Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Es yang Disukai Sama Anak 90an

Iqra RabikaIqra Rabika
Es yang Disukai Sama Anak 90an1
@happybaking2016
Membahas tahun 90an emang gak ada habisnya, banyak banget makanan, minuman, sampai mainan yang bisa dibahas di tahun-tahun sebelum adanya gadget yang merajalela. Anak zaman sekarang mungkin udah gak banyak lagi yang tau tentang jajanan legendaris di tahun 90an. Sekarang Qraved mau bahas mengenai minuman dan juga es yang populer banget di tahun 90an.

Es Serut Cetak

Es serut2
Photo Source:  Ngalam
Zaman dulu kalo pulang sekolah siang-siang, kamu pasti jajan es serut dulu deh di abang-abang yang mangkal di depan sekolah. Es serut ini dicetak jadi bulat dan disiram dengan sirup warna-warni yang bikin rasanya jadi manis. Walaupun es serut ini bikin batuk tapi kamu pasti gak kapok buat jajan ini tiap pulang sekolah. 

Es Goyang

Es Goyang3
Photo Source:  Pemudawirausaha
Nah, ini juga es yang pasti sering kamu beli, Es Goyang. Es yang bentuknya kotak ini ngambilnya harus digoyang-goyangin dulu sebelum bia ketarik, terus kamu juga bisa minta celupin ke cokelat leleh dan kacang biar esnya makin enak. 

Capri Sonne

Capri Sonne4
Photo Source:  mpscout
Minuman yang paling enak kalo diminum pas beku ini terkenal banget pas tahun 90an. Minuman rasa jeruk dengan lubang kecil buat sedotan yang dikemas pake kantong alumunium foil ini pasti kamu bawa kalo ada karyawisata di sekolah karena rasanya yang segar banget. 

Es Mony

Es Mony5
Photo Source:  tokopedia
Es yang satu ini harus kamu bekuin dulu di kulkas sebelum kamu makan. Rasanya juga ada banyak, mulai dari strawberry, grape, orange, ada semua.  Enak banget beli ini di warung deket rumah pas siang bolong abis capek sekolah dan main.

Es Kue

Es Kue6
Photo Source:  @generasi90an
Kamu yang masa kecilnya hobi jajan pasti tau deh sama es yang satu ini. Es yang bentuknya kayak kue lapis ini suka dijual di abang-abang jajanan lotre yang hadiahnya bisa agar-agar, sampe es kue ini. Es yang warnanya warna-warni ini teksturnya emang gak kayak es tapi lebih kayak kue karena dibuat dengan tepung hankwe dan disajikan dingin-dingin makanya disebut es kue.

Es Mambo Kacang Ijo

Es mambo kacang ijo7
Photo Source:  resepsajian
Kalo es yang satu ini tuh biasanya suka dijual di warung-warung deket rumah. Es yang dibuat sendiri sama ibu warungnya ini biasanya dibuat dari kacang ijo dan makannya harus dikenyot dari ujung bawah plastik esnya.

Es Tong-Tong

@tika.rahmadhani8
Photo Source: 
Gatau kenapa namanya es tong-tong, mungkin karena abangnya yag mukul-mukul kentongan pas jualan jadi bunyinya tong-tong. Jaman dulu kalo kamu denger bunyi tong-tong, pasti kamu langsung lari keluar rumah deh karena pengen beli. Sekarang es ini masih ada yang jual, tapi udah gak banyak.