Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Korean 101: Mengenal Bossam Daging Babi Rebus Khas Negeri Ginseng

Sharima UmayaSharima Umaya
Belum kenal sama Bossam?
Bossam merupakan daging babi rebus yang dimakan bersama kimchi dan dibungkus dengan daun selada. Makanan ini juga biasanya dihidangkan bersama penyedap berupa saus (yangnyeom), ssamjang, bawang putih mentah, irisan bawang bombay, atau tiram segar. Bossam juga sering dimakan bersama saeujeot.
Korean 101: Mengenal Bossam Daging Babi Rebus Khas Negeri Ginseng - maangchi
Photo Source: maangchi
Biasanya, daging babi untuk Bossam merupakan bagian perut (yes, pork belly!) yang direbus terlebih dahulu dengan jahe dan bawang putih. Bossam sangat populer di Korea karena daging babi harganya relatif terjangkau, sehingga menjadi makanan rakyat Korea yang bisa dimakan oleh segala lapisan masyarakat.
Ingin cobain Bossam? Gak usah jauh-jauh, karena di restoran berikut kamu bisa mencoba Bossam.
Pssst, jangan lupa download ya buat artikel-artikel menarik lainnya soal makanan!
Senopati memang terkenal sebagai daerah yang memiliki banyak restoran Korea, sehingga gak heran salah satu tempat dimana kamu dapat mencicipi Bossam adalah di Cheong Dam Garden yang terletak di Senopati.
Selain Bossam yang disajikan tradisional, kamu juga bisa mencoba Bossam dalam bentuk lain di menu Bossam Kimchijjim (425K), bedanya dengan Bossam tradisional, menu ini menyajikannya dalam bentuk soup.
Menu ini terdiri dari kimchi, bossam, kentang dan daun bawang dan menu ini memang merupakan menu paling populer di restoran ini. Pork belly sangat tender and juicy with all those flavors absorbed nicely into it, sedangkan kuah supnya pedas dan ada hint of tanginess. This pot is full of flavor!
Buat yang tinggal di daerah utara Jakarta, gak usah khawatir! Kamu juga bisa menyantap Bossam di Hwang Geum Bab Sang di Gading.
Hilangkan rasa penasaranmu akan Bossam dengan memesan Bo Ssam Su Yuk (300K). Daging yang lembut berpadu pas dengan sayuran segar dan kimchi yang fresh. Menu ini juga dilengkapi dengan special sauce yang gurih.
Dijamin bikin ketagihan!
Selain di Cheong Dam Garden, kamu juga bisa mencicipi Bossam di Tobak.
Bo Ssam (280K) di Tobak disajikan dengan lettuce, Chinese cabbage, dan spicy radish salad. Ketebalan daging babinya pas, selain itu, dagingnya juga sangat tender dan sangat pas dikombinaskan dengan sayuran-sayuran segar yang dibumbui dengan pas.
You guys should try it!