Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Kebaikan Dibalik Tiap Seduhan Black Tea

Happy FerdianHappy Ferdian
manfaat minum teh - Photo 1
servingjoy.com
Black tea, atau teh hitam, pertama kali ditemukan di China pada pertengahan Abad ke-17. Bertahun-tahun sebelumnya, hanya teh hijau dan oolong yang dikonsumsi.
Eksistensi black tea bermula ketika pasukan Jianxi memasuki provinsi Fujian dan berkemah di sebuah lahan dekat pabrik teh setempat, yang biasanya digunakan untuk menjemur daun teh.
2
Photo Source:  Thespruceeats.com
Karena terbatasnya ruang, produksi pun terhambat. Penduduk lokal kemudian berinisiatif mengganti teknik penjemuran dengan membakar daun teh langsung api kayu pinus. Selain mempercepat pengeringan, ternyata hal tersebut mampu menciptakan aroma baru nan khas dari daun teh yang menghitam karena terbakar.
Teh hasil penemuan ini kemudian dikenal dengan nama Lapsang Souchong, yang tidak membutuhkan waktu lama untuk terkenal di sebagian besar wilayah China. Bahkan, jenis teh ini juga membuka jalan bagi pertumbuhan jalur dagang teh ke dunia Barat.
3
Photo Source:  Medical News Today
Menariknya, teh hitam ternyata termasuk segelintir jenis teh yang punya banyak manfaat bagi tubuh. Salah satu yang paling dikenal adalah kemampuannya sebagai antioksidan, yakni dengan bekerja menangkal radikal bebas dan mengurangi risiko rusaknya sel-sel tubuh.
Bahkan, sebuah kelompok antioksidan lainnya pada teh hitam, yang disebut flavonoid, mampu mendukung kesehatan jantung. Rutin meminumnya, dapat mengurangi risiko gangguan jantung, seperti darah tinggi, kolesterol, dan kadar gula tinggi.
4
Photo Source:  PNGio.com
Tidak sampai situ, teh hitam juga dikenal kaya akan kandungan polifenol yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, dengan mendorong ketahanan dan jumlah bakteri baik di dalam tubuh. Dampaknya adalah meningkatkan kualitasa imun dalam menghadapi virus dan penyakit.
Kabar baiknya, kini teh hitam tidak melulu tampil konvensional, melainkan kian banyak dijadikan sebagai basis dalam meracik minuman modern. Sajian ini bisa kamu temukan dengan sangat baik kualitasnya di Tea Station.
5
Photo Source:  @_aldofelix_
Ini adalah jaringan kedai minuman teh asal Los Angeles, Amerika Serikat, yang telah melebarkan sayap ke Indonesia, tepatnya di Plaza Indonesia. Ada beragam racikan teh unik yang diolah dari beragam bahan baku berkualitas, termasuk teh hitam .
Black Tea (Rp 19.000) dapat kamu nikmati secara dingin atau panas, yang masing-masing memiliki sensasi tersendiri saat diseruput. Khusus untuk varian dingin, kamu bisa menambahkan aneka topping unik, seperti misalnya boba, aloe vera, dan grass jelly.
6
Photo Source:  @glenn.chandra
Selain versi original, kamu juga bisa menikmati kelezatan teh hitam dalam racikan Passion Fruit Black Tea (Rp 21.000). Disajikan dingin, racikan ini menyertakan cita rasa asli buah markisa yang kaya akan nutrisi.
Kamu juga bisa menemukan racikan unik teh hitam lainnya pada menu Peach Black Tea (Rp 21.000) dengan sari buah persik terbaik, dan Mango Black Tea (Rp 21.000) yang menggunakan ekstrak mangga pilihan.