Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

8 Makanan ini Lebih Enak Dimakan Kalau Sudah Basi

Audrey AndiniAudrey Andini
8 Makanan ini Lebih Enak Dimakan Kalau Sudah Basi1
livestrong
Membiarkan makanan membusuk sudah menjadi teknik pengawetan sejak ribuan tahun lalu. Karena makanan segar susah ditemui, dengan menggunakan teknik ini, makanan jadi lebih berumur panjang. Ini dia 8 makanan yang memang dimakan saat sudah basi.

Tempe Oncom

8 Makanan ini Lebih Enak Dimakan Kalau Sudah Basi2
Photo Source:  goodnewsfromindonesia
Rakyat Indonesia pasti familiar banget sama yang satu ini. Bukan hanya nikmat, tempe ini juga merupakan sumber protein yang baik. Untuk membuatnya mirip tempe biasa. Bedanya,  pada oncom hasil olahan dinyatakan siap diperdagangkan setelah kapang menghasilkan spora. 

Yoghurt

8 Makanan ini Lebih Enak Dimakan Kalau Sudah Basi3
Photo Source:  bundamasak
Seperti keju, yoghurt juga dibuat dari susu yang difermentasikan dengan bakteri. Selain susu, yoghurt juga bisa dibuat dari sari kacang kedelai.

Kimchi

8 Makanan ini Lebih Enak Dimakan Kalau Sudah Basi4
Photo Source:  surakoreancuisine
Kalau untuk orang Korea, makan pakai kimchi wajib hukumnya. Kimchi dibuat dengan membalur bunga kol menggunakan campuran bahan asin dan pedas lalu dibiarkan selama beberapa hari di tempat yang kedap udara.

Miso

8 Makanan ini Lebih Enak Dimakan Kalau Sudah Basi5
Photo Source:  japantimes
Miso adalah salah satu sajian wajib di Jepang yang juga digunakan di saus dan bahan masakan. Untuk membuatnya kacang kedelai difermentasi menggunakan garam dan bakteria. Barley, nasi, dan gandum biasanya juga digunakan agar lebih nikmat.

Keju

8 Makanan ini Lebih Enak Dimakan Kalau Sudah Basi6
Photo Source:  twistedfood
Kalau kamu bertanya sama ahli pembuat keju, mereka akan menjawab kalau membuat keju itu pada dasarnya mengontrol kebusukan. Susu dicampur bakteri dan enzim agar mengental lalu bagian yang mengental dicampur TLC dan dibiarkan berbulan-bulan sampai membasi, jadilah keju! 

Sauerkraut

8 Makanan ini Lebih Enak Dimakan Kalau Sudah Basi7
Photo Source:  taste
Sauerkraut pada dasarnya adalah kimchi untuk masyarakat Jerman. Bunga kol yang sudah disuir dicampur dengan garam dan dibiarkan menggantung sampai rasanya jadi asam.

Hákari

8 Makanan ini Lebih Enak Dimakan Kalau Sudah Basi8
Photo Source:  Wikipedia
Hidangan yang satu ini memang unik banget. Hákari adalah hiu busuk yang digemari di Islandia. Untuk membuatnya, hiu penjemur diletakkan di dalam lubang dari pasir selama 6-12 minggu. Setelah itu dipotong-potong lalu digantung selama berbulan-bulan sebelum disantap.

Fesikh

8 Makanan ini Lebih Enak Dimakan Kalau Sudah Basi9
Photo Source:  BBC
Hidangan yang satu ini terkenal banget setiap festival Sham-el-Nessim di Mesir. Untuk membuat menu ini, terlebih dulu ikan dikeringkan lalu diawetkan dengan garam. Tapi jangan asal bikin. Proses pembuatannya terbilang cukup kompleks dan apabila tidak dibuat dengan benar dapat menyebabkan keracunan makanan.