Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Ultimate Guide: 14 Ramen Terbaik di Seluruh Jakarta yang Wajib Kamu Coba

Happy FerdianHappy Ferdian
Ramen adalah comfort food andalan masyarakat Jepang, yang berarti setiap kali menyantapnya, akan ditemukan sensasi tenang yang bikin hati damai. Faktanya, ramen memang diciptakan sebagai sajian hangat pelepas stres, yang kerap disantap di kala sore atau malam hari. Mengandalkan cita rasa kuah kaldu dan tekstur mie, ramen selalu membuat bahagia siapapun yang menyantapnya. Tihak heran jika kemudian popularitasnya meluas hingga ke Indonesia. Jika kamu ngidam ingin menyantap ramen, maka 14 rekomendasi berikut bisa jadi pilihan terbaik.
Jangan lupa download aplikasi Qraved untuk untuk temukan beragam informasi kuliner menarik lainnya.

JAKARTA UTARA

Kokku Ramen

Ultimate Guide: 15 Ramen Paling Enak di Seluruh Jakarta - kokku.ramen
Photo Source: kokku.ramen
Keunikan utama dari racikan ramen di sini adalah kuah kaldunya yang kental dan berwarna agak putih, bernama Toripaitan. Ini terbuat dari melimpah ruahnya nutrisi daging ayam dan beberapa rempah khusus pada kuah kaldunya. Tersedia empat pilihan versi ramen terkait yang bisa kamu icip, yakni Golden yang mengandalkan orisinalitas rasa kaldu kolagen ayam, Tantan berupa perpaduan khas citarasa China dan Jepang, Kuro yang ditambah bawang putih hitam, serta Curry yang cocok untuk selera Indonesia.
Baik yang versi daging ayam atau non-halal dengan babi, kamu dijamin bakal puas mencicipi uniknya campuran rasa bawang putih bakar di dalam kaldunya. Kondimen ini secara tidak langsung memberikan tekstur sedikit lebih kental pada kuah kaldunya, dan juga meningkatkan aroma saat dihidangkan. Kalaupun menyantapnya tidak dengan cara dicampur, bawang putih bakar ini terasa manis dan lembut di mulut.
Ultimate Guide: 15 Ramen Paling Enak di Seluruh Jakarta - psnoviView All Photos
Photo Source: psnovi
Berlokasi di Pluit Village lantai 1, restoran ini menawarkan konsumen untuk meracik sendiri ramen yang diinginkannya sesuai seleras. Ada dua jenis basis kuah yang bisa kamu pilih, yakni Tori (ayam) dan Buta (babi). Dari dua basis tersebut, tersedia enam racikan kuah yang sangat istimewa rasanya, yakni Shoyu, Kuro yang berwarna hitam legam, Tobanjang, Miso, Tsukemen, dan Tam Tam Cincang. Selanjutnya, tinggal pilih topping dan menu pendamping yang kamu suka. Oishi!

JAKARTA PUSAT

Di restoran yang berlokasi di kawasan Cikini ini menjamin seluruh hidangan ramennya tidak mengandung babi, melainkan terbuat dari 100 persen kuah kaldu dan daging ayam. Varian paling recommended untuk dicoba adalah Spicy Miso Ramen, yang spesial dibuat menyesuaikan lidah konsumen Indonesia. Cobain juga tiga menu ramen lainnya yang tidak kalah lezat, yakni Curry Ramen dan Shio Ramen, dan Shoyu Ramen. Uniknya, kamu juga bisa memilih jenis mie keriting atau lurus, yang bisa ditentukan pula teksturnya, dari kaku hingg lembut.
Mie yang digunakan pada racikan ramen di sini selalu dibuat secara mandiri setiap harinya, sehingga dijamin selalu terasa segar dan kenyal. Terbagi menjadi dua pilihan basis kuah, babi dan ayam, seluruh ramen di sini memiliki tekstur dan cita rasa kuah yang kaya, di mana kian nikmat disantap oleh topping melimpah. Untuk versi kuah babi, Chasu-Uma adalah yang paling difavoritkan, di mana menyertakan topping irisan tebal chasiu (babi panggang) nikmat. Sedangkan versi kuah ayam, Tori Ajitama-Uma, yang disajikan bersama dua jenis ayam panggang dan telur marinasi.
 - QravedView All Photos
Photo Source: Qraved
Memiliki belasan outlet di Jabodetabek, namun cabang di Grand Indonesia terasa berbeda berkat desain ruangan yang lebih lapang, dan posisinya yang strategis di tengah kota, sehingga cocok jadi tempat bersantap bareng sahabat selepas pulang kerja, atau akhir pekan. Ramen halal mendominasi pilihan menu yang ditawarkan, yakni sebanyak 7 opsi yang dibanderol semuanya tidak lebih dari Rp 70.000 per porsi. Selain itu, restoran ini juga memiliki varian menu Tsukumen atau Dipping Ramen, yakni ramen yang disajikan terpisah antara mie, kuah, dan topping-nya.

JAKARTA TIMUR

Ada tiga tema ramen yang ditawarkan di sini, yakni Tokyo yang mengandalkan cita rasa original, Jakarta untuk racikan berselera lokal, dan Paitan. Untuk versi Tokyo, kamu wajib cona Shoyu Chicken Soup yang memiliki perpaduan kecap asin nikmat dan kuah kaldu ayam. Sedangkan Ramen Jakarta mengusung cita rasa pedas menggigit, dan adapun Paitan yang menggunakan kuah kaldu ayam putih kental.
 - QravedView All Photos
Photo Source: Qraved
Jakarta Timur memang gudangnya spot kuliner lezat yang harganya ramah di kantong anak muda. Tidak terkecuali Nominomi Delight ini, yang menghadirkan konsep tempat bercengkerama dengan beragam pilihan sajian favorit, termasuk ramen. Ada empat jenis ramen yang ditawarkan, di mana masing-masing harganya tidak lebih dari Rp 50.000 per porsi. Keempat ramen tersebut adalah NoMi Beef Ramen, NoMi Beef Ramen Special, NoMi Chicken Ramen, dan NoMi Chicje Ramen Special.

JAKARTA SELATAN

Restoran ini mengusung keunikan ramen khas Tokyo, yang sesuai dengan karakter kotanya, turut menampilkan aneka racikan rasa terbaik dalam satu mangkuk. Zenbu Ramen misalnya, menghadirkan perpaduan kuah kaldu nikmat dengan irisan daging melimpah, yang bisa kamu pilih terbuat dari daging babi atau ayam. Begitu juga versi spesialnya, Shirunashi Curry Ramen yang mengusung kental dan kuatnya cita rasa kuah kare Jepang. Menariknya lagi, bagi kamu yang vegetarian, juga tersedia menu ramen khusu bertajuk Tan-Men yang banyak menghadirkan jejamuran sebagai protein alternatif.
Seluruh dasar kuah ramen di sini menggunakan bahan baku berupa kaldu ayam murni. Begitupun dengan aneka isian dan topping-nya, semua dijamin 100 persen halal. Adapun beberapa racikan ramen yang recommended dicicip adalah Toripaitan Ramen, yang hadir dalam versi Shio (kuah kaldu kolagen ayam), Shoyu (kecap asin), Miso, serta ekstrim yang mencampurkan minyak sayur dan seafood ke dalamnya.
Ramen Ayam Tam Tam seharga Rp 68.000 per porsi adalah menu yang paling difavoritkan di restoran ini. Ramen halal ini mencampurkan kuah kaldu ayam dengan topping suwiran ayam yang dimasak dalam bumbu sambal merah. Menariknya, kamu bisa memilih sendiri jenis mie dan topping yang dikehendaki sesuai selera.

JAKARTA BARAT

Mengklaim diri sebagai penyaji Hakata Tonkotsu Ramen original, restoran yang berlokasi di Greenville ini tidak tampil neko-neko. Dalam setiap mangkuknya, kamu akan mendapatkan kaldu babi kental yang kaya rasa, Chasiu atau irisan babi panggang gurih, Ajitsuke Tamago yang merupakan telur rebus setengah matang dengan bumbu gurih, serta mie yang bisa kamu pilih dari bentuk lurus atau keriting. Tonkotsu ramen juga bisa dipesan versi meilimpah chasiu atau lembaran rumput laut, semuanya enak!
Terdapat sembilan varian ramen yang ditawarkan di sini, di mana umumnya berasal dari racikan non-halal. Mienya juga nikmat, karena merupakan olahan mandiri yang selalu dibuat segar setiap hari. Beberapa menu ramen yang paling recommended adalah Shio Tonkotsu Ramen, Toro Toro Chashu Ramen, Tan-Tan Men, dan Orenchi Ramen yang bercitarasa pedas gurih.
Dimasak di sisi dapur terpisah, sajian ramen halal di sini terdiri dari tiga pilihan, yaitu Chicken Miso Ramen, Tokyo Soyu Chicken Ramen, dan Spicy Chciken Ramen. Tiga-tiganya dimasak dengan basis kuah kaldu ayam dan dashi (rumput laut) yang begitu otentik. Ditambah dengan bahan baku mie yang dibuat secara homemade, menjadikan momen bersantap ramen di sini sangat berkesan.