Qraved
Makan enak! Ingat Qraved
Kuliner apapun yang kamu cari ada di Qraved! Download sekarang!
Sign In

Search

Bisa order
Go Food lho
sekarang!
Klik Order Now
di artikel ini untuk
pesan makananmu

5 Fakta Unik Tentag Kopi Yang Bakal Bikin Kamu Kaget

January 18, 2016 13:08
5 Fakta Unik Tentag Kopi Yang Bakal Bikin Kamu Kaget
Kopi, salah satu minuman favorit semua orang, semua umur, bahkan semua negara. Minuman yang dulu hanya dikonsumsi pada pagi hari ini menjelma bukan cuman sekedar minuman, tapi menjadi sebuah gaya hidup. Berbagai jenis coffee shop yang menyajikan kopi berkualitas terus bermunculan dimana-mana. Nah, sebagai penyuka kopi, kita semua harus tau nih berbagai fakta unik tentang kopi, ini dia lima fakta kopi yang unik dan seru!

1. Sejarah Panjang Kopi

Kopi ternyata punya sejarah yang super duper panjang. Konon, kopi diawali dari cerita seorang penggembala kambing Abessynia atau yang sekarang dikenal denan Ethiopia, menemukan tumbugan kopi sewaktu ia menggembala. Kisah penggemabala itu disebut terjadi pada abad ke-9 Masehi. Dari sana, kopi terus menyebar ke daratan Mesir, Yaman, Persia, Afrika Utara, hingga sekarang bisa kamu temukan dimanapun, termasuk dapurmu sendiri.

2. Sempat Dilarang

Sekarang emang kopi mudah ditemukan, semua orang juga dengan mudah bisa menikmati minuman yang satu ini. Tapi ternyata kopi sempat dilarang banyak pihak loh! Banyak petinggi agama, hingga para pemimpin negara banyak menentang peredaran kopi. Awalnya di Italia, pendeta-pendeta melarang umatnya minum kopi dan menyatakan bahwa minuman kopi tersebut dimasukkan sultan-sultan Muslim untuk menggantikan anggur. Tidak hanya di Italia, di tahun 1656, Wazir dan Kofri, Kerajaan Usmaniyah, mengeluarkan larangan untuk membuka kedai-kedai kopi, bahkan menghukum orang-orang yang minum kopi dengan hukuman cambuk! Serem!

3. Indonesia Salah Satu yang Terbaik

Indonesia memang dikenal sebagai salah satu pengekspor kopi terbaik dan terbaik di dunia saat ini. Tapi ternyata hal ini sudah terjadi semenjak tahun 1880-loh, dimana pada era tersebut, terjadi wabah hama yang cukup besar melanda beberapa sumber kopi terbesar dunia saat itu seperti di Sri Lanka. Pada masa jaya (bagi Indonesia) itu, industri kopi di Jawa pernah berpameran di AS untuk memperkenalkan kopi, sehingga publik AS mulai mengenal kopi dan menjuluki minuman itu dengan nama Java.

4. Kopi Paling Mahal Dari Indonesia

Masih berubungan dengan tanah air tercinta kita, kopi paling mahal juga berasal dari Indonesia, yaitu kopi Luwak! Harga kopi Luwak di pasar Amerika bisa mencapai harga 600 USD per poundnya! Bahkan harga kopi Luwak di Inggris bisa mencapai 1 juta Rupiah loh secangkirnya!

5. Kota Paling Banyak Meminum Kopi Adalah....?

New York! Yup, kota New York mengkonsumsi kopi 7 kali lebih banyak dari rata-rata jumlah kopi yang diminum di seluruh dunia. Hal ini sebenarnya wajar saja jika kita melihat banyaknya jumlah kedai kopi di New York. Di kota ini, kedai kopi bisa ditemukan dengan mudah selayaknya kita menemukan warung rokok di Jakarta loh!
Gimana? Seru kan mengetahui 5 fakta dari minuman yang bersejarah ini? Yuk coba meluncur ke 3 coffee shop berikut ini!
Photo source: eatandtreats
Tempat yang satu ini booming banget sepanjang tahun 2015 ini. Berkat film dengan judul yang sama, kedai Filosofi Kopi berhasil menjadi salah satu kedai kopi paling trending tahun lalu. Tapi selain populer karena film, Filosofi Kopi juga menyajikan berbagai pilihan kopi yang sangat berkualitas. Suasana yang homey dari kedai ini juga menjadi nilai plus tersendiri bagi pengunjung.
Photo source: culinarybonanza
Kalo kedai kopi yang satu ini merupan primadona baru bagi penggila kopi, terutama bagi mereka yang tinggal di Jakarta Utara. Berlokasi di kawasan Pantai Indah Kapuk, Pennyroyal coffee menyajikan berbagai jenis kopi yang enak-enak banget. Serunya lagi, pemilik sekaligus barista nya, Max, adalah lulusan A Bunch of Caffeine Dealers School of Coffee loh, keren!
Photo source: wanderbites
Lokasi yang satu ini bukan cuman dikenal sebagai tempat untuk menyajikan kopi yang enak banget, tapi juga sebagai tempat yang asik banget buat foto-foto. Cocok banget deh buat kamu yang hobi foto-foto makanan dan minuman. Coffee shop ini design-nya juga asik banget, minimalis dan super keren!