Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFoodFakta Menarik Tentang Soto Betawi yang Harus Kamu Tahu!

Soto Betawi H. Mamat

http://4.bp.blogspot.com/-rcyfChjhF24/VRbMrdov33I/AAAAAAAAAuY/eeN2rbd00Ag/s1600/DSC_0577.JPG Order Now

Soto Roxy H. Darwasa

https://erwindopratomo.files.wordpress.com/2013/11/20131121-122934.jpg Order Now

Soto Betawi Ratu Plaza

Order Now

Kafe Betawi

http://helenysm.com/admin/wp-content/uploads/2015/01/KB03-copy.jpg Order Now

Fakta Menarik Tentang Soto Betawi yang Harus Kamu Tahu!

Kevin IrwanKevin Irwan
Soto Betawi, salah satu menu favorit orang Indonesia. Untuk makan siang, makan malam, lagi musim hujan, kayaknya dalam kondisi apapun, makanan khas Jakarta ini selalu diburu! Nah tapi sebelum memburu soto Betawi yang enak, kamu harus tau juga dong fakta-fakta tentan menu yang satu ini! Simak ya beberapa fakta menarik tentang soto berikut ini!

1. Awal Mula Soto Betawi

Memang yang namanya soto Betawi jelas merupakan kuliner ciri khas warga Betawi. Namun ternyata hanya ada satu sosok yang menggunakan dan mempopulerkan istilah 'soto Betawi', yaitu seorang penjual soto bernama Lie Boen Po. Namun akhirnya istilah soto Betawi terus digunakan untuk jenis soto yang memang populer di kawasan Jakarta ini. Sayang, kedai soto milik bapak Lie Boen Po sudah lama hilang dari peradaban.

2. Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Soto Betawi

Buat kalian yang sangat memperhitungkan kandungan gizi, jumlah kalori, lemak, dan berbagai kandungan lainnya dari makanan, silakan dibaca fakta-fakta berikut ini!

Jumlah Kandungan Energi Soto Betawi = 135 kkal
Jumlah Kandungan Protein Soto Betawi = 2,5 gr
Jumlah Kandungan Lemak Soto Betawi = 8,8 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Soto Betawi = 11,5 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Soto Betawi = 222 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Soto Betawi = 72 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Soto Betawi = 1,9 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Soto Betawi = 21 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Soto Betawi = 0,04 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Soto Betawi = 0 mg

Data-data diatas didapat dari berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

3. Jeroan Merupakan Bagian Penting!

"Soto satu bang! Daging aja!" Nah, pasti banyak dari kalian yang sering menggunakan kalimat tersebut ketika memesan soto Betawi. Tapi sebenarnya, resep soto Betawi yang asli justru menggunakan daging, dan juga jeroan seperti babat, usus, dan lain-lain. Jeroan mempunyai fungsi sebagai pembeda tekstur dalam makanan soto Betawi, jadi kalian gak bosen dengan tekstur daging yang gitu-gitu aja!

4. Santan vs. Susu

Semua pasti udah tau kalo santan merupakan bagian yang sangat penting dari soto Betawi. Namun demi mengurangi efek kurang sehat dari santan, sekarang ada juga loh cara masak soto yang menggunakan santan ketimbang susu. Untuk rasa sendiri sebenernya gak beda juah, tapi tetep ada bedanya! Soto susu sedikit lebih ringan, rasa gurih yang dihasilkan susu memang sama kuatnya dengan santan, tapi rasanya gak seberat santan. Jadi soto Betawi susu cocok banget nih buat kamu yang pengen lebih sehat!

5. Soto Betawi vs. Soto Tangkar vs. Sop Kambing

Nah ketiga makanan ini semuanya berasal dari Jakarta, rasanya juga sebenarnya agak mirip. Hal ini disebabkan oleh bumbu-bumbunya yang memang nyaris serupa. Tapi bedanya, kalau sop kambing ya menggunakan daging kambing (soto Betawi kan menggunakan sapi), dan juga ada penambahan minyak samin. Sementara soto tangkar, secara keseluruhan rasanya memang mirip dengan soto Betawi, tapi kuahnya cenderung berwana merah dan juga menggunakan gula merah, udang kering, dan terasi pada kuahnya.
Nah udah tau fakta-fakta tentang soto Betawi kan! Sekarang saatnya kamu nyobain lima soto Betawi paling enak! Pas banget kan ni, udah mau masuk musim hujan, makan yang kuah-kuah! Juara banget!
Salah satu soto Betawi paling legendaris di Jabodetabek. Semu orang udah tau banget deh betapa enaknya soto yang berlokasi di kawasan Serpong ini. Kuah santan yang gurih banget, dagin yang royal, ditambah menu oseng-oseng dagingnya yang pas banget buat temen soto kamu!
Soto yang satu ini dikenal banget buat kalian yang lagi laper! Porsinya memuaskan banget! Selain kuantitas yang oke, kualitasnya juga gak kalah! Dagingnya royal dan selalu empuk, kuah yang kaya rasa, ditambah emping, tambahin sambel (buat yang suka pedes), wah juara banget!
Ini juga salah satu soto Betawi paling legendaris di Jakarta. Soto ditempat ini dilengkapi dengan paru, babat, daging, serta lidah sapi, yang sebelumnya sudah digoreng dulu, jadi rasanya garing-garing gitu! Asli ya, tempat ini legendaris banget, biarpun dari dulu sederhana aja, tapi tempat ini selalu penuh banget dari dulu!
 - Soto Betawi Ratu PlazaView All Photos
Photo Source: Soto Betawi Ratu Plaza
Soto yang terletak di Grand Indonesia ini udah sangat dikenal! Wajar si, emang rasanya enak banget! Secara penampilan, soto ini keliatannya jauh lebih meriah dibanding kebanyakan soto Betawi lainnya. Kuah berwarna coklat muda dilengkapi dengan tomat, kentang, irisan daging dengan jumlah yang sangat banyak, ditambah lagi dengan acar, jeruk limau, kecap, sambal dan emping. Lengkap banget ga si! Enak banget!
Biarpun berlokasi di mall, dengan cabang yang tersebar dimana-mana, soto betawi di restoran yang satu ini gak pernah keilangan kualitasnya! Kamu pasti kenyang deh dengan seporsi soto Betawi plus nasi disini, gak cuman gede mangkoknya doang, isinya juga full! Kuahnya juga gurih banget, gak kebanyakan santen, bumbunya tapi berasa banget!
Qraved | Life is Tasty