Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Kuliner Solo: Nasi Liwet, Selat Solo, Sate Buntel dan Timlo

PitacilyPitacily
Kuliner Solo: Nasi Liwet, Selat Solo, Sate Buntel dan Timlo - Main Photo
mirzammuhammad.wordpress.com
Sebelum hari lebaran nanti kamu pulang ke Solo, biar makin greget dan makin kangen sama masakan khas Solo, mendingan satu minggu terakhir kamu di Jakarta diisi dengan menyantap berbagai masakan khas Solo. Sekalian kamu cari tau deh ada ga restoran di Jakarta yang punya rasa 11 12 dengan yang asli di Solo. Yuk langsung aja.

NASI LIWET

Nasi Liwet, salah satu masakan khas kota Solo terdiri dari nasi gurih yang dimasak dengan kelapa kemudian disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa.) Biasanya yang lebih nikmat lagi, nasi liwet disajikan diatas daun pisang dan memakannya pun menggunakan daun pisang yang dibentuk seperti sendok.
 - inspirasikukeni.blogspot.co.idView All Photos
Photo Source: inspirasikukeni.blogspot.co.id
Tempat pertama di Jakarta dimana kamu bisa menikmati nasi liwet yang rasanya gak jauh kalah sama yang asli di Solo ada di Waroeng Solo di Jl. Madrasah No. 14, Kemang. Selain nasi liwet, ada menu lain khas Solo seperti sosis Solo, selat solo, timlo dan lain-lain. Suasana restoran yang satu ini juga khas Solo banget didominasi dengan kayu-kayu ala rumah jaman dulu.
 - Dapur SoloView All Photos
Photo Source: Dapur Solo
Di tempat kedua ada Dapur Solo. Dengan harga seporsinya 34k, kamu akan mendapatkan sepiring nasi liwet yang disajikan bersama suwiran daging ayam, hati dan ampela ayam, telur pindang, sambal goreng labu, tempe bacem dan kuah opor. Restorannya sendiri pun berkata ini salah satu menu terfavorit di sini.

SELAT SOLO

Selat solo adalah steak-nya wong jowo. Isinya gak jauh dari satu porsi steak mewah di Jakarta yaitu potongan sayur seperti wartel, buncis, ketimun, kentang goreng, selada telur kecap dan tentu aja bahan utamanya, daging. Bedanya, steak khas Jawa ini disajikan dengan kuah semur dan ditambahkan mayonaise homemade yang rasanya dijamin bikin ketagihan.
 - resepmasakan.bizView All Photos
Photo Source: resepmasakan.biz
Kamu bisa menemukan selat solo di Pecel Solo tepatnya di Mal Kota Kasablanka. Dengan harga 42k kamu bisa menikmati masakan khas Solo dengan suasana yang bakal bikin kamu makin rindu sama kota Solo deh.
 - Omah SoloView All Photos
Photo Source: Omah Solo
Di sini selat solonya lebih murah Qravers. Dengan 33k aja kamu bisa menikmati satu porsi selat solo lengkap dengan berbagai potongan-potongan sayur yang lengkap dan rasanya nikmat!

SATE BUNTEL

Ada yang udah pernah makan sate buntel? Sate buntel adalah sejenis sate yang terbuat dari daging kambing cincang yang kemudian dibungkus dengan lemak kambing kemudian dibakar. Bumbunya sama sekali gak ribet, cuma merica dan kecap manis aja.
 - Sate KardjanView All Photos
Photo Source: Sate Kardjan
Sate Kardjan ini emang udah terkanal di dua kota yaitu Jakarta dan Bandung. Ini cocok nih buat kamu yang gemar makan sate, tapi lagi bosen dengan sate biasa kayak sate ayam atau sate kambing. Cobain deh salah satu kuliner khas Solo yang satu ini. Dijamin gak bakal nyesel.

TIMLO

Yang terakhir adalah timlo. Masakan yang satu ini terdiri dari potongan-potongan daging ayam, jeroan ayam seperti ati ampela, potongan-potongan sosis solo, telur ayam pindang dan disajikan dengan kuah yang mirip dengan sop. Rasanya seger dan gurih banget.
 - http://www.justtryandtaste.com/View All Photos
Photo Source: http://www.justtryandtaste.com/
Di Jakarta, kamu bisa menemukannya di Pawon Solo. Satu porsinya 30k aja loh Qravers. Lengkap dengan nasinya. Ada yang udah pernah makan timlo solo di sini? Atau ada restoran lain yang punya timlo solo rasa khas kota Solo?