Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

7 Menu Nusantara Favorit Buat yang Ingin Santap Siang di KAUM

Happy FerdianHappy Ferdian
KAUM - Photo 1
foodventurer_
Rasa-rasanya hanya KAUM yang menawarkan sensasi bersantap khas Nusantara dan Peranakan dengan suasana modern yang disukai generasi millenial. Tidak heran jika sejak tahun lalu, restoran yang berlokasi di kawasan Menteng Jakarta ini kerap menjadi rujukan untuk mencicipi aneka rupa sajian lezat dari akar rasa yang telah familiar di lidah.
KAUM - Photo 2
Photo Source:  riskyhu
KAUM - Photo 3
Photo Source:  sycookies
Menempati bangunan bergaya kolonial, restoran ini menghadirkan suasana taman begitu kental, mulai dari halaman hingga area makan yang lapang. Furnitur kayu yang ditengahi oleh berbagai tanaman hijau dalam pot, menjadikan suasana bersantap di sini terasa begitu homey.
Memasuki area restorannya, kamu akan disambut oleh interior yang sangat hangat, berupa sebuah aula besar dengan langit-langit tinggi. Kesan teduh hadir dalam rupa furnitur yang sebagian besar menggunakan material kayu, dengan sedikit sentuhan warna biru dan krem yang segar.
KAUM - Photo 4
Photo Source:  Harper's Bazaar Indonesia
Untuk santap bersama dalam jumlah besar, KAUM punya sebuah meja panjang di bagian tengah yang sanggup menampung belasan pengunjung. Meja ini dihiasi oleh beragam ornamen dengan gaya modern chic, yang membuatnya seperti tengah dijamu di rumah yang sangat bersahabat.
Untuk segala makanan dan minuman yang ditawarkan, KAUM memastikan semuanya tersaji dengan lezat dan berkualitas. Berikut adalah tujuh menu andalan yang wajib kamu coba.

Lumpia Basah (Rp 55.000)

KAUM - Photo 5
Photo Source:  @kaumrestaurant
Ini bukan lumpia khas Semarang, melainkan lumpia dengan gaya masak ala masyarakat Tionghoa Bandung. Isiannya tidak jauh berbeda, yakni tauge, bengkuang, telur dan aneka bumbu. Hal yang membedakan adalah tekstur kulit lumpinya yang cenderung seperti crepe, sangat tipis, namun terasa kenyal saat dikunyah.

Tongseng Buntut (Rp 170.000)

KAUM - Photo 6
Photo Source:  @foodventurer_
Tongseng adalah sajian berkuah khas Jawa Tengah yang biasanya diisi dengan daging-daging yang menempel pada tulang kambing, alias tetelan. Namun di tangan juru masak KAUM, tongseng hadir dengan tampilan yang cukup mewah, di mana menggantikan protein hewaninya dengan buntut sapi. Rasanya tentu saja lebih gurih, dan teksturnya super melted saat disantap.

Sate Buntel Acar Rujak (Rp 165.000)

KAUM - Photo 7
Photo Source:  @onedeelee
Ini adalah kreasi perpaduan kuliner Jawa dan Belanda yang berkembang pesat di Kota Solo, Jawa Tengah. Daging kambing pilihan dicincang halus, lalu dimasukkan ke dalam jaringan lemak layaknya sosis. Setelah itu, kepalan daging yang gemuk dibakar hingga kecokelatan, dengan sesekali disapu oleh bumbu kecap yang khas. Rasanya super gurih, dan semakin mantap tatkala disantap bersama dengana acar rujak yang segar.

Soto Ayam Susu (Rp 95.000)

KAUM - Photo 8
Photo Source:  @kaumrestaurant
Kita tahu bahwa soto ayam adalah sajian yang mudah diterima oleh banyak kalangan. Namun di tangan juru masak KAUM, menu comfort food ini hadir lebih atraktif menggunakan susu. Alhasil, kuahnya menjadi lebih gurih, namun tidak terkesan berlebihan. Suwiran dagingnya menggunakan ayam kampung, sehingga teksturnya terasa sangat unik.

Sate Sapi Wagyu Maranggi (Rp 175.000)

KAUM - Photo 9
Photo Source:  Anak Jajan
Daging wagyu yang lembut dan gurih diolah dalam bentuk sate, tentu merupakan sebuah kombinasi yang unik. Satenya pun tidak biasa, yakni sate maranggi khas Jawa Barat, yang menggunakan teknik marinasi dan ditambahkan sedikit kelapa. Rasanya tidak hanya legit, namun juga teksturnya super melted saat dikunyah.

Terong Sambal Udang (Rp 65.000)

KAUM - Photo 10
Photo Source:  @kaumrestaurant
Olahan sayur yang unik, di mana terong ungu berkualitas digoreng, lalu ditumis dalam bumbu sambal udang yang khas. Isian udangnya juga tidak main-main, cukup gemuk dan melimpah, memberikan sentuhan rasa manis dan gurih yang nikmat.

Es Bubur Sum-Sum (Rp 48.000)

KAUM - Photo 11
Photo Source:  @kaumrestaurant
Untuk menyudahi agenda bersantap di KAUM, es bubur sum-sum adalah pilihan yang tidak hanya terasa manis, namun juga mampu membuat hati bahagia karena kesegarannya. Jenang sum-sum yang tidak begitu kental dipadukan dengan biji salak dari ubi ungu, bubur ketan hitam, dan siraman gula merah yang legit.