Qraved
Makan enak! Ingat Qraved
Kuliner apapun yang kamu cari ada di Qraved! Download sekarang!
Sign In

Search

Bisa order
Go Food lho
sekarang!
Klik Order Now
di artikel ini untuk
pesan makananmu

5 Fakta Seru Tentang Burger Yang Harus Kamu Tahu!

November 24, 2015 10:11
5 Fakta Seru Tentang Burger Yang Harus Kamu Tahu!
Hamburger, atau yang sekarang lebih dikenal sebagai burger adalah menu asal Amerika Serikat yang sekarang telah meluas menjadi salah satu makanan favorit diseluruh dunia. Berbagai variasi burger juga telah bermuculan dimana-mana hingga bisa menyesuaikan lidah dari mana-mana. Tak terkecuali di Indonesia, berbagai restoran terutama di Jakarta dan kota-kota besar lainnya mempunyai burger sebagai salah satu menu andalannya. Berikut adalah 5 fakta tentang burger yang harus kamu tahu! Yuk simak listnya!

1. Penemu Burger

Sejarah burger ternyata cukup panjang dan variatif. Mulai dari pada tahun 1885, kakak beradik Menches yang tinggal di kawasan Hamburg, New York, sepasang saudara yang menjual sandwich sosis, namun pada suatu acara mereka kehabisan sosis dan menggunakan daging cincang yang dibentuk bulat menjadi burger. Namun Library of Congress menyebut restoran Louis' Lunch sebagai tempat pertama yang menjual hamburger pada tahun 1895. Namun hamburger di restoran yang masih ada hingga saat ini tersebut menggunakan roti putih biasa ketimbang roti burger bulat yang kita kenal sekarang.

2. (Usaha) Ganti Nama

Pada perang dunia ke 2, pemerintah Amerika Serikat sempat berusaha mengganti nama hamburger yang identik dengan sebuah kota di Jerman. Hamburger sempat diubah namanya menjadi Liberty Sandwich, namun sayang nama tersebut tidak bertahan lama karena ternyata publik sudah jatuh cinta dengan 'hamburger'

3. Jumlah Kalori

Hamburger termasuk jenis makanan yang kurang ideal bagi kamu yang sedang menjaga badan. Namun variasi hamburger juga menghasilkan variasi dalam jumlah kalori. Contohnya hamburger biasa yang mengandung 295 kalori. Sementara cheeseburger mengandung 303 kalori. Semakin banyak daging dan keju yang digunakan, tentu saja akan meningkatkan jumlah kalori! Misalnya cheeseburger dengan dua daging, dua keju, lengkap dengan sausnya: 650 kalori!!

4. Burger Paling Mahal di Dunia

Salah satu burger paling mahal di dunia bisa kamu dapatkan di Las Vegas, Amerika Serikat. Menu yang bernama The Fleur Burger 5000 ini menggunakan daging wagyu kelas teratas sebagai sumber protein utamanya. Sebagai pelengkap, burger menggunakan topping foie gras dan truffle terbaik di dunia. Kamu gak perlu takut haus ketika memakan burger yang satu ini, karena setiap pembelian burger akan dilengkapi dengan satu botol wine Chateau Petrus 1995. Harga yang harus kamu keluarkan? $5000!!

5. Susah membusuk

Fakta yang satu ini merupakan kabar buruk bagi kalian penggila burger. Karena faktanya burger makanan paling sehat di dunia. Berbagai penelitian menunjukan bahwa burger nyaris tidak bisa busuk! Suatu penelitian pernah dilakukan dimana burger cepat saji ditinggal begitu saja tanpa pendinginan selama beberapa hari, hingga berminggu-minggu. Uniknya, burger yang ditinggal nyaris tidak berubah bentuk dan mengalami pembusukan! Hal ini disebabkan banyaknya bahan pengawet yang digunakan dalam pembuatan burger cepat saji.
Photo source: thedelicaciesjournal
Restoran yang berlokasi di kawasan senopati ini emang rajanya burger! Berbagai jenis burger (plus sides) bisa kamu temuin ditempat ini. Cobain deh burger Baby Huey disini. Menggunakan 150g daging berkualitas, dijepit diantara roti dan dipadukan dengan saus homemade yang sangat royal. Rasa saus BBQ yang smokey, dengan sentuhan rasa asam, bener-bener berpadu pas dengan rasa daging. Rasa yang kuat, tapi tidak berlebihan, pas banget!
Photo source: yoshgoen
Burger disini super istimewa, ada tiga burger yang harus banget kamu coba disini; Blue Fox Burger, Tailgate Burger, dan Cheesy Melt Burger! Tiga-tiganya enak banget, dimulai dari home-made patty yang menggunakan daging berkualitas, dipadukan dengan berbagai pelengkap mulai dari keju, telur, hingga roti yang sangat enak. Keistimewaan tempat ini adalah rasa burger dengan cita rasa khas Amerika yang begitu kental. Sangat autentik!
Photo source: RubbishEatRubbishGrow
Menu burger dari Union adalah salah satu item yang harus dicoba semua penggila burger. Daging berkualitas, aged cheddar, bacon, dan yang special, foie gras! Foie gras yang bertekstur lembut cocok banget dengan tekstur burger, rasa gurihnya juga bener-bener melapisi setiap gigitan kamu! Porsinya juga cenderung besar buat ukuran burger, pasti kenyang deh!
Photo source: eatdrinkcookdo
Kalo kamu lagi pengen nyoba burger yang unik. tempat yang satu ini cocok banget buat kamu! Breakfast burger di restoran yang berlokasi di kawasan SCBD ini menggunakan kopi sebagai salah satu bumbunya, keren kan! Rasa kopi yang digunakan sebagai bumbu daging gak membuat rasa makanan menjadi pahit ya, tapi justru sedikit wangi kopi semakin memperkuat rasa daging dan membuatnya semakin gurih.
Photo source: myfunfoodiary
Cukup dua kata yang perlu digunakan untuk mendeskripsikan tempat yang satu ini: SURGA BURGER! Asli deh, restoran yang satu ini cocok banget bagi penggila burger, dan burger-burger yang ditawarkan disini semuanya super gede! Untuk porsi normal aja, mereka menggunakan 250gr home-made patty yang dibuat dari 100% daging wagyu Australia! Kebayang gak enaknya kayak apa? Yuk deh langsung meluncur!