Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Ini Dia Cara Bikin Sate Kambing yang Praktis!

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
Ini Dia Cara Bikin Sate Kambing yang Praktis!1
masteresep.com
Oke. Ga adil rasanya kalo yang dibahasa cuma cara mengolah daging sapi aja. Soalnya, kalo Idul Adha kan ada daging kambing juga.

Karena itu, Qraved kali ini mau bagi-bagi tips cara mengolah daging kambing menjadi sate kambing yang enak tapi ga ribet.

 

1. Siapkan Bahan

Ini Dia Cara Bikin Sate Kambing yang Praktis!2
Photo Source:  salutmultimediawima.blogspot.com
Bahannya ga ribet kok. Ribetan juga ngurus KTP di kelurahan.

Nih, kamu tinggal siapin aja daging kambing yang kamu punya, terus potong kecil-kecil. Habis itu, kamu harus siapin jeruk nipis yang, lalu peras dan ambil airnya,.

Nah, kalo udah siap semua, kamu tinggal siapin air secukupnya, bawang merah yang udah diiris tipis, sama cabe sebanyak yang kamu mau. Tomat juga jangan lupa.

Dan yang terpenting, siapin juga tusuk satenya. Soalnya, tanpa tusuk sate (lidi) ga akan jadi sate, kan?

 

2. Campur dan Rendam Dagingnya

Ini Dia Cara Bikin Sate Kambing yang Praktis!3
Photo Source:  1080.plus
Setelah kamu potong dan kamu "empukkan" dagingnya, langkah selanjutnya adalah, mencampur daging tersebut dengan air, kecap, air jeruk, terus kamu diemin kurang lebih 10 menit. Biar gurih kecapnya bisa meresap, dan bau amis dagingnya bisa benar-benar hilang.

3. Tusuk Dagingnya!

Ini Dia Cara Bikin Sate Kambing yang Praktis!4
Photo Source:  Pemasaboga
Setelah direndam selama kurang lebih 10 menit, jangan kamu diamkan dagingnya. Soalnya kalo ga diapa-apain itu daging, ga akan jadi sate.

Makanya, setelah direndam, tusuk dagingnya dengan tusuk sate yang sudah kamu siapin tadi. Untuk berapa panjang tusuk satenya, sih, terserah kamu aja. Mau panjangnya 20 cm, 30 cm, ataupun 1 meter, atau malah 2 meter, terserah. Yang penting kamu gampang buat makannya.

Nah, kalo udah kamu tusuk-tusuk dagingnya pakai tusuk sate, selanjutnya tinggal kamu panggang aja.

Soal lama pemanggannya juga terserah. Tergantung selera aja.

4. Siapkan Bumbu Kecap

Ini Dia Cara Bikin Sate Kambing yang Praktis!5
Photo Source:  resepmasakandapurarie.com
Nah, sembari menunggu satenya dipanggang, kamu harus siapin bumbunya.

Biar ga ribet, pakai bumbu kecap aja. Soalnya kalo bumbu kacang, harus beli kacang dulu. Padahal di awal, kacang ga masuk dalam list bahan yang harus disiapkan. Ya, kan?

Bumbu kecap ini gampang bikinnya. Cabe yang udah kamu siapin tadi tinggal kamu iris kecil-kecil lalu campur dengan kecap. Aduk hingga merata. Oh, iya, biar tambah sedap, kamu bisa tambahin irisan bawang merah di dalamnya lho.

Dan, jadi deh bumbunya.

5. Nasi Putih

Ini Dia Cara Bikin Sate Kambing yang Praktis!6
Photo Source:  www.buntik.com
Peran nasi di sini sangat penting. Soalnya, tanpa kehadiran nasi, sate tersebut akan digolongkan jadi cemilan belaka.

Makanya, nasi ini penting. Lantas, kenapa juga ga lontong aja?

Begini, kalo makannya pake lontong kan ribet, soalnya harus nyipain lontongnya juga. Kalo ribet kan jadi ga sesuai sama judul. Ya, kan?

Nah, yaudah. Siapin aja nasi, terus santap aja itu sate sama nasi putih yang kamu siapin.