Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

10 Soto di Jakarta yang Bikin Kamu Nggak perlu Keliling Indonesia

Krisna MaulanaKrisna Maulana
Selain memiliki ragam budaya yang tersebar dari sabang hingga merauke, Indonesia juga memiliki banyak sekali keragaman kuliner. Dari mulai aneka sate, aneka nasi khas daerah, hingga aneka soto. Hampir setiap daerah di Indonesia miliki soto khasnya masing-masing. Racikan tiap soto dari tiap daerah pun berbeda-beda dari mulai isiannya hingga cita rasa kuahnya. Kamu nggak perlu keliling Indonesia kok kalau ingin menikmati 10 soto khas Indonesia ini, karena Qraved sudah carikan soto paling enak di Indonesia yang ada di Jakarta!
Sebelum menjelajah menikmati aneka soto Indonesia, mendingan kamu download dulu Qraved App yang bisa ngasih kamu banyak info kuliner seru hingga kupon makan yang bisa bikin dompet nggak kosong!

1. Soto Medan

Nggak hanya daerah Jawa saja yang punya soto, Sumatra ternyata juga punya hidangan nikmat ini. Soto Medan disajikan dengan kuah yang kental dan memiliki racikan rempah yang cukup kuat. Soto yang satu ini berisikan daging ayam atau sapi, kentang, telur, tomat, dan bawang merah sebagai pelengkap dari kuah soto yang kental dan gurih. Soto ini juga biasa disajikan dengan tambahan emping dan perkedel sebagai pelengkap. Biar nggak cuma ngebayangin, coba langsung ke Soto Medan Pak Syamsudin saja! Walaupun lokasinya agak jauh dari pusat kota Jakarta, tapi rasa capek perjalanan kamu akan terbayar setelah menyeruput kuah kental dari soto medan di sini karena rasanya yang autentik. Jangan lupa cobain Soto Ayam/Jeroan (30k) atau Soto Campur (35k) mereka, ya!

2. Soto Padang

Soto Padang susah-susah gampang untuk ditemui, karena nggak semua rumah makan padang memiliki menu ini. Berbeda dengan soto medan, soto padang memiliki jenis kuah bening yang berisikan bihun, irisan daging dan juga paru yang digoreng kering dengan racikan bumbu yang nggak kalah sedap. Kuah gurih dari soto padang ini berasal dari kuah kaldu sapi dengan campuran cuka yang bikin sensasi segar saat menyantapnya. Salah satu soto padang yang wajib kamu coba adalah Soto Padang Bunda yang memiliki Soto Padang Daging/Paru/Campur yang dihargai Rp 32k saja.

3. Soto Betawi

Tinggal di Jakarta belum afdol kalau belum mencicipi soto khasnya. Soto Betawi disajikan dengan kuah kental dari santan dan susu yang menghasilkan cita rasa gurih dan segar dengan campuran jeruk nipis nya. Soto Betawi biasanya disajikan dengan potongan daging dan juga jeroan. Taburan bawang goreng pada kuah nya, pastinya bikin kamu makin semangat menyantap menu yang satu ini. Soto Betawi juga umumnya disajikan dengan emping dan juga acar sebagai pelengkapnya. Di Soto Betawi H. Ma'ruf kamu bisa icip Soto Betawi (44k) mereka yang menggunakan tambahan susu pada kuahnya yang bikin makin gurih!

4. Soto Mie Bogor

Walau namanya Soto Mie Bogor, soto satu ini juga cukup mudah untuk ditemukan di Jakarta, lho! Memiliki cita rasa yang segar, kuah dari Soto Mie Bogor ini adalah kuah yang bening dengan isian mie kuning dan juga potongan risol bihun yang biasanya menjadi bagian favorit bagi para penggemarnya, dan nggak lupa potongan daging. Kalau kamu penggemar dari Soto Mie Bogor, belum lengkap rasanya kalau belum pernah nyobain Soto Mie Puri H. Darjo. Berlokasi di Puri Indah, Jakarta Barat. Kedai yang satu ini nggak pernah sepi pengunjung karena rasa dari Soto Mienya yang khas seperti aslinya dari Bogor. Kamu akan mendapatkan pilihan menu Soto Mie Biasa (22k) dan Soto Mie Bakso (27k). Kalo kamu ngerasa kurang, kamu juga bisa nambah Risol (7k), lho!

5. Soto Bandung

10 Aneka Soto Khas Indonesia - herlin.lay
Photo Source: herlin.lay
Bandung ternyata juga memiliki soto khas yang agak berbeda dibanding soto dari bagian Indonesia lainnya karena menggunakan tambahan lobak dan kacang kedelai yang digoreng untuk menjadi tambahan isiannya. Untuk mencicipinya pun nggak perlu jauh-jauh ke Banding karena kamu bisa nyobain Soto Bandung di Kedai Mang Didi!

6. Soto Lamongan

Soto Lamongan adalah salah satu soto khas indonesia yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Jakarta. Soto Lamongan atau yang biasa kita sebut dengan Soto Ayam ini mudah banget untuk ditemukan. Salah satu yang enak adalah Soto Lamongan Ibu Romlah yang berisikan potongan daging ayam, dengan tambahan seledri, tauge, daun bawang, juga perasan jeruk nipis dan juga koya yang membuat kuah dari soto ini segar.

7. Soto Kudus

Hampir mirip dengan Soto Lamongan, Soto Kudus ini disajikan dengan dua pilihan yaitu dengan isi daging sapi dan daging ayam. Soto Kudus memiliki jenis kuah yang bening dan rasa kuah yang agak manis namun tetap gurih. Selain dari rasanya yang unik dan berbeda dengan soto pada umumnya, Soto Kudus biasa disajikan dengan mangkuk yang kecil berisikan seledri, bawang goreng, bawang putih goreng, dan tauge sebagai pelengkapnya. Kamu bisa langsung icip di Soto Kudus Kembang Joyo. Disini kamu bisa menikmati Soto Kudus (13k) beserta Kerupuk (4k) dan Sate Telur Puyuh (7k) untuk melengkapi menu makan kamu jadi makin nikmat.

8. Soto Madura

Madura yang terkenal dengan sate sebagai makanan khasnya ternyata juga memiliki soto. Merupakan salah satu soto yang memiliki isi paling lengkap diantara beragam jenis soto khas nusantara lainnya, Soto Madura disajikan dengan babat, paru dan usus yang menghasilkan cita rasa kuah gurih soto ini berbeda. Kamu bisa mampir ke Soto Madura Juanda yang lokasinya nggak jauh dari Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Kamu wajib banget cobain Soto Campur (30k) di sini kalian Soto Madura yang berisikan lengkap dengan daging dan jeroan yang porsinya bisa bikin kamu kenyang. Kedai yang satu ini cukup dikenal oleh banyak orang dan lumayan ramai, jadi jangan sampai kehabisan ya! K sampai jam makan malam.

9. Soto Banjar

 Kenaungan Soto Banjar  Karina Marpaung 621146 - yc_kaView All Photos
Photo Source: yc_ka
Kalimantan yang juga sebagai salah satu pulau terbesar di Indonesia ini juga memiliki soto khas yang biasa dikenal dengan Soto Banjar. Soto yang berasal dari tanah Borneo ini berbeda dengan soto khas nusantara lainnya, karena memiliki kuah yang cenderung pucat bila dibandingkan dengan soto lainnya. Soto Banjar disajikan dengan potongan daging ayam, aneka jenis rempah seperti kayu manis, cengkeh, dan biji pala yanng menghasilkan aroma kuah soto ini cukup kuat. Soto Banjar juga biasa disajikan dengan ketupat atau pun lontong ditambah telur dan perkedel sebagai pelengkapnya. Kamu bisa cobain Soto Banjar ini kedai Soto Banjar Kenaungan di kawasan Tanjung Duren. Kuah Soto Banjar ditempat ini diberikan campuran susu yang menambah selera makan kamu. Kalo kamu makan di sini kamu akan diberikan pilihan isi dari masing-masing Soto Banjar yang cukup beragam, salah satu yang menjadi rekomendasi adalah Soto Banjar Campur (35k) yang berisikan kikil, ayam, dan babat.

10. Coto Makasar

Makanan yang satu ini adalah salah satu jenis soto khas nusantara yang sangat terkenal dan cukup banyak digemari oleh banyak orang. Coto Makasar memiliki rasa kuah yang gurih dengan isian jeroan seperti usus, dan ati serta tak lupa juga daging sapi. Langsung saja cobain coto di Coto Makassar Ampera yang memiliki kuah yang rempahnya amat berasa dan juga ketupat yang disajikan sebagai pengganti nasi. Harganya pun murah, hanya Rp 35k saja perporsi!