Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Whiskey 101: Cara Menikmati Whiskey untuk Pemula

Ria IsnaeniRia Isnaeni
Wiski merupakan minuman beralkohol yang cara pembuatannya adalah disuling dan dibuat dari serealia tumbuh yang difermentasi. Serealia merupakan jenis biji-bijian atau sereal. Nah, beberapa dari jenis serealia ini digunakan untuk memproduksi berbagai jenis variasi wiski dan dimatangkan di dalam barrel.
Banyak kontroversi mengenai cara penyebutan "whiskey" vs. "whisky". Kedua nama tersebut hanya dibedakan dari negara asal sang minuman beralkohol itu sendiri. Yang hadir dari negara-negara seperti Kanada, Jepang, dan Skotlandia disebut sebagai whisky. Sedangkan yang hadir dari Amerika Serikat dan Irlandia disebut sebagai whiskey. Untuk lebih jelas antara perbedaannya bisa di baca di artikel ini.
Uniknya, minuman ini memiliki beberapa tata cara tergantung referensi peminumnya. Ada beberapa orang yang suka meminum wiski secara murni, tanpa es atau pun campuran lain. Tapi, tidak sedikit juga orang yang suka di campur dengan minuman lainnya. Katanya sih, kalau kamu mau menikmati rasanya, kamu harus meminumnya secara perlahan.
Alcohol 101 : Intip Cara Minum Whisky  - The Whisky Virgin
Photo Source: The Whisky Virgin
Berikut step step yang bisa kamu coba untuk menikmati wiski;

1. Pilih Wiski yang berkualitas

Alcohol 101 : Intip Cara Minum Whisky  - cookieandkate
Photo Source: cookieandkate
Jangan mudah percaya dengan harga yang murah, belilah wiski yang memiliki merek dan reputasi yang baik, tentunya juga tidak perlu yang terlalu mahal. Coba tanya bartender atau penjual minuman keras nya.

2. Campur Wiski dengan Cocktail

Untuk pemula, mungkin cara ini bisa kamu pakai. Campurkan Wiski dengan pilihan koktail agar rasanya tidak terlalu kuat. Kamu bisa memulai dengan memilih Whisky Sour untuk membangun dan kenal dengan rasanya. Setelah itu, kamu bisa coba padukan dengan koktail yang lebih berat, seperti Manhattan yang mengandung Vermouth atau Godfather yang mengandung Amaretto.

3. Campur Wiski dengan Air

Air bisa berperan penting dalam melarutkan wiskinya. Hal ini dilakukan agar bisa menjaga rasa supaya tetap sesuai, dan aroma nya pun akan tetap terjaga.

4. Campur Wiski dengan Es

Saat kamu sudah mulai terbiasa dengan wiski, coba tambahkan sedikit es batu agar rasanya tidak terlalu kuat. Wiski yang dingin dapat memberikan sensasi yang berbeda, coba buktikan deh!
Alcohol 101 : Intip Cara Minum Whisky  - grantswhisky
Photo Source: grantswhisky

5. Wiski Murni

Kalau kamu sudah siap, kamu bisa mulai coba minum Wiski tanpa tambahan apapun. Most likely, rasanya akan lebih intens dibanding saat kamu mencampurkan minuman ini dengan bahan-bahan lain.
Coba cium aroma wiskinya, mencium aroma merupakan salah satu cara untuk menikmati wiski. Karena hal ini berkaitan dengan dan dapat menyiapkan selera dan mulut kamu sebelum meminumnya.
Alcohol 101 : Intip Cara Minum Whisky  - bbc.co.uk
Photo Source: bbc.co.uk
Minumlah wiski nya perlahan dan aduklah sedikit di dalam mulut sebelum menelannya. Kamu sebaiknya mencoba beberapa rasa, termasuk vanila, karamel dan unsur-unsur yang berasap atau pedas.
Hint: Jangan langsung meneguk wiskinya. Karena minumanan ini memiliki kandungan alkohol yang tinggi. Pemilihan gelas dalam meminum wiski juga patut kamu perhatikan ya.
Banyak whiskey bar di Jakarta yang bisa kamu coba, untuk rekomendasinya, jangan lupa baca di sini ya.