Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Resep Daging Sapi bumbu Balado yang Ndak Biaso

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
Resep Daging Sapi bumbu Balado 1
www.resepsimbok.com
Oke. Masih dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha, Qraved mau coba bagi-bagi resep mengolah daging sapi yang mudah tapi enak. Kali ini, cara mengolah daging sapi menjadi hidangan daging sapi bumbu balado.

1. Siapkan Saja Bahannya

Resep Daging Sapi bumbu Balado 2
Photo Source:  bisnis.kompas
Bahan-bahan daging sambu balado ini ga terlalu sulit. Siapin aja bahan-bahan berikut. * Daging sapi yang kamu dapet. * Gula merah. * Daun salam (sekitar 2 lembar) * Dua siung bawang merah dan dua siung bawang putih. * Cabe  merah (sesuai selera) * Tomat * Lengkuas * Gula pasir * Air asam jawa * Ketumbar Dah, itu doang. Gampang ditemui, kan?  

2. Bersihkan Daging Sapi

Resep Daging Sapi bumbu Balado 3
Photo Source:  resepumiku
Setelah menyiapkan bahan-bahan tersebut, langkah selanjutnya adalah membersihkan daging sapinya. Bersihkan daging sapi yang kamu punya --jangan punya tetangga--, lalu rebus sampai empuk. Kalo dirasa udah cukup, lalu masukin aja lengkuas yang sudah ditumbuk dan juga ketumbar yang udah dihaluskan. Terus, jangan lupa masukkan daun salam, air asam jawa dan juga gula merah. Nah, kalo semua bahan udah dimasukin, tinggal kamu tungguin aja itu bumbu meresap ke dalam daging. Nah, kalo bumbunya udah meresap ke dalam daging, habis itu tiriskan. Lalu gorenglah daging yang sudah ditiriskan tadi.

3. Tumis Bumbu

Resep Daging Sapi bumbu Balado 4
Photo Source:  dunia-gandul.blogspot.com
Setelah itu, kamu harus pindah ke wajan yang lain. Dalam wajan yang lain itu, masukkanlah bawang merah, bawang putih, tomat, dan juga cabe yang sudah kamu haluskan. Setelah itu, tumislah sampai bau harum semerbak menyeruak. Jika bau harumnya sudah keluar. Saatnya memasukkan daging yang sudah digoreng tadi.

4. Aduk Daging dan Bumbu yang Sudah Ditumis

Resep Daging Sapi bumbu Balado 5
Photo Source:  okezone
Nah, setelah tumisan siap, dan daging sudah digoreng, langkah selanjutnya adalah mencampurkan keduanya dengan cara diaduk. Aduklah semua bahan-bahan yang ada, sambil menambahkan sedikit garam dan gula pasir secukupnya. Aduk-aduk terus hingga bumbu meresap.  Lalu angkat.

5. Siapkan Nasi Putih

Resep Daging Sapi bumbu Balado 6
Photo Source:  www.resepsimbok.com
Kalo semua sudah siap, langkah selanjutnya adalah menyiapkan nasi putih panas. Soalnya, daging sapi bumbu balado ini emang enak banget disantap pakai nasi putih yang masih panas.