Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Ultimate Guide: 10 Kaki Lima Legendaris Wajib Mampir di Solo

Asteria DitaAsteria Dita
Ultimate Guide: 10 Kaki Lima Legendaris Wajib Mampir di Solo1
thoryc.id
Kalau menyebut kota Solo pasti yang terlintas adalah kota yang damai dengan warganya yang ramah. Siapa pun yang datang ke sini akan dibuat betah karena suasana kotanya yang sangat homey. Semakin nggak mau pulang karena disuguhkan dengan banyak sajian legendaris yang kenikmatannya cuma bisa kamu temukan di sini. Nggak usah panjang lebar lagi deh, yuk langsung kita berjelajah kuliner legendaris sambil keliling kota Solo.
Nah, biar selalu tau makanan enak yang ada di Solo langsung deh download Qraved App sekarang!
2
Photo Source:  jktfoodead
Serabi yang sudah terkenal seantero kota Solo ini memang nggak perlu diragukan lagi cita rasanya. Dibilang makanan legendaris karena sudah ada sejak tahun 1923. Oleh-oleh wajib ini terbuat dari campuran tepung beras dan santan dengan tekstur yang tipis, empuk, dan lembut. Sekotak serabi isi 10 buah dibanderol seharga Rp 27k dengan varian rasa original, cokelat, atau campur keduanya.
Jam buka: 05.00-16.00 WIB
3
Photo Source:  thoryc.id
Selain Jogja, kota Solo juga terkenal dengan kuliner sate kerenya. Selain menu sate tempe gembus yang begitu autentik dan banyak diburu pencinta kuliner, kamu juga tetap bisa kok memesan varian sate lainnya. Ada sate daging, usus, babat, ati, paru, ginjal, dan kikil. Seporsi kelezatan ini dibanderol seharga Rp 35k dan disajikan dengan bumbu kacang serta tak lupa irisan cabai dan bawang merah.
Jam buka: 11.00-21.00 WIB
4
Photo Source:  jogjabikinlaper
Solo dan nasi liwet jadi satu paket yang tak terpisahkan. Sejak tahun 1950, kedai ini memang nggak pernah sepi pengunjung. Seporsi nasi liwet seharga Rp 27k disajikan di atas daun pisang dengan isian nasi, suwiran ayam, sayur labu, ayam, telur, dan areh. Biar semakin nikmat kamu boleh menambahkan lauk pilihan lainnya seperti tempe dan tahu bacem, ceker ayam, kepala ayam, tahu sayur, dan kerupuk.
Jam buka: 16.00-01.00 WIB
5
Photo Source:  rico.a_konin
Belum ke Solo kalau belum mencicipi selat Solo yang segar ini. Makanan berkuah yang terbuat dari daging sapi ini disajikan dengan tambahan telur rebus, buncis, kol, kentang, tomat, selada, timun, wortel, keripik kentang, dan mayones. Pilihan menu yang ditawarkan ada selat bestik, selat lidah, selat galantin kuah saos, dan selat galantin kuah segar. Tiap porsinya dibanderol mulai dari harga Rp 17k hingga Rp 21k. Menu yang terbilang langka ini wajib banget lho kamu cobain.
Jam buka: 08.00-18.00 WIB
6
Photo Source:  sasmitaedo
Satu lagi makanan khas Solo yang nggak boleh dilewatkan adalah timlo. Seporsi timlo komplet seharga Rp 20k ini sudah berisi sosis solo, telur, dan ati ampela. Kuahnya yang bening dan segar cocok banget jadi menu sarapan yang menghangatkan badan. Semakin nikmat jika ditambahkan sambal kecapnya yang khas. Kuliner yang sudah ada sejak tahun 1962 ini wajib banget lho jadi top list kuliner kaki lima yang kamu sambangi di Solo.
Jam buka: 06.00-15.30 WIB
7
Photo Source:  christylandong
Tengkleng Pasar Klewer yang sangat legend ini sudah berjualan sejak tahun 1971 . Saking legendarisnya, walaupun belum buka tetapi sudah banyak yang mengantre, lho. Makanan yang terbuat dari racikan tulang kambing yang dimasak dengan kuah berempah ini disajikan dalam pincuk daun pisang beserta nasi putih hangat. Kisaran harga yang ditawarkan mulai dari Rp 30k hingga Rp 50k bergantung pada jeroan yang kamu pilih. Mantap jiwa!
Jam buka: 12.30-16.00 WIB
8
Photo Source:  carikulinersolo
Main ke Solo jangan lupa sarapan di spot makan ini ya. Ada pilihan menu nasi pecel, nasi tumpang, nasi gudangan, dan nasi trancam. Nggak perlu mahal-mahal kok, cuma dengan Rp 8k seporsi nasi pecel siap kamu santap. Tinggal tambah lauk kesukaan kamu seperti telur, empal. kikil, mendoan, tahu bacem, dan peyek kacang. Murah, kenyang, dan enak tenan!
Jam buka: 07.00-14.00 WIB
9
Photo Source:  bubueataway
Kuliner tengah malamnya Solo nggak jauh-jauh dari menu gudeg. Jangan salah dulu, gudeg yang satu ini selalu ramai dan antre, lho. Yuk langsung pesan seporsi nasi gudeg plus ayam yang hanya dibanderol seharga Rp 20k. Porsinya cukup mengenyangkan dan bisa kamu santap dengan pilihan nasi atau bubur. Satu menu tambahan lagi yang sangat menggoda, apalagi kalau bukan ceker ayam yang super empuk. Wajib coba!
Jam buka: 01.00-07.00 WIB

9. Soto Gading

10
Photo Source:  sasmitaedo
Warung soto legendaris yang sudah hadir sejak tahun 1974 ini banyak banget dicari para pelancong kota Solo. Selain rasanya yang sedap, harga yang ditawarkan juga murah meriah banget. Hanya dengan Rp 10k semangkuk soto ayam siap disantap. Makan dengan tahu goreng, tempe goreng, sosis solo, perkedel, atau sate ayam pasti semakin enak. Rasanya pas di lidah dan tak lupa ada tambahan sambal kecapnya, lho.
Alamat: Jl. Brigjen Sudiarto No.75, Joyosuran, Pasar Kliwon, Surakarta
Jam buka: 06.00-15.00 WIB

10. Es Dawet Telasih Bu Dermi

11
Photo Source:  ecyalodia
Selesai jelajah makanan lezat, saatnya hunting minuman segar nan legendaris. Berada di kawasan Pasar Gedhe Solo, semangkuk es dawet ini selalu ramai antrean. Hanya dengan Rp 9k saja, kesegaran hakiki siap menyerbu tenggorokan kamu. Isiannya pun macem-macem, ada bubur sumsum, ketan hitam, tape ketan, cendol, dan pastinya biji selasih. Semakin menggiurkan karena campuran gula dan santan segar yang memanggil-manggil buat diseruput.
Alamat: Pasar Gedhe Solo, Jl. Ir. Juanda, Gandekan, Jebres, Surakarta
Jam buka: 10.00-16.00 WIB