Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

5 Kuliner Makassar Buat Menemani Lihat Sunset di Pantai Losari

Asteria DitaAsteria Dita
5 Jajanan Tradisional Khas Makassar yang Cocok Nemenin Sore Hari Kamu1
5 Kuliner Makassar Buat Menemani Lihat Sunset di Pantai Losari
Makassar terkenal dengan Pantai Losarinya yang indah. Agar makin santai saat menikmati matahari terbenam di pantai, cocok banget kalau ditemani secangkir teh atau kopi hangat plus camilan manis dan gurih yang bikin suasana makin sempurna. Enam rekomendasi ini pas banget buat jadi pilihan kamu bersantai sambil nyemil cantik di kota Angin Mamiri, Makassar.
Pisang epe atau pisang jepit diolah dari pisang kepok setengah masak yang dibakar sambil dipipihkan hingga matang. Penyajiannya menggunakan topping gula merah plus susu atau bubuk milo. Dalam seporsi pisang epe seharga Rp 12k ini terdiri dari tiga buah pisang. Kamu juga bisa menambahkan topping parutan keju di atasnya supaya rasa manis dan gurihnya lebih klop.
Penganan yang sebelas dua belas dengan pastel Jawa ini punya kulit lebih tipis dengan isian yang khas. Isiannya terdiri atas tumisan soun, wortel, tauge, kentang, telur, dan daging cincang. Dicocol dengan saus tomat membuat rasanya lebih nikmat. Harganya Rp 6k per buah dengan ukuran yang cukup besar. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah cocok banget buat nemenin sore hari kamu. Bisa juga, lho buat oleh-oleh!
Salah satu rumah oleh-oleh di Makassar yang komplit ini punya menu andalan otak-otak. Namun, ada juga camilan dari ikan lainnya yang wajib kamu cobain, yaitu gogos. Gogos yang terbuat dari ketan ini berisi ikan tenggiri yang halus dengan tekstur yang mirip abon. Diolah dengan cara dibakar dan dijual seharga Rp 6k per buah. Gogos cocok banget buat camilan ringan yang tetep bisa bikin kamu kenyang.
Baruasa merupakan salah satu kue kering khas Makassar yang mirip dengan macaroon. Adonan yang terbuat dari tepung beras, kuning telur, gula jawa, mentega, dan kayu manis ini dibentuk bulat pipih kemudian dipanggang. Rasanya gurih dengan tekstur yang kering tapi tetap empuk digigit. Dengan isian kelapa, rasa dari camilan ini jadi semakin unik. Sambil menunggu pesanan makan besar, mending nyemil dulu deh. Harganya cuma Rp 5k per buah.

5. Putu Cangkiri

66
Photo Source: nonatukangmakan
Seperti halnya putu yang terbuat dari tepung beras dan tepung beras ketan, putu cangkiri jadi unik karena berbentuk seperti cangkir. Gurihnya parutan kelapa di dalamnya melengkapi cita rasa adonan putu yang manis. Untuk variannya kamu bisa cobain di antaranya putu warna cokelat dengan gula merah, warna putih dengan gula putih, warna hitam dengan tepung beras ketan hitam, dan warna hijau dengan daun pandan. Salah satu spot untuk mencicipi jajanan khas Makassar ini ada di Jl. Tamalete I, pinggir lapangan Perumnas tepat di depan gedung PLN Sulselbar. Harganya berkisar Rp 1k hingga Rp2k. Murah meriah, kan!