Qraved
Makan enak! Ingat Qraved
Kuliner apapun yang kamu cari ada di Qraved! Download sekarang!
Sign In

Search

Bisa order
Go Food lho
sekarang!
Klik Order Now
di artikel ini untuk
pesan makananmu

7 Makanan Untuk Memeriahkan Tahun Baru Imlek

January 25, 2016 09:58
7 Makanan Untuk Memeriahkan Tahun Baru Imlek
Gong Xi Gong Xi, gak terasa dikit lagi udah Tahun Baru Cina alias Imlek lagi. Perayaan yang satu ini emang identik banget dengan yang namanya makan besar. Bukan rahasia lagi kalo hari raya Imlek dihabiskan dengan makan-makan bareng keluarga. Namanya Imlek, rasanya gak pas kalo belom makan menu-menu khas Tiongkok, berikut adalah 7 menu yang harus kamu rasakan pada hari raya Imlek tahun ini.
Photo source: lapor
Penyajian ikan utuh menjadi salah satu bagian dari tradisi Imlek yang gak boleh terlewatkan. Ikan utuh dipercaya dapat meningkatkan surplus keuangan, sebab ikan melambangkan kegesitan dan prospek yang cerah dalam masalah finansial. Nah, salah satu menu ikan utuh yang paling seru dalam kuliner Tiongkok adalah ikan tim. Ikan yang di tim (kukus) bisa mengeluarkan rasa natural dari ikan. Cobain deh ikan kerapu Tim di Jemahdi, kesegaran ikannya bener-bener juara! Gak amis sama sekali.
Photo source: niyaoke
Udah pengetahuan umum kalau mie mempunyai banyak filosofi dalam kultur Tiongkok. Mulai dari umur panjang, hingga kekayaan yang tak pernah putus. Wajar aja kalau menu mie goreng merupakan salah satu menu wajib saat hari raya Imlek. Salah satu mie goreng ala Tiongkok paling enak di Jakarta bisa kamu temuin di restoran Jun Njan. Mie gorengnya gak berminyak, dan dipenuhi berbagai toping seperti ayam atau sea food yang royal banget!
Photo source:
Lumpia yang digoreng hingga berwarna keemasan ternyata juga punya filosofi tersendiri loh dalam kultur Tionkok. Bentuk lumpia goreng yang menyerupai emas batangan dipercaya dapat mendatangkan rejeki dan juga menyimbolkan kekuatan diri. Tauge yang biasa kita temui dalam lumpia juga melambangkan kesurburan dan kemakmuran. Mau ngerasain lumpia goreng yang super enak? Harus banget ni dateng ke restoran Lumpia Jakarta yang berlokasi di kawasan Pecenongan. Lumpia disini istimewa banget, gak berminyak, isinya juga penuh banget, dan bumbu kacangnya istimewa banget! Gak terlalu kental, gak cair, dan gurih banget!
Photo source: area
Bebek yang disajikan secara utuh mempunyai suatu filosofi yang keren loh! Bebek utuh yang dipotong saat suatu perayaan melambangkan kekompakan dan keutuhan keluarga. Maka gak heran kalo menu ini penting banget buat perayaan Imlek, karena tentu saja Imlek memang satu hari raya yang harus banget dirayakan bersama seluruh keluarga kamu. Urusan bebek, juaranya tentu saja The Duck King, dari namanya aja udah cukup menjelaskan bukan? Rajanya bebek!
Photo source:
Bebek punya filosofinya sendiri, begitu juga dengan babi. Kalau bebek melambangkan kebersamaan, babi justru melambangkan sifat malas dan gak kenal kata usaha. Nah dengan mengkonsumsi daging babi saat Imlek, dipercaya (dan diharapkan) dapat menjauhkan seseorang dari sifat malas. Satu menu babi yang harus kamu coba pada hari raya Imlek ini ada di restoran Paradise Inn. Sweet and sour pork disini luar biasa enak, tekstur luarnya garing, dagingnya lembut, dan berpadu pas dengan saus asam manis yang seger banget.
Photo source: gastrolust
Xiao Long Bao atau berbagai macam dumpling khas Tiongkok lainnya juga merupakan salah satu menu wajib disaat Imlek. Filosofinya adalah, dumpling yang diibaratkan sebagai kantung uang bisa membawa banyak rejeki bagi mereka yang memakannya, jadi semakin banyak dumpling yang kamu makan, semakin banyak juga rejeki yang akan kamu dapat. Salah satu jenis dumpling yang paling dikenal adalah xiao long bao, hidangan yang satu ini bisa kamu rasain di restoran Din Tai Fung. Kelezatan xiao long bao disini bisa bikin lupa diri deh, untungnya semakin banyak kamu makan, semakin banyak juga rejeki yang bakal kamu terima!
Photo source: soyavsfood
Hari raya Imlek juga dikenal identik dengan buah jeruk. Selain makan buahnya sendiri, menu makanan yang mengandung jeruk juga merupakan salah satu hidangan yang gak boleh terlewatkan pada saat Imlek. Orange chicken atau ayam goreng saus jeruk tentu saja merupakan salah satu menu khas Tiongkok paling terkenal yang mengandung jeruk. Ayam yang digoreng hingga garing berpadu pas dengan saus jeruk yang asam manis. Untuk ngerasain orange chicken yang juara, cobain deh meluncur ke RoCa Restaurant yang berlokasi Artotel. Dijamin nagih!