Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

5 Makanan Langganan Jokowi Saat Mudik ke Solo

Kidosm Kidosm
5 Makanan Langganan Jokowi Saat Mudik ke Solo1
Suara Merdeka
Kota asal Presiden Jokowi, Solo, Jawa Tengah, menyimpan segudang kuliner kaki lima yang tak kalah nikmat dengan kuliner dari kota besar lainnya. Tak heran beberapa tempat makan legendarisnya menjadi favorit Presiden Jokowi kalau sedang berkunjung ke kampung halamannya. Dengan gaya yang apa adanya, Presiden RI ke-7 ini menyantap makanan kesukaannya dengan begitu lahap. Buat kamu yang penasaran, Qraved sudah list, nih, rumah makan favorit Jokowi kalau sedang berkunjung ke kampung halamannya!
Tapi, sebelum intip rumah makan favoritnya Jokowi, pastikan kamu sudah download aplikasi Qraved untuk dapetin informasi seputar makanan favorit tokoh-tokoh dunia lainnya!
2
Photo Source:  juless.27
Selat merupakan makanan khas dan menjadi kuliner wajib dicoba para pelancong yang sedang berkunjung ke kota Solo. Makanan yang merupakan adapatasi dari makanan barat yaitu Salad, diubah menjadi makanan lokal dengan potongan kentang, sayuran, daging bistik, dan disiram dengan kuah segar ini menjadi makanan favorit Pak Jokowi, terutama Selat Mbak Lies yang ada di Jl. Veteran Gg. II No. 42, Serengan, Surakarta.
Jam Operasional: Senin - Minggu 08:00 - 18:00 WIB
3
Photo Source:  jajansolo
Timlo adalah sup yang menggunakan kembang tahu dan telur serta daging ayam ataupun sapi yang jadi salah satu makanan khas kota Solo. Saat berkunjung ke kampung halamannya, Jokowi selalu menyempatkan mampir ke Timlo Sastro. Di sini, kamu juga bisa mencicipi beragam menu Timlo dengan harga yang sangat terjangkau. Mulai dari Timlo Komplit seharga Rp 25 ribu, Timlo Telur Sosis, Timlo Telur Ampela Ati, dan Timlo Sosis Ampela Ati yang masing-masing dibanderol Rp 20 ribu per porsinya.
Jam Operasional: Senin - Minggu 06:00 - 15:30 WIB
4
Photo Source:  rwincatur
Siapa, sih, yang nggak suka sate? Jokowi aja suka banget makan sate, apalagi beragam menu sate dari Sate Kambing Mbok Galak. Kalau kamu juga gemar makan sate kambing, kamu bisa cobain, nih, sate legendaris yang berlokasi di Jl. Ki Mangun Sarkoro No. 112, Sumber, Banjarsari, Solo. Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan seporsi sate dengan daging berpotongan besar dan dibakar dengan tingkat kematangan yang pas. Sudah pasti makin nikmat dengan tambahan tongseng kambing dengan harga yang juga amat terjangkau.
Jam Operasional: Senin - Minggu 08:00 - 19:00 WIB

Rumah Makan Ayam Goreng Mbah Karto

5
Photo Source:  clodysky7th
Selain tiga makanan di atas, masih ada banyak lagi rumah makan langganan Jokowi, salah satunya Rumah Makan Ayam Goreng Mbah Karto. Ayam kampung goreng yang digoreng dengan bumbu racikannya terasa begitu pas dan gurih di mulut. Walaupun lokasinya berada di Kabupaten Sukoharjo dan memakan waktu tempuh 30 menit dari Kota Solo, tapi tekstur dagingnya yang lembut menjadi alasan mengapa rumah makan yang buka dari jam 7 pagi hingga jam 8 malam selalu disambangi Jokowi saat pulang kampung.
Lokasi: Jl. Jaksa Agung Raya Suprapto No. 8, Gabusan, Jombor, Bendosari, Kabupaten Sukoharjo
Jam Operasional: Senin - Minggu 07:00 - 20:00 WIB
6
Photo Source:  fatiyanipramesti
Sate Kere adalah sate khas kota Solo yang tadinya merupakan bentuk intervensi dari rakyat dengan ekonomi menengah ke bawah yang merasa begitu sayang mengeluarkan uang lebih untuk membeli sate. Sate ini menggunakan tempe gambus dan jeroan sapi berupa paru dan usus sapi. Pantas saja kalau Jokowi digemari semua kalangan penduduk Indonesia, karena sifat rendah hatinya dan tidak pilih-pilih dalam menyantap makanan khas nusantara. Ngomong-ngomong, Sate Kere Bu Tugiyem selain rasanya yang enak dan gurih bercampur manis, harganya juga murah banget, yaitu Rp 1.500 untuk harga satu tusuk satenya!
Jam Operasional: Senin - Minggu 13:00 - tutup