Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

5 Mentai Don Terenak di Jakarta yang Bikin Lidah Bergoyang

Happy FerdianHappy Ferdian
mentai don di jakarta - Photo 1
myfunfoodiary
Istilah mentai semakin sering disinggung oleh para pencinta kuliner modern sebagai salah satu menu terpopuler saat ini. Mentai sendiri bermakna sebagai telur ikan (roe) yang dikeringkan dengan cara diasinkan, lalu diolah menjadi bumbu bersama dengan mayoinase dan fillet ikan panggang, di mana biasanya salmon. Tidak hanya di sushi, jenis kuliner unik juga hadir dalam bentuk rice bowl (don), dan berikut adalah lima tempat terbaik untuk mencicipinya di Jakarta.
Jangan lupa download aplikasi Qraved untuk temukan beragam informasi kuliner menarik lainnya.
mentai don di jakarta - Photo 2View All Photos
Photo Source:  @kamakura_fatmawati
Berlokasi di ruas Jalan RS Fatmawati, Jakarta Selatan, Kamakura merupakan sebuah mini cafe yang menyajikan beragam menu Jepang modern. Salah satu yang paling terkenal di sini adalah Aburi Mentai Salmon Rice Bowl (Rp 78.000), yakni berupa sajian nasi dalam mangkuk yang diberi topping berupa lapisan salty roe, irisan daging salmon panggang, dan siraman saus mayoinase pedas. Saat disantap berbarengan, kamu akan menemukan cita rasa gurih dan tekstur super melted yang unik. Yummy!

Sugashi

mentai don di jakarta - Photo 3
Photo Source:  myfunfoodiary
Di Jakarta, Sugashi memiliki dua outlet, yakni di Intercon Plaza Meruya dan Apartemen Madison Park Tanjung Duren. Sugashi menawarkan Premium Salmon Mentai Don yang tersedia dalam dua ukuran, reguler (Rp 60.000) dan besar (Rp 95.000), serta salmon kani mentai don. Di dalam satu bowl alumunium foil berdiameter sekitar 13 cm, ada nasi pulen khas sushi, salmon aburi dengan kematangan yang pas, serta siraman saus mentai yang dibakar bagian atasnya. Masih dalam bowl yang sama, sebagai pelengkap Sugashi menambahkan potongan nori dan tobiko di tengah, juga secuil wasabi di pinggir. Hmm, oishi!
mentai don di jakarta - Photo 4View All Photos
Photo Source:  @pokinometry.id
Selain aneka varian poke yang mengandalkan daging ikan mentah, restoran ini juga punya beberapa menu matang yang tidak kalah lezat. Salah satu yang paling wajib dicoba adalah Mentai Cool (Rp 45.000), yakni nasi dengan topping irisan daging salmon dan keju mozzarella yang dipanggang cepat, lalu disiram saus mentai yang gurih. Hasilnya adalah hidangan super melted yang bikin nagih, di mana lidah kamu bakalan terus bergoyang karena saking enaknya.
mentai don di jakarta - Photo 5View All Photos
Photo Source:  @ippudoindonesia
Tidak hanya terkenal akan kualitas ramennya, Ippudo juga ternyata memiliki sebuah menu mentai yang tidak kalah lezat. Sake Mentai Rice (Rp 49.000) adalah sajian nasi mangkuk (rice bowl) yang dipadukan dengan potongan daging salmon masak saus sake, dan kemudian ditambahkan telur ikan kod di atasnya. Saat menyantapnya, kamu akan merasakan campuran sensai pecah dan melted, yang kemudian diikuti oleh rasa gurih menggigit. Yummy!
mentai don di jakarta - Photo 6View All Photos
Photo Source:  @hachihachibistro
Mengusung tema casual khas Tokyo, restoran yang berlokasi di Pondok Indah ini juga punya menu mentai yang tidak kalah lezat. Salmon Tuna Mentai (Rp 75.000) adalah sebuah menu yang berisikan potongan daging ikan tuna dan salmon, saus mentai, tobiko, mayoinaise, serta parmesan. Semuanya ditempatkan di atas nasi putih hangat di dalam mangkuk khas Jepang, lalu dibakar cepat dengan torch. Tidak ketinggalan ditambahkan pula topping telur rebus setengah matang. Alhasil teksturnya menjadi satu padu, membentuk lelehan melted yang unik. Enak!