Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

7 Kopi Susu Kekinian Terbaru di Jakarta yang Wajib Kamu Coba

Happy FerdianHappy Ferdian
Jika Italia punya cappuccino sebagai racikan kopi andalannya, atau Amerika Serikat bangga dengan varian latte-nya, maka Indonesia punya kopi susu, yang tidak kalah nikmat. Kopi susu berawal dari kebiasaan mencampurkan susu kental manis pada kopi, dengan maksud mengurangi kepekatan serta rasa pahit kopi, yang (mungkin) sulit diterima oleh lambung kebanyakan masyarakat Indonesia. Belakangan, kopi susu tidak lagi sekadar racikan minuman sederhana yang dibuat di rumah atau warung kopi sederhana, melainkan telah berkembang luas menjadi sajian kekinian, yang bahkan beberapa di antaranya viral di dunia maya. Berikut adalah tujuh kopi susu terbaru dan paling hits di Jakarta yang wajib kamu coba.
Jangan lupa download aplikasi Qraved untuk temukan beragam informasi serta promo kuliner menarik lainnya.
 - QravedView All Photos
Photo Source: Qraved
Satu hal yang membuat kopi susu di kedai ini begitu unik dan berbeda dibandingkan pesaing lain adalah cara pembuatannya. Di sini, kopi susu diracik menggunakan dorongan nitrogen, sehingga proses pembuatannya lebih cepat, menjadi kurang dari satu menit. Penggunaan nitrogen juga mampu mengikat senyawa kafein, sehingga cita rasa kopi tetap terasa cukup kuat, meski telah dicampur dengan susu dan gula. Ada dua varian es kopi susu yang paling difavoritkan di sini, yakni Es Cappucinno seharga Rp 22 ribu per cup, dan Es Vanilla Latte seharga Rp 29 ribu per cup.
Di sini, racikan Kopi Susu andalannya memiliki penamaan yang unik, yakni Es Kopi Nadia. Kopi ini terbuat dari perpaduan biji kopi arabika dan robusta, yang diaduk bersama gula tebu murni dan susu rendah lemak. Selain Es Kopi Nadia, olahan kopi lainnya yang juga wajib dicoba adalah Kapucino dan Kafelate, di mana dua-duanya menggunakan biji kopi Argopuro dari Jawa Timur. Biji kopi ini memiliki cita rasa fruity yang menyegarkan.
Berlokasi di kawasan Dharmawangsa, kedai kopi ini hanya memiliki dua jenis racikan kopi, yang masing-masing memiliki penamaan unik, yakni Pulang dan Pergi. Varian kopi susu Pulang cenderung mengedepankan cita rasa susu sebagai tarikan utamanya. Sedangkan Pergi, adalah penamaan untuk varian yang lebih kuat ke cita rasa kopi. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, yakni tidak lebih dari Rp 15 ribu per cup.
Di sini, biji kopi yang digunakan berasal dari jenis robusta yang ditanam di Lampung dan Jawa, di mana memiliki karakter rasa yang tidak terlalu pekat, sehingga cocok dikombinasikan dengan susu dan gula. Untuk segelas Es Kopi Susu, kamu bisa menebusnya dengan harga Rp 16 ribu, di mana cukup murah untuk ukuran minuman kekinian. Selain es kopi susu, varian menu Iced Flavour Tea juga jadi favorit banyak konsumen, dengan mengusung empat rasa utama, yakni lychee, peach, strawberry, dan apel.
Ini nih salah satu kedai kopi yang lagi hits di kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan. Mengusung konsep klasik, kamu akan disuguhkan oleh segelas Es Kopi Krim seharga Rp 28 ribu, yang memiliki karakter lebih creamy dibandingkan es kopi susu pada umumnya. Meski begitu, cita rasa asli kopi tetap terasa seimbang karena penggunaan krim susu murni, mampu mengurangi ketergantungan penyelaras rasa dari tambahan gula. Cobain juga Coffee Soft Ice Cream, yang bisa dipesan sebagai kudapan personal, atau menu tambahan dalam beberapa racikan kopi di sini. Menariknya lagi, desain interior kedai kopi ini mengusung konsep industrial, yang membuatnya terlihat sangat instagramable.
Kopini photo Plaza Festival  579238 - KopiniView All Photos
Photo Source: Kopini
Bisa jadi, kedai inilah yang memiliki racikan es kopi susu dengan harga paling terjangkau, yakni hanya Rp 12.500 per cup. Racikan kopi susu di sini sangat cocok bagi pemula, yang belum begitu akrab dengan kuatnya cita rasa kopi. Di sini, kopi susu diracik dengan persentase sekitar 50 persen kopo robusta, 40 persen krim susu, dan 10 persen gula. Hal ini menjadikan karakter rasa krim susu yang gurih lebih mendominasi, dengan sesekali cuatan kopi terasa saat diseruput.
Satu lagi kedai kopi berkonsep ‘grab and go’ yang sedang cukup viral di dunia maya, di mana penamaan ‘Jep’ berasal dari bahasa Aceh, yang berarti ‘minum’. Berlokasi di Tebet, kedai kopi ini menawarkan keunggulan cita rasa kopi yang kuat dari perpaduan 70 persen arabika dan 30 persen robusta. Ditambah dengan penggunaan krim susu murni, menjadikan teksturnya terasa creamy, namun tidak terlalu kental, ‘pas mantap’ saat diseruput. Selain Kopi Susu, kedai ini menawarkan dua menu lainnya yang tidak kalah nikmat, yakni Latte dan Black Coffee.