Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

5 Es Legendaris di Jogja yang Pas Jadi Pelepas Dahagamu

Asteria DitaAsteria Dita
5 Es Legendaris di Jogja yang Pas Jadi Pelepas Dahagamu1
riderkulineran
Lelah berwisata di bawah cuaca yang terik pasti bikin tenggorokan kering banget. Solusinya paling mentok di es teh atau es jeruk. Nah biar nggak cuma rasain yang itu-itu aja, mendingan melipir sejenak ke spot jajan kaki lima di Jogja yang menyuguhkan kesegaran lewat aneka sajian esnya yang unik dan legendaris. Yuk langsung simak ulasannya.
Download Qraved App sekarang biar selalu tau yang nikmat di Jogja!
2
Photo Source:  tastefuljogja
Sejak tahun 70-an, sebuah tenda sederhana di sudut jalan Pakuningratan sudah menghadirkan dua menu combo yang tetap eksis sampai sekarang, yaitu es buah dan bakso PK. Nah, khusus untuk menu es buahnya yang dijual dengan harga Rp 8k per mangkuk lengkap berisi nangka, avokad, kelapa muda, cincau, blewah, sawo, parutan es, dan racikan sirup yang istimewa. Porsinya pun cukup melimpah dan cocok jadi pelepas dahaga saat cuaca lagi panas banget.
Alamat: Jl. Pakuningratan No.76 A, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta
Jam buka: 10.00-17.00 WIB
3
Photo Source:  wiwiwmd
Asam, pedas, dingin, dan segar! Yup, itulah sensasi yang bisa kamu rasakan saat mencicipi menu unik bernama rujak es krim ini. Nah, kabarnya kedai ini adalah yang pertama di Jogja dan sudah ada sejak tahun 1978. Semua bahan buah yang digunakan sama seperti rujak biasa, tetapi penyajiannya dengan diserut dan disiram bumbu rujak plus tak lupa menambahkan topping es krim di atasnya. Harga seporsinya cuma Rp 7k saja, lho!
Alamat: Jl. Harjowinatan, Purwokinanti, Pakualaman, Yogyakarta
Jam buka: 08.00 WIB-habis

3. Es Campur Pak Lantip

4
Photo Source:  riderkulineran
Kalau lagi haus-hausnya sih paling enak minum es dengan sirop yang warnanya cerah. Seperti di kedai es legendaris yang sudah ada sejak tahun 1985 ini, ada menu es buah yang penyajiannya seperti es campur dengan parutan es yang melimpah. Isiannya banyak banget lho, ada cincau, kolang-kaling, avokad, nangka, sawo, tapai, dan melon. Bagian paling the best adalah saat semangkuk es buah seharga Rp 8k ini diberi serutan es lengkap dengan gula jawa/gula putih dan kental manis di atasnya.
Alamat: Jl. Nyai Ahmad Dahlan, Notoprajan, Ngampilan, Yogyakarta (Plaza Ngasem ke Utara)
Jam buka: 10.00-16.00 WIB

4. Es Dawet Pak Slamet

5
Photo Source:  gembulfoodie
Belum ke Jogja namanya kalau belum mencoba es dawet. Minuman manis nan legendaris ini sudah dijual sejak tahun 1982 dan tetap dicintai hingga sekarang. Es yang disajikan dalam mangkuk dan gelas ini menggunakan tipe dawet putih yang diberi campuran gula jawa. Harga yang ditawarkan untuk seteguk kesegaran hakiki ini cuma Rp 2k per porsi. Murah dan nikmat tenan!
Alamat: Jl. Sonosewu No.140, Sonosewu, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta
Jam buka: 10.00-14.00 WIB

5. Es Tape Pak No

6
Photo Source:  jogjafoodrink
Satu lagi sajian unik yang bisa kamu temukan di Jogja. Menu es tape yang dijual di Jalan Kusumanegara ini sudah ada sejak tahun 1969. Kamu bisa menyantap es tape ini dengan atau tanpa tambahan roti, pokoknya sesuai selera kamu deh. Nah, harga yang ditawarkan untuk setiap gelas penuh berisi es tape hanya Rp 4k saja. Kalau es tape roti jadinya cuma Rp 5,5k saja. Masih hemat di kantong kan!
Alamat: Jl. Kusumanegara No.3, Semaki, Umbulharjo, Yogyakarta (depan SMTI)
Jam buka: 09.00-16.30 WIB