Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Wong Fu Kie: Jelajah Rasa di Restoran Khas Hakka Tertua di Jakarta

Kidosm Kidosm
restoran chinese tertua di Jakarta - Photo 1
nrhapsari
Perayaan Imlek tinggal meghitung jam, hampir semua warga Tionghoa sudah siap merayakan perayaan tahunan ini dengan berbagai pernak-pernik yang didominasi dengan nuansa merah dan emas untuk membuatnya menjadi semakin semarak.
Tidak hanya dirayakan di rumah saja, namun banyak juga keluarga yang merayakan Imlek di restoran hotel, hingga di restoran legendaris di Jakarta salah satunya Wong Fu Kie, restoran khas Hakka yang sudah berdiri sejak tahun 1925.
2
Photo Source:  albert_na
Restoran yang ditandai dengan aksara Cina klasik ini berada di kawasan Pecinan Glodok, Jakarta Barat. Eksistensi Wong Fu Kie diketahui banyak oleh warga keturunan Tionghoa yang bermukim di Jakarta baik para pelanggan lama maupun calon pelanggan barunya.
Memang terlihat sederhana penampakan dari luar dan sisi dalamnya, konsep yang diusung pun mempertahankan konsep rumah makan keluarga yang dari dulu tidak banyak berubah. Namun sekalinya datang bersama dengan keluarga, suasananya akan terasa begitu kental tatkala si empunya menyambut dengan logat khasnya.
3
Photo Source:  sweetyumz
Mengenal sajian khas Hakka yang dinilai cukup berbeda dari kebanyakan makanan khas Cina lainnya. Menu khas Hakka sendiri terkenal dengan dominasi bawang putih dan tape. Sehingga cita rasanya terasa lebih gurih dan cenderung pedas. Pemiliknya mengatakan bahwa Wong Fu Kie berusaha untuk mempertahankan masakan yang otentik sesuai dengan resep turun temurunnya.
4
Photo Source:  gishele
5
Photo Source:  albert_na
Namun, ada sedikit hal yang berbeda yang bisa dilihat dari menu modifikasinya. Wong Fu Kie sendiri menambahkan inovasi menu yang cukup moderen yaitu Udang Goreng Mentega. Menu yang satu ini tak kalah larisnya diburu para pelanggannya untuk menemani aneka menu lainnya sepertiyang paling digemari Babi Kulunyuk, Wong Sam Fumak, Mun Kiaw Mian dan Pek Cam Ke.
6
Photo Source:  doyanmakan_jkt
7
Photo Source:  foodinlove.id
Para warga keturunan Tionghoa di Jakarta pasti akan merasakan kenikmatan makan masakan khas Hakka yang disajikan langsung oleh penerus restoran Wong Fu Kie yang lokasinya berada di Jl. Perniagaan Timur 2 No. 22, Roamalaka, Tambora ini.
8
Photo Source:  angkytan
Satu lagi yang tak boleh kelewatan, Kodok Goreng Mentega di sini juga terkenal dengan rasanya yang gurih. Karena kulit kodoknya turut dimasak hingga memiliki tekstur yang gurih. Penasaran mencobanya?
Manfaatkan Imlek tahun ini dengan jelajah rasa di restoran khas Hakka tertua di Jakarta!