Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

7 Masakan Khas Pontianak yang Bisa Kamu Rasakan di Jakarta!

Kevin IrwanKevin Irwan
7 Masakan Khas Pontianak yang Bisa Kamu Rasakan di Jakarta!  - Main Photo
7 Masakan Khas Pontianak yang Bisa Kamu Rasakan di Jakarta!
Makanan khas Pontianak di Jakarta mungkin masih kalah pamor dibanding makanan khas daerah Indonesia lainnya seperti Sunda, Padang, dan masih banyak lagi. Namun siapa bilang kalau makanan khas Pontianak kalah enak dibanding makanan khas daerah lainnya! Mulai dari nasi campur (non-halal), kepiting asap, hingga pisang goreng yang krenyes-krenyes garing, wah menggoda banget deh! Berikut 7 makanan khas Pontianak yang harus kamu coba di Jakarta!
 - tripadvisorView All Photos
Photo Source: tripadvisor
Menu pertama adalah salah satu favorit warga Pontianak (yang mengkonsumsi daging non-Halal yaa). Nasi diberi topping daging ayam, daging babi merah yang empuk, gohyong, daging babi panggang yang kenyal, dengan sensasi garing, dan juga telur. Dilengkapi dengan saus bening yang agak asin. Seru banget kan? Nah kalo kamu pengen coba nasi campur yang autentik, cobain deh di rumah makan yang satu ini. Rumah makannya emang sederhana aja, tapi rasanya.. JUARA!
 - View All Photos
Photo Source: 
Bakmi kepiting sendiri udah mulai banyak bisa ditemukan di Jakarta, tapi kalo kamu pengen coba yang istimewa, coba deh meluncur ke kedai yang berlokasi di kawasan Mangga Dua ini. Super enak! Kepitingnya manis, fish cake-nya kenyal-kenyal gurih, bakso ikannya juga enak banget, dan ditambah juga dengan pangsit goreng yang garing banget!
 - @choipanbengkuangView All Photos
Photo Source: @choipanbengkuang
Salah satu cemilan paling favorit dari Pontianak! Menu yang satau ini punya kombinasi rasa yang lengkap, manis, asin, gurih, hingga pedas! Tekstur kulit yang kenyal, dengan isi yang terbuat dari bengkuang dan udang yang agak manis dan gurih, taburan bawang putih cincang, wah enak banget! Apalagi jika ditambahin denga sambelnya yang manis pedas, pengen kan? Coba deh meluncur ke Pantai Indah Kapuk, kamu bisa ngedapetin Choi Pan yang rasanya autentik khas Pontianak banget!
 - Kwetiau Sapi Pontianak 555View All Photos
Photo Source: Kwetiau Sapi Pontianak 555
Salah satu menu paling populer yang berasal dari Pontianak adalah kwetiau sapi! Kwetiau yang kenyal, ditumis bareng daging, babat, tauge, dan telur! Wah super enak! Aromanya yang wangi banget dijamin akan menggoda semua orang deh! Kalo kamu lagi pengen makan yang anget-anget, ada juga loh varian kwetiau sapi siram yang gak kalah enak! Di kedai yang berlokasi di kawasan Pondok Indah ini, kamu bisa ngedapetin kwetiau sapi yang super enak! Dari pertama duduk, kamu akan langsung digoda dengan aroma super yang menjadi ciri khas makanan ini. Bener-bener bikin laper!
 - Mie Kung FuView All Photos
Photo Source: Mie Kung Fu
Mungkin banyak yang belom sadar kalo restoran bakmi yang sedang trending ini menyajikan menu khas Pontianak. Padahal, bakmi yang mereka sajikan emang khas banget dari Kalimantan Barat! Bakmi keriting disini gurih dan teskturnya kenyal, dengan topping pilihan daging ayam atau babi yang super royal dan juga enak banget!
 - faktajabarView All Photos
Photo Source: faktajabar
Salah satu jenis makanan yang juga populer di Pontianak adalah seafood! Nah ada satu menu khas Pontianak banget, yaitu kepiting asap! Kepiting ini cara memasaknya cukup unik loh, jadi kepiting diberi berbagai bumbu rempah, kemudian dibungkus alumunium foil, kemudian dibakar. Kepiting yang dimasak dalam alumunium foil menghasilkan rasa dan aroma yang unik banget, jadi semua bumbu rempah tadi bener-bener ngeresep banget deh!

Kalo kamu pengen ngerasain kepiting asap yang enak banget, restoran Rasane adalah jawabannya! Restoran yang memiliki beberapa cabang di Jakarta ini menyajikan kepiting asap yang super duper enak!
 - blog.xuiteView All Photos
Photo Source: blog.xuite
Menu yang satu ini adalah andalan warga Pontianak buat urusan cemilan atau hidangan penutup. Pisang yang dipotong melebar, digoreng menggunakan adonan tepung dan menghasilkan tekstur yang luar biasa garing! Pisang yang manis cocok banget dengan adonan tepung yang sedikit gurih dan menghasilkan rasa yang seimbang banget! Coba deh kamu meluncur ke kedai yang berlokasi di Pluit ini, pisang yang super garing cocok banget deh buat cemilan sore-sore kamu!