Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Ternyata, 7 Makanan Indonesia Ini Punya Kembaran di Jepang!

PitacilyPitacily
7 Makanan Indonesia yang Punya Saudara Kembar di Jepang1
Ternyata, 7 Makanan Indonesia Ini Punya Kembaran di Jepang!
Percaya nggak percaya, semua yang di dunia ini punya saudara kembar. Ya, kalau bukan kembar identik mungkin ada kemiripan yang cukup signifikan. Tidak terkecuali tujuh makanan Indonesia berikut yang ternyata kembaran dengan menu khas Negeri Sakura. Kira-kira, lidah kamu lebih suka makanan Indonesia atau versi kembarannya yang di Jepang, ya? 

Sate VS Yakitori

Makanan Indonesia Punya Kembaran2
Photo Source:  Indoindians - Just One Cookbook
Nggak terbantahkan kalau sate merupakan menu favorit di Indonesia. Jenisnya pun banyak, mulai dari sate ayam, kambing, kelinci, domba, dan masih banyak lagi. Tapi ternyata, sate juga bersaudara dekat dengan menu khas Jepang, yakitori. Yakitori adalah sate khas Jepang yang umumnya menggunakan daging ayam. Penyajiannya sama-sama ditusuk ke lidi, dibumbui, kemudian dibakar. Salah satu perbedaan signifakan dari kedua makanan ini, yakitori biasanya ditambah potongan sayur atau jamur yang ikut ditusuk dan dibakar. Perbedaan lain tentu saja dari bumbunya. Hayo, lebih suka saus kacang untuk sate ayam atau kecap asin untuk yakitori?

Lemper VS Sushi

Makanan Indonesia Punya Kembaran3
Photo Source:  Sipendik - Mon de Sushi
Penampilannya dari luar memang mirip sih, tapi jangan sampai kamu makan daun pisang pembungkus lemper ya karena itu nggak bisa dimakan! Yang membuat kedua makanan ini identik adalah karena luarnya sama-sama berwarna hijau, sama-sama menggunakan nasi, dan di dalam nasinya ada lauk tersembunyi. Tapi kalau lemper biasanya berisi abon atau daging cincang. Beda dengan makanan Jepang yang disebut sushi, yang biasanya diisi dengan berbagai seafood segar atau pun yang sudah dimasak kemudian dibungkus oleh nori atau rumput laut kering yang tentunya bisa dimakan.

Mie Ayam VS Ramen

Makanan Indonesia Punya Kembaran4
Photo Source:  Ang Sarap - Chowhound
Sama-sama mie, tapi memiliki cita rasa yang berbeda. Itu yang bisa kamu rasakan kalau membandingkan mie ayam dari Indonesia dengan ramen dari Jepang. Keduanya disajikan dengan topping dan kuah. Pada semangkuk mie ayam, kamu bisa menemukan sayur, ayam, tauge, bahkan bakso atau pangsit. Begitu pun di semangkuk ramen yang juga terdapat potongan daging yang biasanya sapi, sayuran, dan satu butir telur setengah matang yang dibelah menjadi dua. Dan tentu saja perbedaan terasa beda pada cita rasa kuahnya, dan kuah mie ayam cenderung lebih sedikit daripada ramen. Hayo, lebih favorit yang mana?

Pangsit VS Gyoyza

Makanan Indonesia Punya Kembaran5
Photo Source:  Serious Eats
Gyoza memang berasal dari negeri Tiongkok, tapi sejak makanan yang satu ini menyebar sampai ke Jepang, akhirnya Jepang memiliki gyoza khasnya sendiri. Kalau diperhatikan, camilan Gyoza Jepang ini bisa dibilang mirip dengan pangsit yang biasanya disajikan saat kamu sedang menyantap mie ayam atau bakso. Gimana menurutmu, mirip nggak mereka?

Klepon VS Dango

Makanan Indonesia Punya Kembaran6
Photo Source:  Resep dan Masakan
Pasti kamu tahu dong jajanan pasar, klepon? Makanan yang terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil, diisi dengan gula merah dan dibaluri dengan parutan kelapa ini menjadi salah satu yang bisa bikin ketagihan karena sensasi lumeran gula merah di dalam mulut saat kita memakannya. Kembarannya di Jepang bernama dango. Terdapat dua jenis dango yaitu dango manis dan nggak manis. Dango manis mirip dengan klepon di mana di dalam dango dimasukkan gula supaya saat menggigitnya, dango ini terasa manis di dalam mulut. Teksturnya yang kenyal dan bentuknya yang bulat membuat dua makanan ini semakin mirip.

Martabak Telur VS Okonomiyaki

Makanan Indonesia Punya Kembaran7
Photo Source:  www.generation-g.id - CHANKO FOOD
Dari luar mungkin nggak begitu terlihat mirip, tapi kalau diperhatikan, kedua makanan ini terdiri dari berbagai campuran makanan seperti sayur, telur, dan daging yang digoreng di atas minyak panas. Martabak biasanya disajikan dengan kuah dan acar, sedangkan okonomiyaki disajikan dengan mayonaise. 

Surabi VS Dorayaki

Makanan Indonesia Punya Kembaran8
Photo Source:  Harian Resep blogger
Kalau Doraemon main ke Indonesia dan kehabisan dorayaki, kamu bisa lho menggantinya dengan suguhan surabi! Bentuknya yang sama-sama pipih dan teksturnya yang lembut dan kenyal bisa membuat Doraemon sekalipun jatuh cinta dengan rasanya. Walaupun mirip, surabi biasanya nggak punya isian di dalamnya, melainkan disajikan dengan saus gula merah.