Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Sudah Tahu Fakta di Balik Semangkuk Bakso?

Nimas AriniNimas Arini
Sudah Tahu Fakta di Balik Semangkuk Bakso? - Main Photo
Sudah Tahu Fakta di Balik Semangkuk Bakso?
Cuaca Jakarta yang kurang bersahabat kali ini kadang ngingetin kita sama semangkuk bakso yang hangat. Hmmm pasti enak banget ya. Apalagi dengan kuahnya yang bening dan gurih, tambahan sambalnya yang pedas bakal bikin badan jadi hangat. Tapi kalian tahu nggak sih kalau banyak fakta unik di balik si bulat-bulat bakso? Untuk menjawab rasa penasaranmu, Qraved sudah cari tahu fakta unik dibalik bakso. Penasaran?

Bakso ternyata berasal dari Cina!

Ternyata bakso itu asal muasalnya dari negeri seberang yaitu Cina. Banyak yang meyakini kalau di Cina, bakso ini sudah ada dari awal ke abad ke-17 atau lebih tepatnya di akhir masa Dinasti Ming.

Bakso itu bukan bahasa Indonesia loh!

Bakso ini ternyata langsung diterjemahkan dari bahasa Hokkien. Dalam bahasa Hokkien sebenernya namanya bak-so yang punya arti "daging babi giling". Nah tapi ketika sampai ke Indonesia dagingnya di ganti pakai daging sapi, ayam, atau ikan karena kebanyakan masyarakat Indonesia muslim.

Nggak cuma di Indonesia, negara lain juga punya bakso!

Pasti inget dong waktu IKEA baru buka di Indonesia, banyak orang yang ngantri buat makan Swedish Meatball? Nah memang bukan di Indonesia aja yang punya bakso. Negara lain pun punya tapi yang bikin beda di negara lain kaya Belanda atau Swedia mereka membuat bakso dari daging giling yang dibentuk bulat dan bukan dimasak jadi sop yang berkuah tapi ada sausnya.

Yang lagi diet mending jangan makan bakso dulu...

Semangkuk bakso yang hangat memang menggoda banget, tapi buat kamu yang lagi diet mending tahan diri dari godaan nih. Ternyata satu mangkuk bakso itu mengandung 300 kalori! Kamu yang hobi makan bakso juga hati-hati nih, ingat-ingat timbangan guys!

Nah sekarang kan udah tau nih fakta-fakta seru soal bakso. Gimana walaupun tahu bakso bikin gendut, tapi tetep kan pengen makan semangkuk bakso yang hangat di tengah cuaca mendung-mendung. Jangan sedih! Qraved kasih rekomendasi bakso paling maknyus di Jakarta!
 - @hobijajan
Photo Source: @hobijajan
Bakso Jawir ini memang paling jawara! Penggemar bakso ini memang banyak banget dan reka pagi, siang, sore, malem makan bakso ini. Baksinya yang pakai daging sapi asli dan kuahnya yang gurih emang bakal bikin kamu kenyang sambil senyum-senyum sendiri. Keenakan itu bakal lebih nikmat kalau ditambah sambalnya yang super pedas!
 - @ivys_lifeView All Photos
Photo Source: @ivys_life
Kamu termasuk tim penyuak bakso urat? Cobain deh bakso urat di sini pasti bakal nambah mangkok kedua dan ketiga. Bakso urat di sini spesial banget! Walaupun pakai urat, baksonya tetap lembut dan gampang digigit.
 - WanderbitesView All Photos
Photo Source: Wanderbites
Nah kalau yang ini bakso ala Cina yang punya kuah bening dan bakso yang halus. Paling mantap kalau makan ini sama kwetiauwnya, hmmm sedap banget! Kuahnya yang banyak bawang putih bikin laper banget deh!
 - Photo source: goodfoodgoodlifeView All Photos
Photo Source: Photo source: goodfoodgoodlife
Sama kayak Bakso Aan, di Bakso Akiaw baksonya juga dimasak dengan gaya Chinese yang punya kuah bening bertabur bawang putih. Baksonya yang kenyal memang enak banget deh! Cocok buat dimakan pas mendung-mendung gitu.
 - @foodiejktView All Photos
Photo Source: @foodiejkt
Nah yang ini juga jadi salah satu bakso di Jakarta. Cabangnya yang sudah tersebar ngebuat bakso Titoti banyak penggemarnya. Bakso urat dan halusnya sama-sama enak dan harus kamu cobain dua-duanya deh.