Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

5 Rahasia Cara Memasak Daging Supaya Empuk

Judithya PitanaJudithya Pitana
Bagi sebagian orang yang hanya makan daging 1 minggu sekali atau bahkan 2 minggu sekali, memasak daging harus benar-benar sempurna. Kamu pasti tidak mau ketika memasak daging sapi yang sudah menghabiskan 2-3 jam di dalam dapur, ternyata dagingnya alot, keras dan malah membuat gigi sakit. Untuk itu, cara memasak daging biar empuk adalah kunci makan daging yang berakhir nikmat. Daging, khususnya daging sapi mempunyai kandungan serat yang cukup banyak. Coba jika Qravians perhatikan, warna merah dan sedikit putih yang ada daging sapi akan sangat keras dipotong jika pisau kamu tidak benar-benar tajam. Nah untuk kamu yang ingin makan daging secara sempurna, tidak hanya rasa, tetapi juga tekstur daging. Simak tips dari kami, cara memasak daging biar empuk berikut ini. (Penulis.id)

1. Potong Daging Dahulu dengan Benar

Kesalahan mendasar pertama ketika daging sapi kamu terasa alot walaupun sudah direbus berjam-jam adalah cara potong daging kamu tidak benar. Bahkan, daging impor sekalipun jika kamu salah potong, dagingnya juga tetap alot. Memotong daging yang benar adalah berlawanan dengan serat daging. Jika Qravians perhatikan, serat daging akan mempunyai alur yang sama. Nah ketika kamu sudah menemukan alur serat daging, langsung potong melintang memotong serat tersebut. Setelah dipotong, kamu bisa merebus kembali agar daging benar-benar empuk sempurna.

2. Gunakan Daun Pepaya

Daun Pepaya Rahasia Masak Daging Empuk - Wikimedia.org
Photo Source: Wikimedia.org
Cara kedua adalah gunakan daun pepaya. Daun pepaya ternyata mempunyai kandungan enzim papain yang berguna untuk mengempukkan daging. Jadi siapkan dahulu beberapa helai daun pepaya, kemudian remas-remas hingga keluar getahnya. Nah setelah itu gunakan remasan pepaya untuk membungkus daging. Diamkan selama kurang lebih 30-40 menit. Setelah itu cuci bersih daging. Di beberapa supermarket kamu bisa membeli getah daun pepaya juga. Jadi kamu tidak perlu lagi ribet mencari daun pepaya dan memerasnya.

3. Gunakan Parutan Nanas

Parutan Nanas Rahasia Masak Daging Empuk - @taylajenkinson
Photo Source: @taylajenkinson
Selanjutnya gunakan parutan nanas. Sama seperti daun pepaya, ternyata di dalam nanas terdapat enzim bromelin yang fungsinya hampir mirip dengan enzim papain. Nantinya enzim bromelin akan mengurai serat-serat daging, jadi ketika dimasak akan lebih empuk. Pertama siapkan 1 atau 2 buah nanas muda, kemudian parut sampai halus. Lalu campurkan dan aduk bersama dengan daging. Diamkan sekitar 45-50 menit kemudian bilas sampai bersih dengan air mengalir.

4. Gunakan Kulit Pisang

Kulit Pisang Rahasia Masak Daging Empuk - an.tv
Photo Source: an.tv
Kulit pisang ternyata juga berguna untuk mengempukkan daging lho. Cara memasak daging biar empuk selanjutnya adalah dengan menggunakan kulit pisang. Caranya gampang Qravians, cukup balut daging dengan kulit pisang kemudian masukkan ke dalam pemanggangan atau oven. Tunggu sekitar 15 menit dan kamu akan mempunyai daging sapi yang empuk!

5. Pukul Daging!

Pukul Daging Rahasia Masak Daging Empuk - @khallio/
Photo Source: @khallio/
Cara lama dan masih bisa kamu lakukan untuk membuat daging lebih empuk, yaitu pukul-pukul daging. Memukul daging ini akan membuat serat-serat di dalam daging putus, sehingga ketika dimasak nantinya akan lebih empuk. Kamu bisa menggunakan uleg atau alat pemukul daging yang dijual di pasar. Itulah cara memasak daging biar empuk yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Jangan terlalu terburu-buru ya ketika memasak daging. Tekstur dan keempukkan daging juga akan mempengaruhi hasil masakan daging kamu.