Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

8 Kuliner Lezat Khas Singapura di Film Crazy Rich Asians yang Mesti Kamu Coba

Happy FerdianHappy Ferdian
Setelah bertengger beberapa minggu di puncak box office, film Crazy Rich Asians akhirnya segera tayang di Indonesia pada 11 September. Film yang dibintangi oleh Henry Golding dan Constance Wu ini diangkat dari novel berjudul serupa karangan Kevin Kwan, yang konon terinspirasi dari kehidupan lingkaran keluarga kaya ketika tumbuh besar di Singapura. Bagi kamu yang telah membaca habis bukunya, ada cukup banyak bagian yang menceritakan tentang makanan lezat favorit masyarakat Negeri Singa. Begitu pun di filmnya, aneka sajian nikmat ini digambarkan dengan begitu menggoda, membuat siapapun mendadak ingin segera mencicipinya. Berikut adalah delapan makanan lezat yang muncul di film Crazy Rich Asians, dan wajib kamu coba ketika berkunjung ke Singapura.
Jangan lupa download aplikasi Qraved untuk temukan beragam infomrasi menarik tentang makanan lezat, promo bersantap, dan banyak kejutan lainnya.

1. Sate

2
Photo Source: Miss Tam Chak
Serupa dengan di Indonesia, masyarakat Singapura juga menggemari sate. Sedikit berbeda dengan bentuk sate yang kita temui sehari-hari, orang Singapura lebih senang menyantap yang terbuat dari daging sapi, dibandingkan ayam dan kambing. Untuk sausnya sendiri, mereka memiliki pilihan saus kacang atau bumbu manis pedas yang unik. Di film Crazy Rich Asians, Nick Wu dan Rachel Chu begitu bahagia menyantap sate bersama dengan pasangan yang segera menikah, Arainta Lee dan Colin Khoo.

2. Char Kway Teow

3
Photo Source: Bear Naked Food
Bisa dikatakan bahwa menu ini serupa dengan kwetiaw goreng yang populer di Indonesia. Bedanya adalah tidak menggunakan kecap manis, melainkan campuran kecap asin dan saus tiram. Potongan kwetiauw-nya pun cenderung besar, seperti lembaran pita, yang ditumis bersama mie telur dan tauge, dalam balutan minyak kelapa dan isian aneka seafood, seperti udang, cumi, dan terkadang ditambahkan kerang. Terkadang, masyarakat Singapura menyantap ini di waktu santai bersama dengan sebotol Tiger Beer yang melegenda.

3. Oyster Omelette (Orh Luah)

4
Photo Source: Hungry Go Where
Tampilannya memang tidak begitu menarik, namun jangan salah sangka dengan cita rasanya, dijamin bakal bikin lidah tidak berhenti bergoyang karena saking enaknya. Tiram (oyster) yang digunakan hampir dipastikan merupakan hasil tangkapan hari itu, guna menghindari reaksi amis yang berlebih ketika diaduk dalam adonan telur. Biasanya sajian ini disajikan dengan acar mentimun, saus kental yang bercita rasa asin manis.

4. Hokkien Mee

5
Photo Source: Flickr
Hidangan yang populer di Malaysia dan Singapura ini aslinya merupakan hasil tardisi memasak kelompok Peranakan, yang berasal dari provinsi Fujian (Hokkien) di China Selatan. Dalam bentuk yang paling umum, hidangan ini terdiri dari mie telur dan bihun yang ditumis dengan telur, irisan daging babi, udang dan cumi-cumi, dan disajikan dan hiasi dengan sayuran, potongan kecil lemak babi, saus sambal dan jeruk nipis.

5. Nasi Ayam Hainan

6
Photo Source: CDN Images
Hidangan ini diadaptasi dari imigran Tiongkok pada masa awal kedatangan mereka ke Nanyang, atau Asia Tenggara. Umumnya mereka berasal dari Pulau Hainan, yang berbatasan dengan Vietnam. Saat ini, Nasi Ayam Hainan dianggap sebagai salah satu hidangan nasional Singapura, yang terdiri ayam Wenchang atau ayam masak bumbu bawang, nasi gurih yang ditanak dengan kaldu ayam, dan taburan bawang goreng. Kedai makan Ah Gong yang terletak di bilangan Scott's Road, Singapura, bahkan telah mendapat bintang dua Michelin sejak beberapa tahun lalu, yang menjadikannya rujukan terbaik untuk mencicipi sajian nikmat ini langsung di Negeri Singa.

6. Kepiting Lada Putih

Alih-alih chilli crab, menu restoran No Signboard Seafood yang cukup disorot di film Crazy Rich Asians adalah kepiting lada putihnya, yang diciptakan oleh almarhum Madam Ong Kim Hoi, yang memulai kiosnya di Mattar Road Hawker Centre di Aljunied pada tahun 1970-an. Kepiting segar berukuran besar dimasak dalam bumbu lada yang pedas gurih, dengan kuah sedikit kental dari campuran tepung jagung. Selain itu, sajian lain yang difavoritkan di restoran ini adalah ikan kukus gaya Hokkian, dan tentu saja chili crab.

7. Rojak

8
Photo Source: Sethlui.com
Diceritakan bahwa ibunda Nick Young, Eleanor Young, sangat menyukai rojak, yang disebutnya sebagai kudapan sempurna untuk membangkitkan semangat. Rekomendasi terbaik untuk menikmati rojak adalah di lantai lima Far East Plaza. Toko yang sudah tidak digunakan lagi ini dikenal dengan salad buah campuran bergaya Singapura yang memiliki tiao renyah, buah dan sayuran yang dilumuri bumbu terasi gurih. Nyam!

8. Kueh Nyonya

9
Photo Source: Lowyat
Penyebutan "kueh nyonya" merujuk pada aneka jenis kudapan manis yang dibuat oleh masyarakat Peranakan, hasil akulturasi budaya China dan Melayu. Di kalangan ningrat Singapura dan Malaysia, kueh nyonya kerap disajikan sebagai pendamping ritual minum teh di sore hari. Beberapa jenis kueh nyonya yang paling difavoritkan oleh warga Singapura adalah kue lapis, sarang semut, kue kelapa, dan lain-lain