Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Yuk Nikmati Makanan Favorit Para Pahlawan Indonesia!

Karina MarpaungKarina Marpaung
Yuk Nikmati 7 Makanan Favorit Para Pahlawan Indonesia!1
Yuk Nikmati Makanan Favorit Para Pahlawan Indonesia!
Yippie, selamat Hari Pahlawan! Tahukah kamu, hari spesial tersebut kita rayakan setiap tanggal 10 November untuk mengenang jasa para pahlawan yang rela gugur demi negara Indonesia. Selain berjuang demi bumi pertiwi, siapa sangka ternyata di balik itu semua para pahlawan Indonesia juga punya makanan favorit lho! Penasaran? Simak daftarnya berikut ini!
2
Photo Source:  Bebek Ummi
Presiden pertama RI, Soekarno, ternyata doyan banget sama nasi jagung! Selain lebih menyehatkan daripada nasi putih dan roti, salah satu alasan mengapa beliau menyukai nasi jagung karena jagung melambangkan jerih payah dan kekuatan para petani. Memang sih sekarang udah susah untuk mencari keberadaan nasi jagung, tapi kamu masih bisa menemukannya di Bebek Ummi! Ditambah dengan bebek enak berbumbu khas Madura, dijamin sensasi makan nasi jagung akan jadi makin sedap!
3
Photo Source:  Eshtravaganza
Nggak cuma nasi jagung, Soekarno juga suka banget makan Sayur Lodeh lho! Jika tanggal 10 November ini kamu berkunjung ke Sate Khas Senayan, maka hidangan ini siap menemani acara makanmu di Hari Pahlawan! Kesegaran dan kelezatannya akan membuat Hari Pahlawan jadi makin spesial!
4
Photo Source:  @gedeinperut
Masih seputar makanan favorit presiden pertama kita, sate juga termasuk sebagai menu makanan yang paling disukai oleh Soekarno. Pengen mengenang jasa para pahlawan dengan makan sate enak? Langsung aja mampir ke salah satu kedai sate paling terkenal di Jakarta, yaitu Sate Taichan Bang Ocit! Panjangnya antrian pembeli di sini dijamin akan membuat kamu benar-benar kebayang gimana perjuangan dan kesabaran para pahlawan guna merebut kemerdekaan Indonesia. 
5
Photo Source:  placetogoandeat
Beralih dari presiden pertama Republik Indonesia, sang wakil presiden pendamping Soekarno yang akrab disapa Bung Hatta ternyata suka banget makan sayur-sayuran! Salah satu sayuran favorit beliau adalah tumis kangkung. Nah, kamu bisa menikmati sajian ini di restoran Li Feng dalam menu Kangkung Balacan. Penampilannya emang biasa aja, tapi rasanya dijamin luar biasa menggoyang lidah!
6
Photo Source:  Anak Jajan
Selain Tumis Kangkung, Bung Hatta juga sangat menyukai Rendang. Makanan khas Padang yang dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia ini bisa kamu temukan di seluruh rumah makan Padang di Jakarta, salah satunya di restoran Padang peranakan bernama Marco Padang Grill. Mari, segera cicipi kenikmatan Randang Itam dari Marco Padang Grill sambil merayakan Hari Pahlawan!
7
Photo Source:  Desi Rigamanaya
Sosok pahlawan yang diabadikan dalam uang Rp 5.000,00 bernama Pangeran Diponegoro suka banget makan kentang Belanda yang dipadu dengan keripik singkong dan sambal. Nah, ada satu resto fine dining di Jakarta yang akan memberikan sensasi berbeda dalam menyantap keripik dan sambal di Hari Pahlawan ini. Menu Candle and Cracker dari Namaaz Dining memungkinkan kamu makan keripik pakai tetesan lilin! Eits, jangan salah, ternyata tetesan lilin itu adalah sambal balado lho! Keren banget kan? Buruan ajak teman-temanmu untuk cobain cara unik makan keripik dan sambal di sini!
8
Photo Source:  @amiiharahap
Pahlawan yang memperjuangkan emansipasi wanita bernama R. A. Kartini punya makanan favorit yang berasal dari Bali, yakni Bebek Betutu. Untuk mengenang jasa beliau di Hari Pahlawan ini, yuk santap menu Bebek Betutu Goreng di Ayam Betutu Ibu Putut, tepatnya di kawasan Tebet!
9
Photo Source:  Diary Makan
Masih seputar bebek, Sri Sultan Hamengkubuwono IX juga demen banget sama hidangan bebek! Pemegang pemerintahan pertama di Yogyakarta pasca kemerdekaan Indonesia ini punya menu favorit Bebek Suwar Suwir – salah satu menu yang beliau ciptakan sendiri. Kini, kamu bisa menikmati sajian bebek suwir melalui menu Bebek Pelalah Bali di Holyduck. Bebek goreng yang disuwir-suwir dengan tambahan bumbu khas Pulau Dewata ini akan jadi makanan yang sempurna untuk merayakan Hari Pahlawan!