Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

5 Kaki Lima di Barito yang Nikmatnya Nggak Berubah Sejak Dulu

Chandra WijayaChandra Wijaya
Dulu, Barito terkenal sebagai tempat nongkrong anak muda yang punya beragam spot menarik. Biarpun itu dulu, tapi aneka kuliner di sini nggak pernah berubah kenikmatannya. Sampai sekarang masih saja banyak yang rela berdatangan ke mari untuk berburu tempat makan yang rata-rata terbilang legendaris. Sebut saja deretan di bawah ini, Qraved sudah mengurutkan jenis kaki lima yang nggak akan mengecewakan lidahmu. Ayo kulineran di Barito!
Ini dia spot sarapan terlaris di kawasan Barito. Bakmi Jhon memang sudah terkenal sejak dulu, bahkan sedari awal kemunculannya yaitu tahun 1995 dengan gerai yang sederhana. Dari mulai pukul 9 pagi saja, Bakmi Jhon sudah bisa diburu oleh banyak orang berkat kenikmatan mie ayamnya. Yang menarik dari sajiannya adalah penggunaan jamur merang untuk toppingnya, di mana jenis jamur ini jarang digunakan oleh pedagang mie lainnya. Cita rasa dari jamurnya membuat aromanya begitu tercium, pas banget dipadu sama racikan bumbu mie ayam tersebut. Oh iya, jangan lupa tambahkan sambal gorengnya juga, ya!
Kamu tim bubur diaduk atau nggak diaduk? Apapun itu, pecinta bubur pasti sudah nggak asing dengan Bubur Ayam Barito. Pasalnya, bubur di sini disajikan dengan topping yang melimpah, jadi tetap nikmat entah diaduk ataupun tidak. Kamu juga akan menikmati sensasi bubur yang dicampur dengan cheese stick, bukan kerupuk kuning atau warna-warni yang kerap kita temukan di pedagang lainnya. Tak lupa, telur setengah matang juga ikut menjadi bagian ternikmat dari santapan buburmu nanti!
Barito juga punya spot terkenal untuk makan Soto Jakarta. Jangan salah kaprah dulu, Soto Jakarta dan Soto betawi itu berbeda, lho. Soto Jakarta cenderung memiliki kuah berwarna cokelat berkat perpaduan santan dan kacang mede. Nah Soto Jakarta Bang Madun memang juara dalam penyajian soto ini. Daging yang digunakan digoreng terlebih dulu sebelum disajikan ke dalam kuah sotonya, sehingga teksturnya begitu empuk dan wangi. Saran terbaik, cobalah datang saat setelah atau sebelum jam makan siang, supaya nggak terlalu ramai dan bisa kebagian sotonya!
Hanya perlu 5 langkah atau bahkan persis bersebelahan dengan Soto Jakarta Bang Madun, kamu bakal nemuin lagi sajian berkuah yang nggak kalah nikmat. Tapi yang ini berbeda, yaitu sop kaki kambing! Tenang, di sinilah tempat yang ahli meracik bumbu hingga menyantap kaki kambing pun terasa super nikmat! Aroma kuahnya begitu kuat sehingga membuat nafsu makan bertambah, plus banyak yang bilang kalau daging kaki kambingnya empuk dan gurih banget. Jangan lupa, tambahkan jeruk nipis pada sopmu biar makin maknyus!
Atau jika kami lebih memilih sapi ketimbang kambing, bisa juga langkahkan kaki ke Sop Kaki Sapi Sumsum H. Agus. Tempat ini juga nggak kalah ramai, bahkan banyak diincar diantara jejeran pedagang lainnya yang berada di kawasan ini. Pesan saja Sop Campurnya yang berisi daging sapi, potongan kaki, kikil, dan jangan lupa jeroannya. Jangan khawatir, sop di sini terkenal banget kenikmatannya karena nggak tercium bau amis atau anyir sama sekali. Sedangkan untuk Soto, kamu bakal disuguhi sama cita rasa kuah dan daging yang ringan dan gurih. Bakal lebih enak lagi kalau kamu tambahkan sepotong sumsum! Nyam!