Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

5 Kenikmatan Kuliner Khas Makassar di Jakarta

Happy FerdianHappy Ferdian
Apa yang terlintas di pikiranmu jika berbicara tentang kuliner khas Sulawesi Selatan? Pasti banyak yang menyebut Coto Makassar dan Es Pisang Ijo. Tidak salah sih, namun faktanya provinsi dengan wilayah terluas di pulau Sulawesi ini memiliki beragam kreasi kuliner lainnya yang tidak kalah lezat, termasuk deretan olahan seafood yang menggoda. Meski Coto Makassar mendominasi kuliner Sulawesi Selatan di Jakarta, namun kamu masih bisa kok menemukan sederet restoran lainnya yang menyajikan ragam kuliner daerah.
Download aplikasi Qraved untuk temukan beragam informasi kuliner menarik lainnya.
Restoran legendaris ini berlokasi di kawasan Tebet, tepatnya di kiri jalan dari arah Jalan Prof. Dr. Satrio menuju Kampung Melayu. Restoran ini menempati bangunan yang terinspirasi dari rumah tradisional masyarakat Sulawesi Selatan. Baik jam makan siang maupun malam, restoran ini hampir dipastikan penuh oleh konsumen. Semua menu yang disajikan berukuran raksasa, mulai dari Konro Bakar-nya yang seukuran kepalan tangan hingga Es Pisang Ijo yang super mantap.
Restoran ini terkenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk menyantap aneka olahan seafood khas Sulawesi Selatan. Bahkan nih, saking menjaga kualitasnya, restoran ini sampai mengimpor langsung aneka bahan baku seafood segar dari perairan Sulawesi Selatan, termasuk juga beberapa bumbu penting yang tidak ditemukan di Jakarta. Salah satu menu yang wajib dicoba adalah Palumara, yakni sajian berkuah asam segar dengan isian ikan bandeng tanpa duri.
Sulawesi@Kemang sajikan beberapa olahan ikan segar dari tanah Makassar, seperti papakulu, kudu-kudu, kaneke, katamba, dan sukang yang enak disantap dengan lima jenis sambal. Ada sambal teri dan cabai hijau yang punya tingkat kepedasan rendah serta sambal matah dan sambal mangga yang pedas segar. Cocok untuk makan siang.
Banyak yang menyebut bahwa restoran ini adalah rajanya penyaji konro lezat di seantero ibu kota. Untuk membuktikannya, coba deh Konro Bakar Lada Hitam. Bumbunya super unik, tidak terlalu pedas namun tercium sangat aromatik. Baik disantap langsung atau dengan tambahan nasi panas, menu ini tetap terasa lezat. Selain itu, coba juga Sop Sumsum Kaledo yang bakal bikin klepek-klepek. Kuahnya setengah kental, berisikan potongan hati sapi, dan yang pasti juara adalah isi sumsunya yang juicy banget. Yummy!
Di sini, kamu berkesempatan menemukan beragam hidangan khas Sulawesi Selatan yang jarang ditemukan di restoran lain. Salah satu menu yang difavoritkan di sini adalah Nasi Goreng Merah, yang jauh dari kata pedas. Merah di menu ini ternyata berasal dari penggunaan pasta tomat, unik! Selain itu, nasi goreng ini juga isinya lengkap, seperti potongan seafood, suwiran daging ayam, telur mata sapi, dan masih banyak lainnya. Cobain juga Mie Goreng Titi yang kriuk bercampur dengan kuah kental berisi bakso yang super gurih. Nikmat!