Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Jelajah 5 Kuliner Betawi yang Legendaris

Asteria DitaAsteria Dita
Hey, anak Betawi asli! Sudah lama tinggal di Jakarta, tapi tahu nggak spot-spot makan seru yang bisa bikin kamu bernostalgia dengan kuliner khas Emak dan Engkong zaman dulu? Berikut ini Qraved bakal kasih kamu panduan buat jelajah kuliner khas Betawi yang legendaris dan rasanya nggak akan pernah tergantikan.
Berdiri sejak 1989, soto betawi H. Husein ini menggunakan resep keluarga yang sudah turun temurun. Kuncian yang spesial di sini ada pada racikan bumbu yang dipadu dengan full santan sehingga rasa kuahnya amat gurih. Daging dan jeroan sapinya juga lebih dulu digoreng sebelum direbus sehingga terasa lebih empuk. Kamu bisa pilih mau soto campur, soto daging, soto paru, atau soto babat. Seporsi soto dengan nasi dibanderol seharga Rp 35k. Tambahan emping yang kriuk dan taburan bawang goreng bikin rasanya makin lezat.
Turun temurun sejak tahun 1970-an, kedai asinan betawi ini lebih akrab dengan sebutan asinan kamboja. Walaupun harus antre panjang, tapi semua akan terbayar dengan segarnya kuah asinan yang racikannya pas sehingga nggak terlalu asam. Sayurnya yang melimpah dituang bumbu kacang yang legit dan segar, makin seru disantap dengan kerupuk mie yang renyah! Soal harga dipatok Rp 17k untuk asinan sayur dan Rp 16k untuk asinan buah. Masih terjangkau kan?
Berniat santap siang dengan aneka lauk dan sayur ala Betawi? Langsung saja datang ke Gang Sayur Asem, Joglo dan siap-siap mencicipi sayur asem yang sudah ada sejak tahun 1970-an ini. Umumnya sayur asem Betawi punya kuah yang bening dengan cabai merah yang dipotong atau digerus kasar. Untuk lauknya kamu bebas pilih sendiri, mau ikan asin, ikan goreng, tahu, tempe, atau yang paling favorit bakwan udang. Semangkuk sayur asem dipatok seharga Rp 8k saja, sedangkan bakwan udang seharga Rp 11k. Jangan lupa ya cobain sambal dan otak-otaknya. Wajib disambangi sebelum kehabisan!
Sejak tahun 1978 hingga saat ini, Laksa Assirot masih bertahan dengan cita rasa khas yang melegenda. Warung yang sederhana dan agak tersembunyi ini punya menu laksa Betawi yang luar biasa. Spesial laksa di sini menggunakan kuah santan, udang rebon, kucai, kemangi, dan tauge. Untuk lauknya kamu bisa pilih tahu, tempe, kentang, daging, atau telur semur. Seporsi laksa dibanderol dengan harga Rp 20k. Masih ada juga menu ketupat sayur dan semur jengkol. Pas di kantong, pas juga di hati!
All in one! Warung makan yang buka tahun 2015 ini memang sanggup mengobati rasa rindu pada masakan khas Betawi. Mulai dari sayur gabus pucung, sayur asem, semur jengkol, ikan peda, atau pecak ikan gabus bisa kamu libas habis, deh. Sistem makannya serasa di rumah karena kamu bisa ambil nasi dan sayur asemnya sendiri. Kalau mau cobain paket hemat kamu cukup membayar Rp 33k dan langsung bisa menikmati paket komplit nasi + sayur asem + tulang jambal sewot + tahu/tempe goreng + es teh tawar. Untuk range harga semua menu di sini mulai dari Rp 3k hingga Rp 50k. Masih ramah di kantong kan? Yuk langsung mampir.