Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

7 Restoran di Jakarta yang Menyajikan Kemewahan Cita Rasa Kuliner Nusantara

Happy FerdianHappy Ferdian
Masih cukup banyak orang yang skeptis ketika beragam masakan khas Nusantara disajikan dalam nuansa berkelas. Padahal, inilah salah satu cara terbaik dan juga terhormat dalam memperkenalkan kekayaan kuliner Indonesia ke tingkatan yang lebih tinggi, tidak hanya bagi pencinta kuliner lokal, melainkan juga di lingkup global. Jakarta dan Bali menjadi dua wilayah yang mencatat pertumbuhan beragam restoran Indonesia premium, yang tidak hanya berkelas secara layanan, namun juga penyajian serta pilihan bahan bakunya. Berikut adalah lima restoran Indonesia premium yang paling direkomendasikan untuk kamu coba bersama orang spesial.
Jangan lupa download aplikasi Qraved, dan temukan beragam informasi kuliner menarik lainnya.
Beragam sajian khas Nusantara yang telah akrab di lidah masyarakat Indonesia disajikan dengan presentasi modern oleh restoran ini. Namun jika berbicara soal sajian nasi unik, maka menu Nasi Bakar Roa adalah yang paling disarankan. Sajian ini terdiri dari isian yang sederhana, yakni nasi kukus, sambal roa pedas, daun kemangi, dan sedikit irisan bawang merah. Menariknya, setelah dibakar dalam bungkusan daun pisang, seluruh bahan baku yang sudah tercampur menciptakan sensasi harum yang menggoda, plus cita rasa gurih pedas yang sulit dijelaskan dengan kata-kata. Benar-benar enak!
Kamu akan merasakan nuansa tradisional Jawa yang kental saat memasuki restoran yang berlokasi di Pavilion Arcade, Jakarta Pusat ini. Elegansi Jawa juga tersirat dari lantunan gamelan yang meneduhkan hati. Terkadang, restoran ini juga menyajikan hiburan tradisional Jawa, yakni berupa pertunjukan musik atau teater. Bicara soal makanan, restoran ini sangat terkenal dengan menu Sate Satu Meter yang benar-benar disajikan sepanjang satu meter. Dalam wadah panjang, kamu bisa mencicipi beragam jenis sate dari seluruh Indonesia, seperti misalnya sate kambing, sate lilit, sate maranggi, dan masih banyak lainnya.
Di sini, hampir segala menu khas Nusantara yang jadi favorit banyak orang dan disajikan dengan presentasi yang berkelas dalam suasana restoran yang megah khas bangunan Eropa. Saking kerennya interior restoran ini, rasanya semua sudut bisa dijadikan titik foto yang instagramable. Saat bersantap di sini, coba deh cicipi menu gurame goreng. Jangan berpikir ini seperti gurame goreng pada umumnya, melainkan disajikan dengan potongan lobak dan siraman saus mangga yang membuatnya terasa pedas menyegarkan.
7 Restoran di Jakarta yang Menyajikan Kemewahan Cita Rasa Kuliner Nusantara - ZEEView All Photos
Photo Source: ZEE
Restoran yang berlokasi di kawasan Menteng ini benar-benar cantik dalam arti sebenarnya, mulai dari area muka hingga interiornya, semuanya didesain dengan estetika tinggi. Dibuka sejak 2007 silam, restoran ini terus menjadik rujukan untuk menikmati beragam sajian khas Nusantara dan Peranakan terbaik di ibu kota. Menu yang sangat wajib kamu coba di sini adalah Nasi Buketan yang terdiri dari nasi harum legit dengan beragam lauk khas Nusantara yang super lezat, seperti Sate Madura, Ayam Goreng, dan lain sebagainya. Jangan lupa cicipi juga Es Bunga Rampai di penghujung momen bersantapmu. Bentuk dan cita rasanya unik, sulit ditemukan di tempat lain.
Meski terletak di pusat kota, tepatnya di area Sudirman, namun restoran ini lokasinya cukup tersembunyi di balik kompleks Plaza Sentral. Meski begitu, restoran ini telah lama dikenal sebagai salah satu penyaji hidangan Indonesia premium terbaik di Jakarta. Buat kamu penggila pedas, berbahagialah, karena restoran ini cukup banyak menyajikan sederet menu kaya cabai, seperti Dendeng Balado dan Ayam Mevrouw Lientje. Jangan lupa untuk memesan menu paling fenomenal di restoran ini, yakni Sosis Om Yance yang benar-benar sangat panjang.
Berlokasi di kawasan Menteng, tidak jauh dari Stasiun Gondangdia, restoran ini menempati bangunan lawas bekas peninggalan kolonial Belanda yang menciptakan kesan mewah sekaligus klasik. Di sini tersedia tujuh ruang makan tematik yang semuanya didesain dengan nilai estetika tinggi, cocok untuk tempat bersantap saat merayakan momen spesial. Menyajikan spesialisasi aneka sajian khas Indonesia dan Peranakan, semua menu diolah dengan tangan profesional dan menggunakan bahan baku berkualitas. Salah satu menu yang paling direkomendasikan di sini adalah Tugu Rijstafel Betawi, di mana terdiri dari 12 jenis masakan khas Betawi, Peranakan, dan Belanda.
Restoran ini memiliki dua cabang, yakni di Kebayoran Baru dan Pondok Indah. Ciri menu yang ditawarkan restoran ini cenderung bergaya Peranakan yang beberapa di antaranya memiliki kemiripan karakter dengan aneka masakan khas Melayu Peranakan. Beberapa menu yang wajib kamu coba saat bersantap di sini adalah Bebek Jembatan Lima yang menggunakan bumbu ngohiang khas Sichuan, Ayam Kodok yang super lembut, dan Tionghoa Totok yang merupakan versi lokal dari Carrot Cake khas Singapura.