Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

1/15 Coffee: Suasana Ngopi Santai di Jakarta

Happy FerdianHappy Ferdian
Banyak sekali kedai kopi yang bermunculan di Jakarta dalam beberapa tahun terakhir, dan masing-masing menawarkan keunggulannya masing-masing. Namun, hanya segelintir di antaranya yang hadir dengan tawaran suasana intim penuh keakraban, sehingga mampu membuat betah berlama-lama kongko di sana.
Salah satu yang paling menonjol di segmen ini adalah 1/15 Coffee, atau umum dikenal dengan nama One Fifteenth Coffee. Berdiri sejak 2012, kedai kopi ini menawarkan nuansa minimalis yang hangat dan cocok untuk kumpul bareng sahabat.
Dibuka sejak pertengahan 2012, nama kedai ini terinspirasi dari metode paling sederhana dalam meracik kopi, yakni dengan rasio perbandingan kopi dan air sebesar 1:15. Komposisi ini disebut mampu menghadirkian cita rasa nikmat yang tetap memiliki harum mempesona.
Menikmati Suasana Ngopi Santai di 1/15 Coffee - 115coffee
Photo Source: 115coffee
Berawal dari sebuah kedai yang berlokasi di kawasan Gandaria, 1/15 Coffee hadir menempati sebuah ruko bertingkat dengan langit-langit tinggi. Ada beberapa fasad bambu memberikan kesan sejuk, bersanding dengan furnitur kayu berdesain minimalis.
Tambahan dedaunan hijau yang diletakkan di sudut-sudut kedai, terutama di dekat jendela kaca berukuran besar, memberikan kesan seolah-olah sedang ngopi di teras rumah, lengkap dengan ditemani semilir angin dari sirkulasi udara yang tertata apik
Menikmati Suasana Ngopi Santai di 1/15 Coffee - 115coffee
Photo Source: 115coffee
Menikmati Suasana Ngopi Santai di 1/15 Coffee - ib.nugraha
Photo Source: ib.nugraha
Setelah sukses di Gandaria, 1/15 Coffee membuka empat cabang lainnya di seantero Jakarta. Uniknya, seluruh cabang tersebut tidak menempati sedikit pun pusat perbelanjaan, melainkan lokasi-lokasi terpisah yang memiliki kesan lebih intim dan tenang.
Menikmati Suasana Ngopi Santai di 1/15 Coffee - Cerita Eka
Photo Source: Cerita Eka
Menikmati Suasana Ngopi Santai di 1/15 Coffee - 115coffee
Photo Source: 115coffee
Dimulai di pusat kota, kedai kopi ini hadir di Jalan Dr Kusama Atmaja nomor 79, yang menempati rumah tua dengan kusen warna biru yang ikonik. Beberapa tanaman asli yang tertata rapi di halaman bangunan, memberikan kesan teduh untuk santai selepas pulang kerja.
Menikmati Suasana Ngopi Santai di 1/15 Coffee - bubumaika
Photo Source: bubumaika
Beralih ke kawasan Kebon Jeruk, 1/15 Coffee menempati salah satu lantai di gedung Wisma AKR yang menawarkan desain interior hangat berupa lantai kayu berwarna gelap. Ditambah lagi dengan desain jendela kaca ekspos, memberikan alternatif pemandangan Kota Jakarta yang sibuk, lengkap dengan siluet gedung-gedung bertingkat di kejauhan.
Kabar baiknya lagi, lokasi cabang 1/15 Coffee ini berada satu lokasi dengan Modern and Contemporary Art in Nusantara, alias Museum MACAN yang ikonik. Jadi, kamu bisa ngopi seru sekaligus menikmati sajian seni menarik.
Menikmati Suasana Ngopi Santai di 1/15 Coffee - 115coffee
Photo Source: 115coffee
Untuk yang ingin merasakan suasana jauh lebih tenang, kedai ini memiliki cabang di kawasan Kemang. Menempati sebuah bangunan berdesain struktural, alias penuh dengan fasad bersiku yang tegas, membuatnya terasa lebih lapang. Baik bersantai di bar ataupun meja-meja bergaya kantin, kamu akan dibuat betah berlama-lama ngopi seru bareng sahabat.
Menikmati Suasana Ngopi Santai di 1/15 Coffee - yoyondaryono
Photo Source: yoyondaryono
Terakhir adalah cabang di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, yang meskipun menempati area kecil, namun memiliki penataan apik untuk konsep grab and go. Alur pemesanan dan kursi pengunjung dibuat akseleratif, alias teratur, sehingga tidak saling tabrakan antar konsumen.
Di seluruh cabangnya, 1/15 Coffee selalu menyediakan sample bar yang menyajikan berbagai kopi pilihan dari berbagai negara, di mana merupakan hasil roaster ternama di dunia. Mereka juga memiliki suguhan houseblend, meski tidak seberapa banyak.
Untuk semakin melengkapi momen bersantai, di seluruh gerai 1/15 Coffee selalu tersedia deretan majalah dan buku bagus, yang cocok untuk menemani momen tenangmu sambil menyeruput kopi nikmat.