Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Tanamera Coffee, Spot Menyeruput Berbagai Kopi Khas Nusantara

Happy FerdianHappy Ferdian
Penggemar kopi di ibu kota pasti sudah tidak asing dengan Tanamera Coffee. Lokasi yang strategis di kawasan Thamrin, dan fokus pada penyajian biji kopi asli Nusantara, membuatnya menjadi rujukukan untuk menikmati racikan minuman yang berkarakter dan sedap.
Tidak hanya itu, Tanamera juga membuka jasa pemangangan biji kopi (roastery) yang bisa menjadi tontonan menarik bagi konsumen. Para baristanya juga sangat ramah dan selalu dengan senang hati melayani seraya mengajarkan kiat-kiat menyeruput kopi yang nikmat.
Tanamera Coffee, Tempat Terbaik Menyeruput Berbagai Kopi Khas Nusantara - tanameracoffee
Photo Source: tanameracoffee
Tanamera Coffee, Tempat Terbaik Menyeruput Berbagai Kopi Khas Nusantara - tanameracoffee
Photo Source: tanameracoffee
Hampir seluruh jenis biji kopi unggulan Tanah Air tersedia lengkap di sini. Dimulai dari kawasan Barat Indonesia, tersedi kopi Aceh Gayo, Gayo Natural, Kopi Mandailing, dan beberapa kopi spesialti dari Jawa Barat. Sementara dari wilayah Timur, berbagai biji kopi legendaris selalu tersedia lengkap di sini, seperti Kopi Flores, Papua Barat, dan Toraja.
Meski luas kedainya tidak seberapa luas, namun penataan furnitur serta pencahayaannya mampu memberikan kesan homey bagi para pengunjung. Saat masuk ke dalamnya, seolah kita lupa sejenak dengan keruwetan jalanan ibu kota di luar sana, dan beralih ke mode zen seraya menyeruput kopi nikmat.
Tanamera Coffee, Tempat Terbaik Menyeruput Berbagai Kopi Khas Nusantara - tanameracoffee
Photo Source: tanameracoffee
Kopi-kopi tersebut berjenis Arabika yang memiliki cita rasa asam khas buah-buahan, di mana ketika sudah disangrai dan digiling menjadi bubuk, aroma harumnya memberikan sensasi yang lebih berkesan saat menyeruput kopi. Jenis-jenis kopi yang biasa tumbuh di dataran tinggi ini, paling cocok diolah menjadi Affogato dan Cappucino, guna mengeluarkan kekhasan cita rasanya.
Cappucino mungkin cocok untuk yang masih awam dengan kopi, di mana merupakan signature bland di Tanamera ini. Penggunaan biji kopi pilihan dan spesial menjadikan Cappucino ini demikian harum. Penggunaan campuran krim di sini cukup juara, karena ditakar dengan sedemikian rupa, sehingga tidak terasa eneg di tenggorokan. Ditambah lagi dengan latte art menarik, yang tampil dalam aneka gambar di bagian atas kopi. Kamu bisa meminta dibiatkan beragam gambar, mulai dari hewan, bunga, dan masih banyak lainnya.
Adapun Affogato adalah racikan kopi yang disarankan bagi para penikmat kopi level 2, yakni mereka yang telah cukup paham dalam membedakan cita rasa kopi. Kamu bisa meminta rekoemendasi biji kopi yang berbeda-beda untuk sajian ini, di mana kemudian ditambahkan es krim vanilla dan cokelat batangan berbentuk soda sebagai penyeimbang rasa. Segera seruput ketika disajikan, karena rasa terbaik muncul saat espresso hangat bercampur dengan dinginnya es krim ketika diseruput.
Tidak ketinggalan untuk menu pendampingnya, Tanamera secara khusus menghadirkan chef yang piawai dalam meracik pastry, kue, dan penganan lezat lainnya. Beberapa kudapan favorit yang wajib dicoba di sini adalah Croissants, Bananan Cashew Caramelized Cake, dan aneka Cookies.
 - Malkelapagading.com
Photo Source: Malkelapagading.com
Selain menjual racikannya, Tanamera juga menjual biji kopi hasil panggang mandiri, yang bisa kamu beli dalam bentuk biji atau sudah digiling halus. Biji kopi tersebut ditawarkan dalam kemasan yang berbeda, mulai dari 250 gram hingga 1 kilogram. Harga yang ditawarkan juga terbilang kompetitif dan masuk akal jika dibandingkan dengan kualitasnya yang prima.