Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Menjelajah 7 Kuliner Legendaris di Pasar Baru Jakarta

Feb PradanaFeb Pradana
Menjelajah 7 Kuliner Legendaris di Pasar Baru Jakarta1
Wikimedia
Dikenal sebagai pusat perbelanjaan tertua di Jakarta atau dulu bernama Batavia, Passer Baroe (Pasar Baru) tetap eksis sejak 1820 sampe sekarang. Dari sekian banyak cerita dari sejarah panjang tempat ini, terselip beberapa rumah makan legendaris yang menarik untuk didatangi. Satu yang paling terkenal pastinya Bakmi Gang Kelinci yang lahir dari salah satu jalan di Pasar Baru ini. Bagaimana 6 lainnya? Yuk simak jurnal Qraved kali ini.
Bakmi Gang Kelinci Menjelajah 7 Kuliner Legendaris di Pasar Baru Jakarta2View All Photos
Photo Source:  SeleraKita
Bakmi Gang Kelinci Menjelajah 7 Kuliner Legendaris di Pasar Baru Jakarta3View All Photos
Photo Source:  Bakmi Gang Kelinci
Yak, Bakmi Gang Kelinci, yang namanya juga jadi nama lagu hits jaman dulu. Siapa sangka, bakmi yang kini punya banyak cabang di Jakarta ini, berawal dari mie gerobak tahun 1957. Harus diakui, bakmi di sini emang enaknya kebangetan. Mie yang kenyal dipadu dengan potongan ayam kecap gurih dan sayuran segar.
Soto Padang H. St. Mangkuto Menjelajah 7 Kuliner Legendaris di Pasar Baru Jakarta4View All Photos
Photo Source:  Rekomendasi.me
Soto Padang H. St. Mangkuto Menjelajah 7 Kuliner Legendaris di Pasar Baru Jakarta5View All Photos
Photo Source:  SendokGarpu
Tempat ini juga gak kalah legendaris karena udah ada sejak 1966 lalu dan sekarang memasuki generasi ketiganya. Salah satu keistimewaan Soto Padang H. St. Mangkuto adalah karena enggak menjual menu selain soto padang. Biarpun porsinya enggak terlalu gede, tapi isinya luar biasa banget. Kuah lezat berpadu dengan potongan daging garing, soun, dan perkedel. Jangan lupa tambahin kerupuk merahnya ya!
Medan Baru Menjelajah 7 Kuliner Legendaris di Pasar Baru Jakarta6View All Photos
Photo Source:  Selbysfood
Medan Baru Menjelajah 7 Kuliner Legendaris di Pasar Baru Jakarta7View All Photos
Photo Source:  Keu2 Wordpress
Ke Pasar Baru tanpa mampir Medan Baru rasanya enggak afdol ya. Restoran yang udah terkenal sejak lama ini emang tetap pertahanin cita rasanya yang sedap banget. Menu andalan di sini ada Gulai Kepala Ikan dan Burung Punai Goreng. Selain itu, ada menu yang unik banget, yaitu Asam Udang 'Ganja' yang katanya emang pake sedikit biji dari tanaman tersebut sebagai penyedap rasa.
Shantung Menjelajah 7 Kuliner Legendaris di Pasar Baru Jakarta8View All Photos
Photo Source:  @foodtravelid
Shantung Menjelajah 7 Kuliner Legendaris di Pasar Baru Jakarta9View All Photos
Photo Source: 
Kalo tempat ini cocok banget buat ajak keluarga kamu nostalgia nuansa Pasar Baru yang kaya akan budaya, mulai dari India sampai China. Shantung udah lama digandrungi pencinta kuliner, salah satunya karena Kangkung Hotplate Campur yang punya kuah gurih dan banyak tambahannya, mulai dari udang, ayam, sapi, hingga cumi.
Bakmi Aboen Menjelajah 7 Kuliner Legendaris di Pasar Baru Jakarta10View All Photos
Photo Source:  PerutGendut
Bakmi Aboen Menjelajah 7 Kuliner Legendaris di Pasar Baru Jakarta11View All Photos
Photo Source: 
Satu lagi tempat bakmi istimewa di Pasar Baru. Bedanya dengan Bakmi Gang Kelinci, Aboen menyediakan bakmi babi dengan potongan char siu garing nan menggugah selera. Restoran yang udah ada lebih dari tiga dekade ini juga menawarkan siomay babi bagi kamu yang lagi pengen ngemil.
Taj Mahal Menjelajah 7 Kuliner Legendaris di Pasar Baru Jakarta12View All Photos
Photo Source:  Jajalable
Taj Mahal Menjelajah 7 Kuliner Legendaris di Pasar Baru Jakarta13View All Photos
Photo Source:  Taj Mahal
Dulu restoran ini terkenal sebagai tempat makannya orang kaya dan punya keluarga banyak. Tapi sebenernya Taj Mahal punya harga yang cukup terjangkau kok. Keindahan rasa di sini, sekaligus yang bikin mereka tetep eksis sampe sekarang, adalah rasa karinya yang meresap tapi enggak bikin enek. Cobain aja Chicken Thali-nya yang diisi roti chapati, kari ayam dan lentil, serta raita alias yoghurt dari olahan susu domba.
Bakso Rusuk Gajah Mungkur Menjelajah 7 Kuliner Legendaris di Pasar Baru Jakarta14View All Photos
Photo Source:  Bakso Rusuk Samanhudi
Bakso Rusuk Gajah Mungkur Menjelajah 7 Kuliner Legendaris di Pasar Baru Jakarta15View All Photos
Photo Source:  DetikFood
Last but not least, ada Bakso Rusuk Gajah Mungkur atau banyak yang nyebutnya Samanhudi. Emang gak salah sih kalo tempat ini jadi salah satu rekomendasi, soalnya dagingnya lembut dan enggak susah dilepas dari tulang rusuk dan bakso uratnya, hmmm berasa banget. Di sini juga disediakan bakso isi telur yang gak kalah asik rasanya.