Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Broodje Bal: Kreasi Baso dan Bumbu Sate yang Seharusnya Udah Kamu Coba

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
Broodje Bal: Kreasi Baso dan Bumbu Sate yang Seharusnya Udah Kamu Coba1
www.smits-traiteur.nl
Ada dua makanan yang bisa menyelamatkan perut mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh studi di Belanda --terlebih buat mahasiswa yang enggan menghamba pada negara dengan cara meminta beasiswa, makanan itu adalah loempia dan juga broodje bal.

Loempia. Sebenarnya, loempia di Belanda sama di Indonesia itu ga beda jauh. Yang sedikit membedakan adalah, kalo di Belanda yang jual orang Vietnam kebanyakan. Nah, kalo di Indonesia, yang jual orang Indonesia juga.

Nah, makanan kedua ini namanya broodje bal. Broodje sendiri artinya roti. Sedangkan bal, adalah bola --sebutan ini merujuk pada bentuk baso yang mirip kayak bola.

Di Belanda sana, broodje bal itu harganya sekitar 2 Euro aja. Terus, ada di mana-mana, di stasiun ada, di centruum juga ada, di jalan-jalan juga sering ada.  Jadi, nolong banget buat mahasiswa yang sering kekurangan uang karena ga bisa nambah jam kerja paruh waktu. Dan yang lebih memanjakan perut orang Indonesia di sana adalah, makanan yang satu ini pakai saus kuah sate. Ya, nolong banget lah, apalagi buat yang kangen masakan Indonesia.

Jadi, penasaran ga? Kalo kamu penasaran, Qraved mau bagi-bagi resepnya buat kamu. Buatnya juga ga susah kok. Jadi, kalo kamu lagi pengen burger ga biasa tapi ga punya cukup kesabaran buat antre Flip Burger, kamu bisa cobain burger yang satu ini. Ya, hitung-hitung ikut menjaga kearifan loka.

1. Siapin Bun-nya

Broodje Bal: Kreasi Baso dan Bumbu Sate yang Seharusnya Udah Kamu Coba2
Photo Source:  www.pitch.com
Langkah pertama yang harus kamu siapin adalah nyiapin bun. Roti yang sering dipakai buat bikin burger ini gampang banget kamu temuin kok ada di mana-mana. Kamu tinggal pilih aja. Tapi, yang harus kamu ingat, kalo bisa milih bun yang bagus. Cirinya apa? Ciri bun yang bagus tuh, bun-nya kalo ditekan bisa balik ke bentuk awalnya.

2. Siapin Baso (dan Isian Lain Kalo Emang Kamu Mau)

Broodje Bal: Kreasi Baso dan Bumbu Sate yang Seharusnya Udah Kamu Coba3
Photo Source:  www.smits-traiteur.nl
Langkah ke dua adalah siapin baso-nya. Terserah, mau kamu potong-potong ataupun ga. Kalo Qraved pribadi sih lebih suka dipotong-potong dulu. Biar gambang makannya.

Bagusnya, sih basonya yang gede biar lebih puas. Belum tahu, beli baso ukuran gede di mana? Coba cek ini dulu, mungkin bisa membantu.

Jangan lupa juga siapin sayuran ataupun tomat. Ah, pokoknya kaya isian burger biasa gitu deh. Itu juga kalo kamu mau. Kalo ga mau, yaudah, baso aja isiannya.

3. Siapin Bumbu Sate

Broodje Bal: Kreasi Baso dan Bumbu Sate yang Seharusnya Udah Kamu Coba4
Photo Source:  www.smits-traiteur.nl
Setelah kamu siapin isiannya, tinggal kamu masukin aja ke dalam bun. Terus, tinggal kamu tuangin bumbu sate di atasnya. Ingat, bumbu satenya bumbu sate yang kacang yah. 

Oh, iya, kalo ngomong-ngomong soal bumbu sate, Qraved punya list-nya kok.

Kelar deh. Simple kan?