Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Ultimate Guide: 15 Soto Legendaris di Jogja

Asteria DitaAsteria Dita
Ultimate Guide: 15 Soto Legendaris di Jogja yang Siap Hangatkan Badan1
jajanyogya
Singgah ke Jogja dan bingung pilih menu sarapan apa? Wah, rasanya kamu tinggal tengok kanan dan kiri karena di setiap sudut kota ini banyak banget warung soto segar nan legendaris yang siap sedia untuk menghangatkan pagi kamu. Yuk, langsung kita mulai saja jelajah kuliner soto di Jogja paling maknyus!
Biar selalu tau makanan enak yang ada di Jogja, mendingan kamu download Qraved App sekarang juga!
2
Photo Source:  makandijogja
Walaupun bukan orang asli Jogja, pasti kamu pernah dengar nama soto paling legendaris ini kan. Banyaknya warung soto yang menggunakan nama Kadipiro, jangan sampai membuat kamu salah mampir ya. Nah, soto Kadipiro asli terkenal dengan warung ijonya yang sederhana. Soal sajian soto sih mantap banget dengan isian daging ayam kampung yang empuk dan kuah bening yang segar. Seporsinya dibanderol mulai dari Rp 15k dengan jajaran lauk tambahan seperti perkedel, tahu bacem, dan sate telur puyuh.
Alamat: Jl. Wates No.33, Kadipiro, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta
Jam buka: 07.30 WIB-habis
3
Photo Source:  sotosampahjogja_
Jangan takut dulu dengar nama soto sampah, karena sekali kamu mampir ke sini bakalan dibikin kangen terus-terusan. Seporsi soto bening dengan isian nasi putih, bihun, kol, tauge, seledri, bawang goreng, serta irisan daging sapi dan gajih ini dibanderol mulai dari harga Rp 6k saja. Penyajiannya yang awut-awutan alias ala kadarnya bikin nama soto sampah melekat dan jadi ciri khas yang unik.
Alamat: Jl. Kranggan No.2, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta
Jam buka: 07.00-03.30 WIB
4
Photo Source:  surabayafoodies
Jogja memang identik dengan kuah soto yang bening, termasuk di warung soto favorit ini. Dalam semangkuk kesegaran soto berisi tauge, kol, tomat, dan irisan daging sapi bisa kamu nikmati dalam versi soto kuah, soto campur, dan soto pisah. Harga seporsinya mulai dari Rp 10k hingga Rp 14k saja. Nah, kalau kamu sempat mampir ke sini jangan lupa cobain babatnya yang empuk dan manis atau pilihan lauk lainnya seperti perkedel, mendoan, dan sate telur puyuh.
Alamat: Jl. Mayor Jenderal S. Parman, No. 44, Notoprajan, Ngampilan, Yogyakarta
Jam buka: 06.30-15.00 WIB
5
Photo Source:  semarangfoodhunter
Pergi ke sudut kota Jogja, tepatnya di kawasan Candi Sambisari kamu bisa mampir makan sejenak sebelum jelajah wisata. Soto ini terbilang unik karena penyajiannya yang bukan di mangkuk biasa, melainkan menggunakan batok kelapa. Harganya pun sangat terjangkau, yakni hanya Rp 5k per porsinya. Suasana persawahan dengan semilir angin sepoi-sepoi bikin nyaman banget. Apalagi sambil ngemil tempe goreng yang garing dan gurih.
Alamat: Jl. Candi Sambisari No. 6, Purwomartani, Kalasan, Sambisari, Sleman, Yogyakarta
Jam buka: 06.00-16.00 WIB
6
Photo Source:  tastefuljogja
Kalau lagi cari sarapan murah dan enak di Jogja, wajib banget mampir ke sini. Langsung pesan yuk semangkuk soto dengan isian nasi putih, bihun, tauge, kol, dan suwiran daging ayam kampung. Satu yang bikin unik dan spesial karena ada tambahan irisan lentuk alias perkedel dari ketela pohon. Walaupun termasuk soto bening, tetapi tipe kuah yang tersaji terlihat lebih pekat dari biasanya. Nah, soal harga seporsinya cuma Rp 10k saja, lho!
Alamat: Jl. Affandi, Gejayan, Condongcatur, Depok, Yogyakarta
Jam buka: 06.00 WIB-habis
7
Photo Source:  foodjogja
Soto legendaris di Jogja yang sering disambangi artis ini juga wajib banget kamu cobain. Seporsi soto seharga Rp 15k komplet disajikan dengan irisan daging sapi yang fresh dan empuk. Apalagi disantap dengan racikan kuah yang mantap dan segar banget. Warung soto yang sudah punya banyak cabang ini terkenal juga dengan lauk tambahannya yang bikin kangen, seperti jeroan sapi, tempe goreng, dan peyek kacang.
Alamat: Komplek Kridosono, Jl. Yos Sudarso No.28, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta
Jam buka: 05.30-16.00 WIB
8
Photo Source:  jajanyogya
Jogja tak kehabisan spot makan soto sapi, salah satunya di sekitaran kawasan Sleman ini. Seporsi soto seharga Rp 10k disajikan dengan irisan daging sapi yang melimpah dan taburan bawang goreng yang menggoda selera. Tipe kuahnya bening dan segar dengan cita rasa gurih yang pas di lidah. Makan soto bening tak lengkap rasanya kalau belum ditambahkan babat dan iso yang jempolan banget.
Alamat: Jl. Sanca Caturtunggal VIII No.120B, Karang Gayam, Depok, Caturtunggal, Karang Wuni, Sleman, Yogyakarta
Jam buka: 06.00-17.00 WIB
9
Photo Source:  raraa_ig
Kalau kamu baru datang dari luar kota dan bingung mau sarapan di mana, nah warung soto di dekat stasiun tugu ini bisa jadi jawabannya. Cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp 10k, seporsi soto ayam siap disantap. Printilan lauknya pun bervariasi dan bikin kamu kepingin nambah terus. Salah satu yang ikonik adalah lenthok alias perkedel singkong yang renyah. Makan di kuliner kaki lima ini juga semakin seru karena ada live music yang keren banget, lho!
Alamat: Jl. P. Mangkubumi, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta (Sebelah Timur Stasiun Tugu)
Jam buka: 06.00-13.00 WIB
10
Photo Source:  sotoayam61
Sambil menungggu semua kios di kawasan Malioboro siap untuk dijelajahi, mending mampir sarapan dulu ke warung soto legendaris ini. Seporso soto dengan dominasi isian bihun dan suwiran ayam ini terlihat sederhana, namun akan terasa spesial saat kamu menyeruput kuah kaldunya yang gurih. Harga seporsinya hanya Rp 14k dengan tambahan suguhan lauk pendamping seperti sate jeroan, perkedel, dan telur kecap.
Alamat: Jl. Ahmad Yani No. 61, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta
Jam buka: 07.00 WIB-habis

10. Soto Pak Sabar

11
Photo Source:  javafoodie
Kalau mau merasakan suasana makan soto yang beneran sederhana, yuk mari singgah ke warung soto ini. Walaupun tempatnya tidak begitu wah, tetapi soal sajiannya asli deh juara banget. Hanya dengan harga Rp 16k saja, seporsi soto dengan irisan daging sapi yang tebal dan melimpah siap tersaji di depanmu. Kuahnya segar dan semakin mantap jika ditambahkan perasan jeruk nipis dan kecap manis.
Alamat: Jl. Gedongkuning No.131, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta
Jam buka: 07.00-16.00 WIB

11. Soto Geprek Seturan

12
Photo Source:  javafoodie
Istilah soto geprek ini memang terasa asing, namun ternyata nama ini datang karena setiap ada pesanan pasti sebuah botol besar digeprek atau digebrak ke meja kayu. Faktor yang bikin spesial lagi adalah soto ini diracik tanpa MSG, lho! Tersedia dalam dua porsi, yaitu porsi kecil (Rp 7k) dan porsi besar (Rp 8k). Soto ayam kampung dengan kuah yang segar ini lebih seru lagi karena ada tambahan kulit ayam gorengnya yang super nagih.
Alamat: Ruko Plaza Seturan Blok A12, Jl. Seturan Raya, Kledokan, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta
Jam buka: 06.00-18.00 WIB

12. Soto Sawah Bu Hj. Hadi S.

13
Photo Source:  cobainajah
Soto legendaris ini punya daftar menu yang terbilang komplet. Buat kamu penggila soto, ada menu soto sapi dan soto ayam yang dibanderol mulai dari harga Rp 11k hingga Rp 13k per porsi. Warung soto yang tidak membuka cabang ini memang terkenal karena kuah beningnya yang gurih dan segar. Mampir ke sini jangan lupa ya pesan es dawet berwarna merah jambu yang menggoda banget.
Alamat: Jl. Soragan No.13, Cungkuk, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta
Jam buka: 07.30 WIB-habis

13. Soto Daging Sapi Gumyak

14
Photo Source:  streetfoodstories
Masih dari menu soto sapi, kamu bisa menemukan sajian terbaik ini dengan berjelajah sebentar ke kawasan Bantul. Berbeda dengan soto sapi lainnya, dalam semangkuk soto seharga Rp 10k ini berisi irisan daging sapi yang melimpah dan uniknya tersaji dengan potongan daun kemangi. Dijamin deh kamu bakal merasakan sensasi yang berbeda dari tampilan soto kuah bening yang sederhana.
Alamat: Jl. Imogiri Timur KM.9, Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta
Jam buka: 06.00-16.00 WIB

14. Soto Djiancuk

15
Photo Source:  gembulfoodie
Melihat dari namanya saja pasti sudah tahu kalau soto ini berasal dari Jawa Timur. Walaupun begitu, soto ini tetap jadi incaran bagi para penjelajah kota Jogja. Tempatnya sih lebih mirip seperti galeri seni, tetapi soal sajiannya wah seger tenan. Soto daging sapi seharga Rp 12k ini disajikan dalam mangkuk kecil dengan isian yang full. Ada nasi putih, daun bawang, seledri, tauge, irisan daging sapi, tomat, dan telur rebus. Makan soto pakai sate kerang pasti lebih mantap.
Alamat: Jl. PGRI II No.59, Sonopakis Lor, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta
Jam buka: 08.00 WIB-habis

15. Soto Betawi Bang H. Pitung

16
Photo Source:  jogjabikinlaper
Satu lagi yang bukan asli Jogja, tetapi laris manis di Jogja. Yup, seporsi soto betawi paling nikmat ini dibanderol mulai dari harga Rp 7,5k hingga Rp 16k. Isiannya pun super komplet dengan aneka jeroan, irisan daging sapi, tomat, emping, dan telur rebus yang disajikan dengan kuah santan yang gurih. Sobet alias soto betawi ini bisa banget disantap bareng nasi putih atau lontong sesuai selera kamu.
Alamat: Jl. Juminahan No.12, Purwokinanti, Pakualaman, Yogyakarta
Jam buka: 07.00-21.00 WIB