Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Tips Mengajarkan Si Kecil Agar Suka Makan Sayuran

SintyaSintya
Tips Mengajarkan Si Kecil Agar Suka Makan Sayuran - Main Photo
levelkids.com
Seperti yang sudah kita tahu, sayuran punya peranan yang penting banget untuk membantu perkembangan otak anak. Nah, untuk menyambut datangnya Hari Anak Nasional yang akan jatuh pada 23 Juli nanti, yuk mulai ajarkan anak kamu untuk menyukai sayuran! Ngga perlu bingung, karena Qraved punya tips mengajarkan Si Kecil biar suka makan sayuran yang bisa kamu simak berikut ini!

Kenalkan Sayuran Satu per Satu

Kenalkan Sayuran Satu per Satu - liveplayfully.gogosqueez.com
Photo Source: liveplayfully.gogosqueez.com
Buat langkah awalnya, ada baiknya kamu mengenalkan berbagai macam sayuran pada anak dengan cara yang menyenangkan. Ngga perlu terlalu ambisius dengan mengenalkan sayuran dalam jumlah yang banyak sekaligus, kamu bisa kok memulainya dengan mengenalkan jenis sayuran satu per satu. Caranya gampang, kamu bisa nih ajakin mereka belanja sayuran di pasar atau supermarket dan mulai deh tuh kenalin jenis sayurannya satu per satu dan jelasin manfaat sayuran itu buat kesehatan mereka. Kamu bisa juga jadiin ajang perkenalan sayur ini sebagai kuis, kalau Si Kecil bisa menebak nama sayurannya dengan benar, kamu akan kasih hadiah. Dengan begini, mereka ngga akan merasa takut atau jijik sama sayuran dan akhirnya ngga akan menolak saat diberi makan sayuran.

Sajikan Sayur dengan Cara Sederhana

Sajikan Sayur dengan Cara Sederhana - blog.missionforhealth.com.au
Photo Source: blog.missionforhealth.com.au
Biar anak tau gimana rasa dari masing-masing sayur, kamu bisa nih mengolahnya dengan cara sederhana. Ngga perlu dengan bumbu dan cara memasak yang rumit, coba mulai kasih mereka wortel kukus buat tau rasa manis dari wortel dan segarnya sayuran yang berasal dari masakan sayur bening. Dari sini, kamu bisa mulai mengenalkan menu lainnya dengan jenis sayuran yang berbeda.

Sajikan Sayur dengan Cara Menyenangkan

Sajikan Sayur dengan Cara Menyenangkan - www.superhealthykids.com
Photo Source: www.superhealthykids.com
Kita tau kan kalau dunia anak itu identik banget sama dunia bermain. Nah, kamu juga bisa nih ajakin Si Kecil biar suka makan sayur dengan menyajikan sayuran itu sendiri dengan cara yang menyenangkan dan lucu, misalnya adalah dengan membentuk wortel seperti bunga, menghias sayuran di atas nasi seolah-olah seperti rambut, atau dengan membuat jus sayuran yang berwarna warni.

Sajikan Sayur dengan Menu Kesukaan Anak

Sajikan Sayur dengan Menu Kesukaan Anak - school-bites.com
Photo Source: school-bites.com
Kalau ada kecenderungan anak yang ngga suka sama sayur, kamu bisa juga kok menyajikan sayur dengan menu kesukaannya, misalnya burger, spaghetti, pizza, kue, atau makanan kesukaan lainnya. Kalau perlu, sembunyikan aja sayurannya di dalam makanan kesukaannya, misal kamu bikinin telur dadar yang sudah dicampur sayur bayam.

Ajak Anak Memasak di Dapur

Ajak Anak Memasak di Dapur - blog.togethercounts.com
Photo Source: blog.togethercounts.com
Mengajak anak untuk melihat proses mengolah sayur juga bisa lho bikin mereka untuk senang makan sayur. Kamu bisa nih mengajak mereka ke dapur untuk membantu memasak sayur. Minta mereka untuk melakukan hal sederhana, misal dengan memintanya memetik sayur bayam atau kangkung saat memasak. Pasti seru deh!

Jadi Contoh yang Baik

Jadi Contoh yang Baik - theodysseyonline.com
Photo Source: theodysseyonline.com
Pada dasarnya, seorang anak terutama anak kecil akan meniru perilaku orang yang lebih tua darinya. Kamu bisa manfaatin momen ini untuk mengajarkan mereka untuk suka makan sayur. Coba deh kasih lihat ke mereka betapa sukanya kamu makan sayur, pasti mereka lama kelamaan juga akan menirunya. Oh iya, usahakan untuk selalu menyajikan menu sayuran di meja makan  sebagai menu wajib keluarga yang akan selalu disantap. Dengan begini maka anak pun juga akan terbiasa makan sayur, kan?

Kurangi Konsumsi Makanan Cepat Saji

Kurangi Konsumsi Makanan Cepat Saji - nutrifusion.com
Photo Source: nutrifusion.com
Anak yang terbiasa dengan rasa asin dan gurih yang berasal dari makanan cepat saji maka cenderung kurang menyukai sayuran. Makanya, coba deh untuk tidak terlalu sering memberikan anak makanan cepat saji dan biasakan untuk makan di rumah atau memilih restoran dengan menu sayuran dan makanan sehat yang bagus buat mereka.
Nah, sekarang sudah tau kan gimana caranya ajakin anak biar suka sama sekarang. Kalau sudah gini, kamu juga bisa nih ajakin mereka ke beberapa restoran yang seru buat anak-anak biar napsu makannya makin meningkat. Mau tau di mana aja restoran yang menarik buat anak? Tenang, semua infonya hanya ada di Qraved.com!