Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

5 Menu Sahur Hemat dan Praktis untuk Anak Kosan

Kidosm Kidosm
5 Menu Sahur Hemat dan Praktis untuk Anak Kosan1
resepmasakandapurarie.com
Keterbatasan alat dan bahan memasak bukan jadi penghalang untuk bangun sahur bagi anak kos. Bahkan dengan minimnya bahan untuk memasak, anak kos juga bisa, lho membuat menu praktis yang nggak cuma hemat waktu tapi juga hemat biaya! Bahan-bahan yang diperlukan juga gampang banget ditemukan di warung dan toko kelontong rumahan. Penasaran?
Sebelum rencanakan membuat sahur hemat dan praktis, pastikan kamu sudah download aplikasi Qraved untuk dapetin informasi seputar makanan untuk sahur dan berbuka yang menarik lainnya di Jakarta.

Omelet Mie

2
Photo Source:  scoopempire.com
Sebagian besar orang pasti sudah pernah mencoba membuat Omelet Mie. Ya, makanan yang menggunakan bahan dasar mie instan goreng dan telur ini gampang banget dan nggak membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya. Kamu hanya perlu mencampur mie instan goreng yang sudah direbus dan ditiriskan, dengan telur yang sudah dikocok bersama dengan tambahan bumbu mie instan ke dalam satu wadah.
Setelah sudah menyelimuti seluruh bagian mie, kamu bisa langsung menggorengnya dengan minyak secukupnya. Jangan lupa tambahkan sosis dan daun bawang agar terasa lebih enak, ya!

Spaghetti Bolognese

3
Photo Source:  resepmasakandapurarie.com
Siapa bilang Spaghetti Bolognese itu sulit dan mahal untuk dibuat? Coba deh resep dari Qraved berikut! Kamu hanya perlu membeli Spaghetti kemasan yang harganya nggak lebih dari Rp 7 ribu rupiah di minimarket terdekat. Dengan harga segitu, kamu sudah bisa menikmati seporsi Spaghetti Bolognese sudah termasuk saus dan cacahan daging di dalamnya.
Sama seperti membuat mie instan, kamu hanya perlu merebus pastanya dengan air yang sudah mendidih selama kurang lebih 5 - 10 menit, hingga tekstur pastanya sudah kenyal. Setelah itu tiriskan. Campur saus ke dalamnya, aduh rata. Kalau pengin yang lebih lengkap, kamu bisa tambahkan parutan keju cheddar di atasnya, kok.

Ikan Sarden dan Makarel Kalengan

4
Photo Source:  resepkoki.id
Memasak Sarden atau Makarel kalengan juga sangat mudah dilakukan. Kandungan energi, protein, lipid atau lemak, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium dan seng dalam ikan Sarden bermanfaat sebagai sumber protein dan antioksidan yang baik untuk melindungi kesehatanmu selama berpuasa. Tak lupa, kandungan Omega 3 juga terdapat dalam ikan Sarden yang dapat menjaga kesehatan jantungmu, lho!
Cara memasaknya pun terbilang praktis. Langkah pertama, kamu cukup menumis bawang putih dan cabai dengan minyak secukupnya. Kalau dirasa sudah wangi dan masak, pastikan kamu juga menambahkan bawang bombay dan jahe agar lebih terasa sedap. Setelah dirasa cukup, masukkan Sarden kemasan ke dalamnya, dan tambahkan air secukupnya agar kuah tidak menggumpal. Kamu juga bisa menambahkan gula pasir seperlunya agar sarden nggak kepedasan.

Nasi Goreng Sosis

5
Photo Source:  kreasiresepmasak.blogspot.co.id
Nasi goreng juga merupakan menu langganan anak kos karena cara memasaknya yang cukup praktis. Menu ini juga menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Bermodalkan nasi putih, bawang putih, bawang merah, cabai, kecap manis, penyedap masakan dan sosis sebagai pelengkapnya, Nasi Goreng Sosis bisa jadi menu sahur praktis kamu di kosan kali ini.
Kamu perlu melakukan hal-hal simpel seperti menggoreng sosis baik sapi maupun ayam hingga matang, lalu tiriskan. Kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Jika sudah, masukkan nasi putih lalu aduk hingga merata. Campurkan dengan kecap manis, kecap asin, garam, dan penyedap rasa secukupnya, aduk rata hingga semuanya tercampur dan merata. Setelah matang, angkat dan sajikan bersama sosis yang tadi sudah ditiriskan. Mudah bukan?

Sandwich Panggang

6
Photo Source:  cooky.vn
Siapa bilang membuat sandwich itu sulit? Kamu bisa membuat Sandwich Panggang sendiri di kosan dengan bahan-bahan yang murah. Makanan yang satu ini selain memiliki karbohidrat yang nggak berlebihan, serta kandungan lain seperti protein, serat, dan vitamin di dalamnya bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dan pencernaanmu selama berpuasa.
Sandwich panggang bisa kamu buat dengan mudah, dengan bermodalkan roti tawar, telur mata sapi, keju, mayonaise, margarin dan beberapa sayuran seperti salada dan tomat. Susun bahan-bahan tersebut mulai dari telur mata sapi, keju, mayonaise serta sayuran dan tumpuk di dalam roti tawar, kemudian beri margarin di atasnya untuk proses pemanggangan. Dengan menggunakan teflon, kamu sudah bisa memanggang sandwich yang enak dan menyehatkan untuk menu santap sahur kali ini.
Gimana, praktis, bukan? Dengan bahan dan alat masak seadanya pun kamu sudah bisa berkreasi menu sahur yang nggak itu-itu saja, kan? Nggak perlu repot menyiapkan menu sahur lagi deh!
Selain info kuliner mantap buat bulan puasa, ada kabar baik nih selama Ramadan 2018 ini! Buat yang butuh keperluan selama bulan puasa, seperti bahan makanan dan untuk memasak buka & sahur, Alfamart menawarkan Pak Rahmat, paket belanja Ramadan hemat. Tersedia 3 jenis paket Pak Rahmat yang bisa dipilih. Pak Rahmat 1 terdiri dari 10 pcs Mie Sedaap Bimoli 2L, Pronas Sachet 50g (Rp49.900), Pak Rahmat 2 terdiri dari Tango Wafer Cokelat 350g, Khong Guan 650g, Frisian Flag SKM 560g (Rp 79.900), dan Pak Rahmat 3 Marjan 460ml, Gery Butter Cookies 310g, Hollanda Butter Cookies 300g, Kurma Premium Alfamart 300g, Astor Cokelat 150g (Rp99.900). Lumayan nih bisa lebih irit, itung-itung buat persiapan Lebaran. Buruan yaa. Promo ini berlaku dari 16-31 Mei 2018.
7
Photo Source:  Alfamartku