Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

7 Restoran Khas Nusantara di Menteng yang Cocok untuk Buka Bersama

Happy FerdianHappy Ferdian
Menteng adalah salah satu kawasan komersial di Jakarta yang telah eksis sejak lama, sehingga wajar jika terdapat begitu banyak pusat gaya hidup, termasuk ratusan spot kuliner. Berhubung sebentar lagi memasuki bulan suci Ramadhan, dan pastinya bakal ada agenda buka pusa bersama, alias bukber, maka ada baiknya untuk mulai hunting restoran yang cocok untuk mengakomodasinya.
Restoran khas Nusantara bisa menjadi opsi terbaik karena mudah diterima oleh banyak kalangan, dan umumnya berbentuk family dining yang bisa menampung banyak orang dalam waktu bersamaan. Beruntungnya lagi, Menteng dikenal sebagai salah satu kawasan yang memiliki cukup banyak restoran Indonesia di ibu kota, termasuk tujuh yang direkomendasikan di bawah ini.
Restoran ini dikenal memiliki sederet paket makan siang lezat dengan harga cukup ekonomis dan biasanya akan turut diterapkan sebagai tawaran menu buka puasa di bulan suci Ramadhan. Dua pilihan dari enam paket makan siang yang ditawarkan di sini adalah Udang Goreng Mentega dan Ayam Bakar Aroma Sedap. Masing-masing menu paket tersebut sudah termasuk nasi putih, menu pendamping, dan es teh. Sederet menu lain yang recommended untuk dicoba adalah Sate Taptay, Nasi Goreng Bobongkot, Pesona Jantung Pisang, Ayam Pelor, dan Kepiting Maco.
Restoran ini mengusung konsep perpaduan unsur Jawa klasik dan ragam ornamen quirky yang terkadang mencolok mata, namun tetap terlihat berestetika. Di sini, banyak konsumen jatuh hati dengan serangkaian set menu yang berisikan daftar sajian pilihan yang susunannya kerap diubah dalam jangka waktu tertentu. Set menu ini dibanderol dengan kisaran harga Rp 200 ribu hingga RP 600 ribu per orang, tergantung selera, di mana di dalamnya juga terdapat paket vegetarian. Untuk sajian a la carte, beberapa menu favorit yang wajib kamu coba adalah Tahu Kembang Jenar, Soto Sayur Bening, Sate Gapit Bandeng Gresik, dan Sayur Genjer Masak Kacang HItam.
Sangat mudah menemukan puluhan cabang restoran ini di seantero Jabodetabek. Berdiri selama hampir tiga dekade, kualitas masakan yang tersaji selalu konsisten termasuk pada deretan menu satenya yang legendaris. Menu andalan yang wajib banget kamu coba di sini adalah Sate Ayam Campur Bumbu Blora, yang dibuat dari potongan daging ayam berukuran besar yang dibakar hingga empuk dalam bumbu khusus, dan kemudian disantap bersama saus kacang yang bertekstur creamy. Beberapa varian sate lainnya juga tidak kalah lezat untuk disantap, seperti Sate Ayam Buntel, Sate Kambing Campur, dan Sate Kulit.
7 Restoran Khas Nusantara di Menteng yang Cocok untuk Lokasi Bukber - bungarampai.pakis
Photo Source: bungarampai.pakis
Saat memasuki restoran ini, kamu bakal menemukan definisi cantik dalam arti sebenarnya, mulai dari area muka hingga interiornya semuanya didesain dengan estetika tinggi. Dibuka sejak 2007 silam, restoran ini terus menjadi rujukan untuk menikmati beragam sajian khas Nusantara dan Peranakan terbaik di ibu kota. Menu yang sangat wajib kamu coba di sini adalah Nasi Buketan yang terdiri dari nasi harum legit dengan beragam lauk khas Nusantara yang super lezat, seperti Sate Madura, Ayam Goreng, dan lain sebagainya. Jangan lupa cicipi juga Es Bunga Rampai di penghujung momen bersantapmu. Bentuk dan cita rasanya unik, sulit ditemukan di tempat lain.
Meski beragam menu yang ditawarkan kebanyakan berasal dari aneka sajian khas Nusantara yang umum dikenal khalayak luas, namun restoran ini menjamin cita rasa yang ditawarkan berbeda dari tempat lain karena diolah selalu menggunakan bahan baku berkualitas. Untuk menu pembuka, cobain deh Rengginang Kari, sebuah perpaduan unik renyahnya kerak ketan dengan kuah kari, membuat lidah tidak berhenti bergoyag karena kelezatannya. Beralih ke menu utama, restoran ini menyajikan beragam olahan daging halal nan lezat, seperti beberapa yang patut dicoba adalah Ayam Bakar Cabe Ijo, Asem-Asem Koyor, dan Gurame Sambal Kecombrang. Sedangkan untuk dessert-nya, Es Hitam Manis wajib dicoba karena merupakan menu legendaris di sini.
 - QravedView All Photos
Photo Source: Qraved
Berawal dari warung gado-gado sederhana yang telah eksis sejak deakde 1960-an, kini Gado-gado Boplo telah menjelma menjadi jaringan restoran besar yang memiliki belasan cabang di seantero ibu kota, termasuk salah satunya di kawasan Menteng. Di sini menu utama yang wajib dicoba, tentu saja racikan Gado-Gado yang telah melegenda. Dengan atau tidak menggunakan lontong, kamu akan terpuaskan oleh isian sayur segar dan siraman saus kacang yang lembut, dengan tekstur tidak terlalu kental. Cita rasa sambal kacangnya tdiak terlalu manis, namun mampu meninggalkan jejak rasa yang sulit diceritakan. Selain Gado-Gado, kamu juga bisa mencicipi aneka menu favorit lainnya, seperti Ketoprak, Karedok, Asinan Sayur, dan aneka jenis Lontong Sayur. Yummy!
Restoran khas Manado ini tidak hanya sajikan masakan rumahan yang enak tapi juga aneka ikan bakar gurih. Tersedia ikan bakar rica kakap merah, kakap putih, hingga ikan bakar rica baronang. Makin enak dinikmati dengan nasi hangat serta paduan sambal berwarna oranye khas restoran bunga pepaya. Beberapa menu lain yang tidak kalah lezat dan wajib kamu coba adalah Ikan Mas Kuah Asam Bening, Ikan Woku Gorompa Merah, Sate Tumbulimas, Daging Sapi Tinorangsak, dan lain sebagainya.