Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

8 Jajanan Khas Bandung yang Selalu Diburu di Jakarta

Karina MarpaungKarina Marpaung
8 Jajanan Khas Bandung yang Selalu Diburu di Jakarta1
8 Jajanan Khas Bandung yang Selalu Diburu di Jakarta
Indonesia sangat kaya akan beragam makanan nikmat. Masing-masing wilayah pasti menyimpan macam-macam kuliner khas yang patut untuk dicoba. Dari sekian banyak daerah yang terhampar dari Sabang sampai Merauke, Bandung menjadi salah satu surga kuliner lezat yang harus dijelajahi. Kamu tidak harus meluncur ke Bandung guna merasakan ragam kuliner istimewa tersebut karena di Jakarta pun kamu dapat menemukan kuliner khas Kota Kembang yang memiliki cita rasa autentik.
Warunk Upnormal 8 Jajanan Khas Bandung yang Selalu Diburu di Jakarta2View All Photos
Photo Source:  Warunk Upnormal
Cireng merupakan singkatan dari "aci digoreng". Makanan ringan berbahan dasar tepung kanji ini memang termasyhur di wilayah asalnya dan merambah ke dunia kuliner ibukota. Warunk Upnormal adalah salah satu tempat yang menyajikan Cireng di Jakarta, jadi kamu tak perlu jauh-jauh berkelana ke Kota Kembang demi menikmati gorengan nikmat ini. 
Brotagor 8 Jajanan Khas Bandung yang Selalu Diburu di Jakarta3View All Photos
Photo Source:  Brotagor
Masih berbicara tentang gorengan khas Bandung, Batagor juga merupakan jajanan yang selalu diburu oleh pecinta kuliner. Untungnya, di Jakarta sudah banyak kedai yang menjual Batagor enak, salah satunya adalah BroTagor. Selain Batagor versi original, kamu pun dapat menjumpai ragam kreasi Batagor unik yang berisi keju, daging sapi, dan ayam.
Dapur Solo 8 Jajanan Khas Bandung yang Selalu Diburu di Jakarta4View All Photos
Photo Source:  Dapur Solo
Gorengan lain yang cukup tenar di kalangan masyarakat Bandung adalah Combro (singkatan dari oncom di jero, artinya "oncom di dalam") dan Misro (singkatan dari amis di jero, artinya "manis di dalam"). Biarpun sekilas nampak seperti anak kembar, sesungguhnya Combro dan Misro memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Combro berisi oncom pedas dan Misro berisi gula merah. Jika kamu hendak berburu gorengan nikmat ini di wilayah Jakarta, singgahlah di Dapur Solo karena sajian Combro dan Misro yang dihidangkan di sini sungguh menggugah selera.
Waroeng SS 8 Jajanan Khas Bandung yang Selalu Diburu di Jakarta5View All Photos
Photo Source:  Waroeng SS
Tidak hanya gorengan, kuliner khas Bandung juga diwarnai dengan keberadaan Karedok yang berbahan utama sayur-sayuran. Jika kamu sedang menghindari konsumsi gorengan namun tetap ingin merasakan kelezatan jajanan asal Bandung, Karedok buatan Waroeng SS dapat kamu jadikan alternatif yang tepat.
Seblak Jeletet Murni 8 Jajanan Khas Bandung yang Selalu Diburu di Jakarta6View All Photos
Photo Source:  @gagaldiett
Para pecinta makanan pedas tentu tak mau melewatkan sajian menggigit lidah khas Bandung bernama Seblak. Selain di kota asalnya, Seblak juga mulai terkenal di ibukota, apalagi setelah kehadiran kedai Seblak Jeletet Murni di kawasan Gunung Sahari. Untuk sensasi pedas yang lebih "nendang", cobalah tingkat kepedasan tertinggi atau level 5. Hanya dengan satu suapan, mukamu seketika akan berubah menjadi merah padam dan lidahmu akan serasa terbakar!
Soerabi Enhaii Bandung 8 Jajanan Khas Bandung yang Selalu Diburu di Jakarta7View All Photos
Photo Source:  @mario_lando
Surabi atau yang lebih dikenal dengan nama serabi juga merupakan salah satu kuliner terkenal asal Kota Kembang. Di Jakarta, telah tersedia kedai penyaji surabi khas Bandung bernama Soerabi Enhaii. Surabi bautan Soerabi Enhaii sudah tidak perlu lagi diragukan kelezatannya karena dibuat dari bahan-bahan pilihan dan topping kekinian yang dapat membuat selera makanmu kian bertambah.
Omah Sendok Restoran 8 Jajanan Khas Bandung yang Selalu Diburu di Jakarta8View All Photos
Photo Source:  @ditasoedaily
Nama jajanan khas Bandung seringkali dibentuk dari singkatan yang unik, seperti Colenak yang merupakan singkatan dari "dicocol enak". Colenak sendiri sebenarnya adalah tape bakar yang disajikan dengan kelapa serut dan saus gula jawa. Untuk mendapatkannya, tak perlu menempuh perjalanan selama berjam-jam hingga sampai ke Bandung karena Colenak dapat kamu peroleh di berbagai tempat makan di Jakarta, seperti Omah Sendok yang terletak di kawasan Senopati.
Riung Sunda 8 Jajanan Khas Bandung yang Selalu Diburu di Jakarta9View All Photos
Photo Source:  @harboot
Siapa yang tak kenal dengan panganan bernama siomay? Walaupun namanya diadaptasi dari bahasa Mandarin, siomay dikenal sebagai makanan khas Bandung yang selalu digemari oleh masyarakat di segala wilayah, termasuk Jakarta. Jika kamu ingin merasakan Siomay Bandung di ibukota, langkahkan kakimu untuk mengunjungi restoran Riung Sunda. 
Mie Kocok Bandung 8 Jajanan Khas Bandung yang Selalu Diburu di Jakarta10View All Photos
Photo Source:  @thefoodshunter
Hingga penghujung zaman, rasanya mie tak akan pernah kehilangan penggemar. Makanan panjang bertekstur kenyal ini memang memiliki kenikmatan tersendiri yang tak bisa dilupakan oleh siapapun. Dari sekian banyak jenis mie yang ada, terdapat Mie Kocok khas Bandung yang harus kamu coba. Kamu dapat mengunjungi kedai Mie Kocok Bandung Akang di kawasan Tebet untuk merasakan cita rasa autentik mie asal Kota Kembang ini.