Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

5 Tempat Nongkrong Seru Bernuansa Indonesia di Jakarta

Happy FerdianHappy Ferdian
Indonesia terkenal akan keragaman budayanya, yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri, namun tetap mampu bersatu padu dalam bingkai NKRI. Nilai istimewa tersebut coba diaplikasikan oleh lima restoran dan cafe berikut, yang tidak hanya menawarkan keunggulan cita rasa kuliner lokal, namun juga menyuguhkan suasana khas Nusantara yang cocok untuk tempat berkumpul dengan teman atau keluarga. Suasana ramah khas Tanah Air begitu kental di kelima tempat ini, namun di satu sisi juga tetap menonjolkan citra modern yang berkelas.
Jangan lupa download aplikasi Qraved untuk temukan beragam informasi kuliner menarik lainnya.
5 Tempat Kongkow Seru di Jakarta yang Bernuansa Indonesia - ykrisnahadi
Photo Source: ykrisnahadi
Ada tiga jenis sajian kopi yang menjadi highligt di cafe bernuansa jadul ini. Pertama adalah Heritage 1969, yakni berupa kurasi biji kopi bercita rasa earthy dan sedikit aroma cokelat. Lalu ada kelompok Black Mist yang memiliki tekstur lembut layaknya mentega, dengan sedikit cuatan rasa manis. Sedangkan ketiga adalah Brown Cow yang memiliki karakter rasa paling kuat. Untuk menemani seruput kopi nikmat, beberapa kudapan lokal patut dicoba, seperti Tahu Selawi, Singkong Meledug, dan Pisang Bakar.
5 Tempat Kongkow Seru di Jakarta yang Bernuansa Indonesia - purefoodscompany
Photo Source: purefoodscompany
Selain sebagai pionir, cafe ini juga merupakan satu-satunya yang mengusung kearifan budaya jamu tradisional ke dalam sederet racikan menu yang ditawarkannya. Di sini, kamu bisa menikmati jamu dengan nuansa cafe yang cozy, sekaligus belajar dengan asal-usul serta manfaat sehatnya dari beragam infografis seru. Penamaan menu-menunya juga cukup unik, dengan sesekali terselip candaan di dalamnya. Coba deh beberapa menu jamu yang jadi favorit di sini, seperti aneka Mocktail Jamu, Wedang Ronde, Smoothie Sehat, dan aneka camilan tradisional yang cita rasanya autentik.
5 Tempat Kongkow Seru di Jakarta yang Bernuansa Indonesia - lara_djonggrang
Photo Source: lara_djonggrang
Desain ekletik adalah yang pertama kali ditangkap ketika berkunjung ke restoran yang berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat ini. Perpaduan unsur Jawa klasik dan ragam ornamen quirky yang terkadang mencolok mata, mampu ditata secara berestetika oleh pengelola, sehingga memberi kesan playful, namun juga meneduhkan. Di sini, banyak konsumen jatuh hati dengan serangkaian set menu berisikan daftar sajian pilihan yang susunannya kerap diubah dalam jangka waktu tertentu. Set menu ini dibanderol dengan kisaran harga Rp 200 ribu hingga Rp 600 ribu per orang, tergantung selera, di mana di dalamnya juga terdapat paket vegetarian. Untuk sajian a la carte, beberapa menu favorit yang wajib kamu coba adalah Tahu Kembang Jenar, Soto Sayur Bening, Sate Gapit Bandeng Gresik, dan Sayur Genjer Masak Kacang Hitam.
5 Tempat Kongkow Seru di Jakarta yang Bernuansa Indonesia - eatdrinkjkt
Photo Source: eatdrinkjkt
Berlokasi di sekitar kawasan wisata Kota Tua, resto cafe ini menawarkan konsep kongkow yang berbudaya, dengan mengusung banyak kearifan lokal, baik dari desain, sajian menu, hingga tambahan informasi menarik terkait Indonesia Raya. Di sini, hampir seluruh menunya diberi penamaan yang unik, seperti Jelangkote yang serupa Pastel (namun lebih crunchy), Bakpao Ketawa, Semur Goyang Lidah, dan lain sebagainya. Namun, tidak akan lengkap namanya ketika berkunjung ke sini, tidak mencicipi Historia Platter, yakni sebuah piring besar berisi beragam jenis gorengan, pangsit udang, ayam goreng, dan beragam snack gurih lainnya.
Belakangan, restoran sekaligus lounge yang terletak di persimpangan antara kawasan Menteng dan Kuningan ini kerap dijadikan rujukan sebagai tempat kongkow, yang memadukan cita rasa trdisional dan layanan modern. Beragam sajian coktail da mocktail nikmat disajikan apik dengan sentuhan Nusantara, baik dari sisi estetika ataupun komposisinya. Adapun untuk kudapan teman ngobrol, beberapa yang recommended adalah Otak Atik Ikan, Pisang Goreng Lombok, dan Puding Batok Putih.