Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Mengenang Joël Robuchon: Sang Maestro Michelin Star

Firisa ArdiantiFirisa Ardianti
Apakah kamu mengenal tokoh ini? Pria asal Prancis ini adalah seorang chef jenius yang sangat pandai dalam mengetahui dan menerapkan secret formula untuk mendapat banyak 'bintang' Michelin di restorannya. Namun, beliau telah meninggal pada Senin silam di usia 73 tahun. Rest in Peace, Mr. Robuchon.
Jika memang ada formula khusus di balik sistem rating Michelin Guide, mungkin hanya Joel yang tahu. Ketika Ia masih berusia 30-an akhir, restoran pertama miliknya bernama Jamin telah meraih total tiga Michelin star dalam kurun waktu hanya tiga tahun sejak pembukaannya.
Apa yang sebenarnya terjadi di balik kesuksesannya tersebut? Joel secara konsisten menciptakan kreasi hidangan baru, dan terus membina para staff-nya dengan keras dan disiplin.
Joël Robuchon: Sang Ahli dalam Memenangkan Predikat Michelin Star - pursuitist
Photo Source: pursuitist
Pada usia 51, Ia mencoba pensiun namun keputusan itu tidak bertahan lama. Joel justru membangun L'Atelier de Joel Robuchon yang begitu mencuri perhatian, bahkan Le Figaro (media berita Prancis) memberikan reaksi "C’est une revolution!” yang berarti "Ini adalah sebuah revolusi!". Joel mengubah konsep fine dining kuno menjadi restoran modern yang jauh dari tradisi lama.
Joel memang terkenal bersifat tak mudah menyerah dan perfeksionis. Dalam masa kariernya, Ia telah membangun banyak cabang restoran di Asia, Eropa, dan Amerika Utara, juga berhasil mengumpulkan 31 Michelin star. Belum ada chef manapun yang bisa menandinginya.