Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

5 Makanan Palembang yang Jadi Favoritnya Orang Jakarta

Asteria DitaAsteria Dita
Gegap gempita Asian Games 2018 memang bikin setiap orang sangat bersemangat untuk ikut andil. Ajang olahraga yang juga diselenggarakan di Palembang ini memang cukup membuat seluruh aspek di kota tersebut naik daun. Salah satunya adalah dari sektor kulinernya. Buat kamu yang beruntung bisa menonton pertandingan langsung di Palembang, pasti langsung bisa mampir ke spot kuliner andalan di sana. Namun, jika kamu masih berada di Jakarta dan pengen cobain menu khas Palembang, nggak perlu sedih. Enam menu berikut akan membuat kamu berjelajah kuliner layaknya mampir langsung ke kota Palembang.
Menu Palembang paling ngehits yang sudah sangat terkenal apalagi kalau bukan pempek. Berbagai jenis pempek mulai dari kapal selam, lenjer, adaan, pastel, dan keriting bisa kamu pilih sesuai selera. Ada juga menu pempek lenggang yang patut dicoba. Adonannya yang empuk cocok dengan kuah cukonya yang segar. Kisaran harga yang ditawarkan di kedai ini mulai dari Rp 7k hingga Rp 17k. Sajian yang autentik ini harus banget jadi top list menu kamu, lho!
Selain pempek, sajian yang selalu ada di warung-warung khas Palembang adalah tekwan. Di kedai pempek yang legendaris ini kamu bisa mencicipi tekwan yang lezat. Campuran ikannya begitu terasa dalam teksturnya yang kenyal. Kuah tom yam yang khas pun bikin rasanya semakin segar dan menggiurkan. Dalam semangkuk tekwan seharga Rp 24k tak lupa dilengkapi dengan soun, bengkuang, jamur, taburan bawang goreng, serta irisan daun bawang dan seledri.
Ada satu lagi menu wajib yang harus dicoba jika kamu bertandang ke Palembang. Ada dua pilihan menu yang bisa kamu pilih, yaitu mie celor biasa dan mie celor santan. Dalam seporsi bakmi seharga Rp 40k ini lengkap berisi tauge, telur rebus, dan pastinya udang. Campuran kuah santan yang kental dan kaldu ebi bikin rasanya gurih nagih, namun tetap seimbang dengan cita rasa pedas manis. Sajian yang simpel dengan rasa yang kaya ini harus langsung masuk dalam daftar kuliner kamu.
Di mana pun dan kapan pun, rasanya menu martabak jadi menu paling aman dan selalu terasa nikmat. Namun, berbeda dengan martabak khas Palembang ini. Seporsi martabak telur seharga Rp 49k tidak disajikan dengan kuah sambal yang pedas manis, melainkan dengan kuah kari yang gurih. Teksturnya yang garing pas banget saat dicocol ke kuah kari yang berisi potongan kentang dan daging sapi plus tambahan sambal kecap dan irisan cabai. Cita rasa pedas, manis, dan gurihnya begitu sempurna.
Pindang jadi menu berat khas Palembang yang sangat populer. Spot kuliner ini pun menyediakan beberapa pilihan menu seperti pindang iga sapi dan pindang ikan patin. Seporsinya dibanderol dengan harga Rp 30k hingga Rp 38k. Daging ikan patinnya yang empuk dan nggak bau amis disajikan dengan kuah pindang yang gurih dan asam. Kesegarannya sangat terasa dari campuran asam jawa, potongan nanas, potongan tomat, dan perasan jeruk nipis. Dijamin bikin nafsu makan langsung meningkat.