Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Tips Agar Daging Kambingmu Seenak Masakan Restoran Mahal

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
Tips Agar Daging Kambingmu Seempuk Masakan Restoran Mahal1
dailyrakyat
Idul Adha sebentar lagi. Kamu pasti udah ga sabar buat makan daging kambing bareng keluarga ataupun teman-teman, kan? Nah, yang kemudian sering jadi masalah adalah banyak dari kita yang sering kewalahan buat ngolah daging kambing agar tak bau amis dan empuk. Tapi tenang aja, Qraved mau kasih kamu tips biar daging olahanmu jadi ga bau dan punya tekstur empuk.

1. Jangan Gunakan Deodoran ataupun Bedak Tabur

Tips Agar Daging Kambingmu Seempuk Masakan Restoran Mahal2
Photo Source:  dailyrakyat
Sebau apapun daging yang kamu terima dari panitia Idul Adha, jangan pernah gunakan deodoran ataupun bedak untuk mengurai bau yang ada. Karena, baik deodoran ataupu bedak tabur tidak akan mampu mereduksi bau dari daging kambing.

2. Singkirkan Lemaknya

Tips Agar Daging Kambingmu Seempuk Masakan Restoran Mahal3
Photo Source:  obatpenurundarahtinggialami.web.id
Lemak adalah bagian yang menjadi sumber bau prengus pada daging kambing. Lemak juga lah yang menjadikan daging kambing sedikit alot. Karenanya, sebelum kamu olah jadi sate, gulai, ataupun tongseng, sebaiknya kamu singkirkan dulu lemaknya.  Tapi yang perlu diperhatikan dalam menyingkirkan lemak adalah, cukup potong saja bagian lemak yang menempel pada daging dengan pisau. Ga usah kamu suruh ikut fitnes biar lemaknya terbakar.

3. Jangan Dicuci

Tips Agar Daging Kambingmu Seempuk Masakan Restoran Mahal4
Photo Source:  linapg.blogspot.com
Bagaimanapun baunya daging kambing itu, daging kambing tetaplah bukan daging kambing. Bukan baju ataupun piring. Jadi, meskipun bau, jangan pernah mencuci daging kambing. Karena kalo daging kambingnya dicuci, yang ada malah akan membuat dagingnya semaki bau dan alot. Daripada dicuci, mending langsung direbus aja.

4. Rebuslah dengan Rempah-rempah

Tips Agar Daging Kambingmu Seempuk Masakan Restoran Mahal5
Photo Source:  royco.id
Nah, gimana kalo daging kambingnya udah terlanjur dicuci? Atau kamu sedikit risih kalo makan daging yang belum dicuci. Yaudah, cucilah daging kambing tersebut dengan garam. Terus rendamlah selama kurang lebih satu jam, biar garamnya bisa mentralisir bau amis yang ada. Setelah itu, rebuslah daging kambingnya dengan rempah-rempah. Proses ini akan membantu untuk melunakkan tekstur daging kambing dan juga mereduksi bau yang ada.

5. Lumuri dengan Jeruk Nipis

Tips Agar Daging Kambingmu Seempuk Masakan Restoran Mahal6
Photo Source:  jalakata
Kalo masih kurang empuk juga, coba lumurin pake jeruk nipis selama kurang lebih setengah jam deh. Jeruk nipis soalnya punya kandungan zat yang bisa menetralisir bau amis dan juga bisa membunuh bakteri yang ada. Selain itu, kandungan zat yang ada dalam jeruk nipis juga bisa membuat daging jadi lebih empuk.

6. Bungkus dengan Daun Pepaya

Tips Agar Daging Kambingmu Seempuk Masakan Restoran Mahal7
Photo Source:  cara-search
Atau kamu bisa gunakan juga daun pepaya. Caranya, bungkus saja daging yang ada dengan daun pepaya. Enzim yang ada pada daun pepaya akan membantu mengurangi bau yang ada dan juga bisa membuat daging kambing jadi lebih empuk.
Nah, kalo udah ga bau dan empuk, langkah selanjutnya adalah mengolah daging kambing itu jadi makanan yang kamu mau. Mau tongseng, mau gulai, mau sate, terserah. Tinggal olah aja. Dan hasilnya pasti enak, empuk, dan ga bau.