Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFood7 Restoran Peranakan yang Paling Popular di Jakarta

Seroeni

https://www.instagram.com/p/BHgV9cphtGM/ Order Now

Kopitiam

https://www.instagram.com/p/Be4S-NyBJKj/ Order Now

Mandala Restaurant

https://www.instagram.com/p/BQm0NMeFFPg/ Order Now

Tjap Toean

https://www.instagram.com/p/BgAjgcMH8ob/ Order Now

Seribu Rasa

https://www.instagram.com/p/BdOh4IOHRz0/ Order Now

Mama Malaka

https://www.instagram.com/p/BfNJ4umg95d/ Order Now

7 Restoran Peranakan yang Paling Popular di Jakarta

Happy FerdianHappy Ferdian
Istilah peranakan sejatinya merujuk pada percampuran antara budaya Tionghoa dan Melayu, yang membentuk keragaman unik di sebagian masyarakat di Asia Tenggara. Namun di Indonesia, Peranakan berkembang lebih jauh untuk menyebut hasil persilangan budaya Tionghoa dengan budaya-budaya lokal setempat, terutama bagi masyarakat yang berada di kawasan pesisir. Salah satu ciri budaya Peranakan yang paling terlihat dan mudah dikenali terletak pada kreasi kuliner. Tidak sulit untuk menemukan kuliner Peranakan disekitar kita, namun cukup membutuhkan usaha jika ingin mencicipi yang bercita rasa otentik. Berikut adalah tujuh restoran Peranakan paling lezat di Jakarta yang wajib kamu coba.
Download aplikasi Qraved untuk temukan beragam informasi kuliner menarik lainnya.
 - SeroeniView All Photos
Photo Source: Seroeni
Beragam sajian khas Peranakan masyarakat Semenanjung Malaya dan pesisir Selat Malaka adalah jualan utama restoran yang terletak di Plaza Senayan lantai 3 ini. Di sini kamu wajib mencoba Fish Maw Soup nya yang legendaris, yakni berupa sup ikan segar bercita rasa asam gurih. Selain itu, aneka rupa sajian dengan tambahan belacan (terasi) juga wajib dicoba, seperti Balachan Chicken, Singapore Fried Bee-Hon, Malay Sambal Salmon, dan masih banyak lainnya.
Tempat ngopi kasual khas Peranakan ini terkenal akan menu kopi dan es teh tariknya yang juara. Selain itu, beberapa menu camilannya juga tidak kalah lezat untuk dicoba, seperti Elvis Toast berupa roti bakar isi pisang dan peanut butter, Fried Carrot Cake, dan Deep Fried Skin Rolls. Jangan lewatkan juga untuk mencicipi menu Nasi Goreng Kampong yang bisa minta ditambahkan dengan buntut goreng. Semua harga menu yang ditawarkan di sini cukup terjangkau, tidak lebih dari Rp 50 ribu per porsinya.
 Mandala Restaurant Happy Ferdian 626006 - Iwan KView All Photos
Photo Source: Iwan K
Restoran Peranakan bergaya Kanton ini telah berdiri sejak lama dan hampir selalu dipenuhi oleh konsumen dari siang hingga malam. Menu-menu yang disajikan bercita rasa klasik, mengingatkan akan nuansa rumahan. Coba deh menu Nasi Goreng Kepiting. Nasinya gurih dan nggak terlalu berminyak, dan yang pasti dimasak tanpa MSG, plus nggak peling daging kepiting. Coba juga menu Fuyung Hai yang berukuran jumbo dan dapat dimakan rame-rame bareng teman atau keluarga.
Ini salah satu surga untuk menikmati masakan Peranakan Melayu dengan harga yang ramah di kantong. Uniknya nih, seluruh menu di restoran ini ditulis dengan ejaan lama, sehingga memunculkan kesan nostalgia. Aneka menu yang ditawarkan dijamin mudah diterima oleh lidah, seperti aneka varian roti, olahan mie, olahan nasi, dan lain sebagainya. Beberapa menu paling favorit yang wajib kamu coba adalah Nasi Babah, Roti Ngai, dan Es Teh Tarik.
Berlokasi di kawasan Menteng, restoran ini sangat cocok sebagai tempat bersantap bersama keluarga. Alasannya adalah karena menu-menu percampuran kuliner Melayu-Tionghoa di restoran ini disajikan dalam porsi besar. Coba deh Kerabu Mangga Melayu sebagai menu pembuka, yakni sajian semacam salad mangga dengan bumbu yang pedas menggigit. Untuk sajian utamanya, Mandailing Beef Curry dan Red Hot Chicken Curry bisa jadi pilihan seru yang bakal memanjakan lidah.
Jaringan restoran yang memiliki belasan cabang di Jabodetabek ini juga juga turut mengandalkan menu-menu peranakan Melayu. Namun, bedanya di sini kamu bakal lebih banyak menemukan menu-menu olahan seafood. Kamu wajib banget coba Grilled Sotong kalau makan di restoran ini. Tekstur kenyalnya terasa sangat unik ketika bercampur bumbu kuning yang gurih. Selain itu, roti canai di sini juga patut dicoba karena selalu disajikan ‘fresh from the oven’ setiap kali dipesan.
 - MarcoView All Photos
Photo Source: Marco
Restoran ini ditangani langsung oleh sang pemiliknya, Chef Marco Lim. Di tangannya, menu-menu khas Peranakan Minangkabau tampil secara modern dan menggugah selera. Ciri khas utama masakan Peranakan Padang adalah penggunaan bahan baku yang lebih ‘ringan’, tapi tetap mengigit. Salah satu menu andalan yang wajib banget kamu coba adalah Nasi Padang Barramundi Panggang Pancak, yakni satu set menu yang terdiri dari nasi, telur dadar, sayur nangka muda, sambal goreng ati, dan fillet ikan barramundi yang dimasak dengan bumbu pecak bercita rasa asin manis.
Qraved | Life is Tasty