Coffee Shop Terbaik di Jakarta yang Wajib Kamu Coba Sekali Seumur Hidup - QravedView All Photos
Photo Source: Qraved
Meski coffee shop yang satu ini nggak begitu besar, tapi interiornya yang homey di jamin bikin kamu betah buat menyeruput kopimu di sini. Cobain deh Avocado Coffee-nya yang menjadi kopi favorit banyak orang di sini. Di jamin bakalan jatuh hati sama rasanya.

JAKARTA UTARA

Berlokasi di Pluit, kedai ini menawarkan sensasi unik dalam menikmati kopi, yakni mengusung konsep Japanese coffee shop. Olahan kopi paling favorit di sini adalah Matcha Latte yang disajikan bersama snack Matcha Pokky. Mocha Mint Coffee juga jadi minuman favorit di sini. Latte art di minuman ini lucu banget lho, dan perpaduan espresso, susu, coklat, serta sentuhan mint di dalamnya benar-benar sangat pas.
Kalau yang satu ini juaranya tempat ngopi yang cozy di bilangan Jakarta Utara. Untuk kopi andalan yang mesti kamu coba di sini yaitu cappuccino-nya. Buat kamu yang ingin makan berat juga bisa lho!
Coffee shop yang satu ini memang nggak terlalu besar, tapi nyaman banget buat menyeruput kopi kamu. Bahkan cukup Instagramable lho untuk kamu jadikan tempat berfoto-foto. Nyaman banget deh!

JAKARTA BARAT

Jakarta Barat pastinya juga punya dong tempat ngopi yang asik. Salah satunya ya Koultoura. Interiornya juga cukup unik dengan banyak lukisan di dindingnya. Membuat coffee shop ini juga terlihat cocok untuk mempercantik Instagram kamu. Buat kamu yang suka Latte, mesti banget buat mesen Latte-nya!
Satu lagi nih coffee shop yang asik di Jakarta Barat. Nggak cuma asik buat ngopi, di sini juga punya menu beratnya yang enak untuk dijadikan teman secangkir kopi kamu.