Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Jejak Nostalgia Rasa di 5 Kedai Kopi Legendaris di Semarang

Happy FerdianHappy Ferdian
kopi legendaris semarang  - Photo 1
jokokopi
Semarang memang tidak memiliki budaya ngopi sekental di Yogyakarta atau Malang. Namun, ibu kota provinsi Jawa Tengah ini juga punya beberapa spot menyeruput kopi yang cukup legendaris. Beberapa di antaranya bahkan telah berdiri sejak bertahun-tahun lalu, sebelum kemunculan deretan coffeeshop kekinian. Masing-masing dari lima coffeeshop berikut menawarkan kekhasan tersendiri yang bakal bikin kamu betah berlama-lama duduk di sini. Untuk informasi kuliner lainnya, pastikan kamu sudah download aplikasi Qraved untuk temukan beragam informasi kuliner menarik lainnya.

Joko Kopi Ungaran

kopi legendaris semarang  - Photo 2
Photo Source:  @jokokopi
Ini merupakan salah satu coffeeshop yang tengah banyak diperbincangkan di Semarang. Bukan hanya karena racikan kopinya yang berkualitas, namun coffeeshop ini juga menawarkan perpaduan yang apik antara suasana modern dan lingkungan hijau yang asri. Berada di ketinggian wilayah Ungaran di selatan Semarang, Joko Kopi memiliki pemandangan lepas ke arah persawahan, perbukitan, dan beberapa rumah penduduk yang asri di selanya. Di sini, single origin coffee adalah yang paling diandalkan, seperri Flores Robusa, Aceh Gayo, Java Mocha, dan Malabar Natural. Masing-masing dapat diolah sesuai selera, mulai dari teknik pour over, plunger, atau bahkan tubruk.

The Blue Lotus Coffee House

kopi legendaris semarang  - Photo 3
Photo Source:  @thestarvingmerrymen
Berlokasi di pusat kota, tepatnya di Jalan Ahmad Yani, membuat The Blue Lotus Coffee House mudah dijangkau dari berbagai penjuru Semarang. Coffeeshop yang telah eksis sejak lebih dari lima tahun lalu ini menyuguhkan nuansa Eropa pada interior, di mana secara unik dipadukan dengan cukup banyak furnitur tradisional, sehingga menampilkan kesan ekletik yang khas. Di sini juga terkenal sebagai peracik kopi paling beragam di Kota Lumpia, termasuk kehadiran coffee maker yang cukup langka, Espresso La Marzocco. Kamu wajib coba salah satu menu andalan di sini, yakni Mandailing Pearberry yang diracik dengan teknik V60, sehingga memicu keluarnya cita rasa asam berpadu dengan sedikit herba dan pedas.

Legend Coffee

kopi legendaris semarang  - Photo 4
Photo Source:  Legend Coffee Semarang
Satu hal yang membuat Legend Coffee unik adalah konsepnya, yang mengusung tema games cafe. Di sini, pengunjung tidak hanya bisa mencicipi nikmatnya 15 menu kopi istimewa, namun juga dapat memanfaatkan beragam permaianan yang tersedia, mulai dari biliar, table soccer, hingga beragam games elektronik, seperti PlayStation 3 dan DingDong. Harga racikan kopi di sini juga cukup terjangkau, apalagi bagi kantong muda-mudi, di mana rata-rata dibanderol tidak lebih dari Rp 20.000 per cangkirnya. Beberapa menu kopi yang paling favorit adalah Kopi Legend, Kopi Hitam, dan Kopi Nusantara (espresso) yang berasal dari berbagai penjuru Indonesia.
kopi legendaris semarang  - Photo 5
Photo Source:  @jendela.coffeebrewers
Mengambil tempat di salah satu lingkungan pemukiman di kawasan Semarang Atas, Jendela Coffee Brewers mengusung konsep dapur ramah. Ini merupakan sebuah gaya casual yang mengedepankan interaksi hangat antara barista dan konsumen. Ruangannya tidak seberapa besar namun mendapat pencahayaan cukup baik dari beberapa jendela besar yang unik. Pilihan biji kopi yang ditawarkan juga sangat beragam, berasal dari berbagai penjuru Indonesia dan dunia, seperti Aceh Gayo, Flores Bajawa, Panama, Ethiopia, dan masih banyak lainnya. Untuk makanannya, coffeeshop ini menawarkan ragam hidangan modern yang populer, seperti Spicy Cheese Hotdog, Japanese Katsu Don, dan Blueberry Toast.
kopi legendaris semarang  - Photo 6
Photo Source:  @kelas.kopi
Coffeeshop yang berlokasi di kawasan Candisari, Semarang ini tidak hanya menawarkan beragam racikan kopi nikmat, namun juga kesempatan bagi pengunjung untuk mempelajari lebih jauh si biji kafein. Ini merupakan kedai kopi yang menyatu dengan Nest.co.lo.gy Land of Gastronomy, sebuah restoran gastronomi molekuler pertama di Semarang. Dengan suguhan suasana modern minimalis, kamu bisa mencicipi beragam racikan kopi nikmat dari seluruh penjuru Nusantara. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, dengan rata-rata Rp 30.000 per cangkirnya. Cukup setimpal dengan cita rasa kopi dan coffee knowledge yang bisa kamu dapatkan di sini.