Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

6 Ramen Halal yang Sering Diburu di Jakarta

Happy FerdianHappy Ferdian
Sebagaimana kita tahu, ramen adalah sajian khas Jepang yang sangat populer di dunia, selain sushi. Sajian mie berkuah kaldu nikmat ini aslinya dibuat dengan menggunakan kaldu babi, yang juga diisi oleh olahan daging babi. Namun belakangan, untuk mengakomodasi keinginan banyak orang mencicipi ramen, turut dihadirkan vaersi halal, yang tidak membutuhkan waktu lama untuk disukai oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari gerai makanan pinggir jalan hingga toko di dalam mall bergengsi, ramen hadir sebagai comfort food yang cocok disantap di kala waktu santai.
Berikut adalah enam ramen halal di Jakarta yang paling sering diburu.
Ngidam ramen halal? Kedai ramen satu ini bisa menjadi opsi yang tepat. Menya Musashi sendiri telah buka di banyak kota di seluruh Asia, bahkan hingga Ukraina di Eropa dan Hawaii di Pasifik. Khusus di Indonesia, seluruh ramen yang disajikan di restoran ini dijamin 100% halal. Harganya juga terjangkau, mulai dari Rp 44 ribu per porsi, sudah termasuk side dish dan free refill ocha (hot/cold). Ada tiga pilihan kuah untuk ramen-nya, yaitu White (original), Red (spicy) dan Black (garlic), dengan tiga pilihan topping yaitu chicken teriyaki, chicken katsu dan ebi furai. Oh iya, khusus di tanggal 13 September 2018 ini, Menya Musashi Bukotsu akan mengeluarkan dua menu baru yaitu Tom Yum Ramen dan Kimchi Ramen.
Menurut banyak orang, ramen di sini juga memiliki kelezatan yang sangat menggoda, di mana hal tersebut berasal dari cara memasaknya yang original. Menu yang paling recommended untuk dicoba adalah Spicy Miso Ramen with Egg, yang disajikan dalam kuah kaldu ayam bertesktur kental, di mana cita rasanya gurih dan sedikit pedas. Untuk isiannya sendiri juga dikenal sangat lezat, berupa irisan daging ayam empuk, potongan telur rebus 3/4 matang, serta taburan kondimen wijen dan daun bawang yang kian menambah nikmat. Kabar baiknya lagi, harga yang ditawarkan di sini cukup ramah di kantong.
Ada empat varian utama ramen yang disajikan di restoran ini, yakni Shoyu Ramen, Shio Ramen, Miso Ramen, dan Esktrem Ramen. Untuk yang terakhir kali disebut, merupakan menu yang membebaskan konsumen untuk memilih dua jenis kuah kaldu, untuk diracik sekaligus dalam satu mangkuk. Tentunya dengan penambahan beberapa item khusus yang kian membuatnya istimewa. Seluruh dasar kuah ramen di sini menggunakan bahan baku halal, yang berdasar pada kaldu ayam. Begitupun dengan aneka isian dan topping-nya, semua dijamin 100 % halal. Rata-rata harga menu yang ditawarkan di restoran ini tidak lebih dari Rp 80 ribu per porsinya.
Siapa sih yang tidak kenal Ramen 38 Sanpachi, di mana kamu bisa mendapatan begitu banyak varian ramen dengan harga terjangkau. Bahkan, khusus untuk cabang restorannya di kawasan Melawai, Jakarta Selatan, buka selama 24 jam. Sejak lama, restoran ini terkenal sebagai penyedia varian ramen terbanyak di Indonesia, yakni tidak tanggung-tanggung sebanyak 24 pilihan menu, dan semuanya halal. Beberapa varian ramen yang difavoritkan adalah Tori Paitan Jigoku, Gyunku Soboro Ramen, dan Aka Ramen.
Berawal dari sebuah kedai ramen di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, kini Hakata Ikkousha telah memiliki beberapa cabang di seantero Jabodetabek. Ramen Ayam Tam Tam seharga Rp 68 ribu per porsi adalah menu paling favorit di sini. Ramen halal ini mencampurkan kuah kaldu ayam dengan topping suwiran daging ayam yang dimasak dalam bumbu sambal merah. Menariknya, kamu bisa memilih sendiri jenis mie dan topping yang dikehendaki sesuai selera.
Konon, banyak orang mengatakan bahwa jaringan gerai makanan ini memiliki racikan ramen nikmat, khas resep orisinal Jepang. Ramen halal mendominasi pilihan menu yang ditawarkan, yakni sebanyak 7 opsi yang dibanderol semuanya tidak lebih dari Rp 70 ribu per porsi. Selain itu, restoran ini juga memiliki varian menu Tsukumen atau Dipping Ramen, yakni ramen yang disajikan terpisah antara mie, kuah, dan topping-nya.