Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFoodDo It Like Chef: 5 Cara Mengolah Keju ala Chef Internasional

Do It Like Chef: 5 Cara Mengolah Keju ala Chef Internasional

Ria IsnaeniRia Isnaeni
Selain banyak digemari, keju juga sangat mudah untuk kita dapatkan di supermarket-supermarket yang tersebar di Jakarta. Buat kamu yang hobi memasak, berikut adalah ulasan 5 menu makanan dengan keju ala chef internasional.

1. Spinach And Gruyere Cheese Strata

Chef: Bobby Flay
5 Makanan Dengan Keju Ala Chef Internasional - today
Photo Source: today
Strata adalah hidangan puding roti yang biasa disajikan untuk santapan saat sarapan atau brunch. Makanan yang satu ini memang sangat mudah penyajiannya, selain itu juga strata biasa disajikan dengan porsi yang besar dan sangat cocok menjadi santapan untuk acara-acara tertentu dengan keluarga atau pun orang-orang terdekat.
Bobby Flay salah satu international chef yang juga sering muncul di banyak acara televisi ini membuat hidangan strata dengan bayam dan juga keju gruyere. Keju gruyere adalah salah satu jenis keju yang berasal dari Swiss dengan tekstur yang keras. Spinach and Gruyera Chesse Strata yang dibuat oleh Bobby Flay ini cukup mudah penyajiannya, dan sangat cocok untuk kamu yang vegetarian, pasalnya bahan-bahan yang digunakan banyak menggunakan sayur-sayuran.

2. Cauliflower Cheese

Chef: Jamie Oliver
5 Makanan Dengan Keju Ala Chef Internasional - jamieoliver
Photo Source: jamieoliver
Cauliflower atau yang biasa kita sebut dnegan bunga kol ini merupakan salah satu jenis sayuran yang juga banyak digunakan sebagai bahan baku tambahan dalam suatu sajian hidangan.
Siapa yang menyangka, ternyata bunga kol yang biasa digunakan sebagai bahan tambahan pada sajian makanan ternyata berhasil disulap menjadi suatu hidangan utama oleh celebrity chef ternama yaitu Jamie Oliver. Jamie yang merupakan juru masak terkenal ini berhasil membuat sajian yang istimewa dari bunga kol yaitu Cauliflower Cheese. Dengan menggunakan keju cheddar dan bunga kol yang fresh, Jamie yang akrab dipanggil ini membuat sebuah hidangan yang menjadi favorit bagi ia sendiri dan juga keluarganya. Di menu favoritnya ini, Jamie juga menyarankan untuk mencobanya dengan jenis keju lainnya sesuai dengan selera masing-masing.

3. Savarin Cheese Cake

Chef: Phil Howard
5 Makanan Dengan Keju Ala Chef Internasional - inpursuitoffood
Photo Source: inpursuitoffood
Tekstur yang lembut dan rasa keju yang sangat kuat dari setiap gigitannya dan rasa keju yang kuat membuat kue ini sangat banyak digemari oleh banyak orang. Banyak banget toko kue yang menjual kue yang satu ini dan menjadi pilihan wajib bagi setiap toko untuk menyajikan cheese cake. Kue yang satu ini juga cocok banget untuk disajikan dengan kopi hangat untuk santai di rumah atau di cafe bareng temen-temen kamu.
Phil Howard yang merupakan Michellin Chef ini memiliki resep cheese cakenya tersendiri yang terbuat dari krim keju brillat savarin, yaitu keju yang berasal dari Perancis yang namanya diambil dari penemunya yaitu seorang ahli kuliner di abad ke-18. Howard juga menambahkan bubuk kopi yang sudah dihancurkan bersama dengan gula, tepung terigu, dan juga kacang almon pada cheese cake buatannya sebagai dasar dari kue ini. Tekstur yang dihasilkan sangat lembut, dan tentunya rasa keju yang dihasilkan dari cheese cake ini pastinya kuat banget.

4. Cheese Souffle

Chef: Raymond Blanc
5 Makanan Dengan Keju Ala Chef Internasional - sainsburysmagazine
Photo Source: sainsburysmagazine
Souffle adalah makanan penutup yang terbuat dari telur dan dimasak dengan cara dipanggang. Souffle memiliki tekstur yang lembut dan mengembang pada saat baru saja matang. Makanan yang satu biasa disajikan langsung pada saat baru saja matang. Souffle biasa disajikan dengan dengan tambahan saus cokelat atau dengan es krim sebagai topping nya. Makanan yang satu ini sangat populer di negara-negara Eropa sebagai makanan penutup.
Proses pembuatan souffle memang membutuhkan keterampilan yang khusus dan juga ketepatan waktu pada saat proses pemanggangan nya. Raymond Blanc salah juru masak internasional ini memiliki resep souffle yang menggunakan keju roquefort sebagai bahan dasar dari souffle yang ia buat. Pada pembuatannya, Raymond menggunakan air lemon pada saat pembuatan adonannya. Hal tersebut dilakukan oleh Raymond agar bahan-bahan yang terdapat di dalamnya dapat menyatu dengan keju roquefort dengan sempurna.

5. Classic White Sauce with Cheese

Chef: Gordon Ramsay
5 Makanan Dengan Keju Ala Chef Internasional - thespruceeats
Photo Source: thespruceeats
Saus putih biasa dikenal dengan nama béchamel yang berasal dari bahasa Perancis. Saus yang satu ini merupakan saus sederhana yang serba guna dan dapat dipadukan dengan berbagai hidangan seperti pada ayam dan sayuran. White sauce yang juga menjadi resep dasar bagi para juru masak ternyata memiliki tingkat kesulitan yang cukup rumit dalam proses pembuatannya.
Gordon Ramsay seorang juru masak ternama di dunia yang juga dikenal sebagai juri pada acara kontes memasak di televisi ini memiliki tips tersendiri dalam pembuatan white sauce tersebut. Ramsay juga menambahkan keju pada white sauce yang ia buat untuk memperkuat cita rasa dari saus yang ia buat ini. Pada video yang diunggahnya ini, Ramsay menambahkan bubuk pala untuk menghasilkan cita rasa yang lebih kuat. Ramsay juga menambahkan keju cheddar pada saus buatannya ini sebagai salah satu pelengkap.
Qraved | Life is Tasty